Cara Merawat Komputer
Cara Merawat Komputer

Tips Perawatan Komputer Agar Tidak Cepat Rusak

Posted on

Komputer adalah sebuah sistem yang kompleks yang tersusun dari jutaan komponen elektronika. Semua komponen dalam komputer saling berhubungan satu sama lain. Apabila ada satu saja kerusakan pada salah satu komponen, maka dapat dipastikan komputer tersebut tidak akan bekerja dengan baik. Untuk menjaga kondisi komputer agar selalu prima kita harus mengetahui terlebih dahulu penyebab umum “rusaknya” komponen-komponen pada komputer.

Perawatan Komputer
Perawatan Komputer

Berikut penyebab rusaknya komponen-komponen pada komputer :

  1. Suhu CPU terlalu panas

Suhu CPU yang terlalu tinggi menyebabkan rusaknya komponen pada CPU seperti processor, RAM, motherboard, VGA dan harddisk. Penyebabnya ialah banyaknya debu yang menempel pada komponen CPU. Debu yang menempel menyebabkan sirkulasi udara didalam CPU terganggu sehingga udara panas tidak teralirkan dengan baik. akibatnya udara panas terus berakumulasi didalam CPU dan menyebabkan suhu CPU naik. Solusinya selalu bersihkan CPU setiap minggu secara rutin.

  1. Arus listrik tidak Stabil

Arus listrik dari PLN memang kadang tidak stabil. Walau tegangan standarnya sebesar 220v, namun seringkali naik turun secara tidak terduga. Jika hal ini terus dibiarkan akan merusak komponen dalam CPU. Solusinya adalah dengan menggunakan stabilizer agar tegangan outputnya stabil.

  1. Terjadi konsleting

Konsletting terjadi ketika suatu arus berlawanan bertemu dan menghasilkan sebuah percikan api. Hal ini biasanya terjadi pada CPU yang cassingnya tidak tertutup, hal ini memberikan peluang masuknya hewan-hewan kecil seperti kecoa atau benda logam lainnya masuk kedalam motherboard dan menyebabkan konsletting. Solusi, tutup rapat-rapat CPU anda.

  1. Kurang pembersihan Internal

Pembersihan internal mencakup pembersihan dari virus dan software. Maksud dari pembersihan software ini yaitu membersihkan hardisk dan RAM dari beban kerja yang berat yang akan membuat hardisk dan RAM tidak tahan lama. Software pembersih beban kerja banyak sekali seperti CCleaner, Rambooster, Ramcleaner, Memboot Turbo, Tune Up Utilities, dll.

Seperti halnya benda hidup, Komputer juga membutuhkan perawatan. Perawatan ini mencakup pembersihan dari debu, pembersihan dari virus, pengecekan arus dan melakukan proteksi terhadap terjadinya konsleting. Komputer yang dirawat dengan benar dapat beroperasi lebih lama dan stabil performa-nya dibanding komputer yang dibiarkan tanpa perawatan.                   Selamat mencoba …

Gravatar Image
Pemuda desa yang ingin berkarya untuk diri sendiri, keluarga, agama dan negara. Memulai dari yang kecil dan selalu bermimpi untuk bisa sukses dunia dan akhirat. Salam dari Anak Desa Rejeki kota

Leave a Reply