Manfaat Tidur Miring Ke Kanan

9 Kedahsyatan Manfaat Tidur Miring Ke Kanan Menurut Kesehatan

Posted on

Ada baiknya sebelum tidur melaksanankan sunnah Rasul yaitu berwudu. Hendaknya posisi tidur saat awal mendahulukan menghadap ke kanan dengan rusuk kanan sebagai tumpuan dan tangan kanan sebagai bantal. Tidak apa jika setelahnya berpindah posisi menghadap ke kiri dengan rusuk kiri sebagai tumpuan. Hal ini merupakan sunnah Rasul sesuai sabdanya di HR Bukhori No. 247 dan Muslim No. 2710. Ini juga merupakan salah satu adab atau tata krama tidur yaitu mengawali dengan miring ke arah kanan. Dan tentunya ada banyak hikmah juga manfaat dari segi kesehatan yang dahsyat dibalik sunnah Rasul ini.

  1. Mengistirahatkan Otak Sebelah Kiri

Tahukah kamu otak manusia itu terdiri dari dua bagian yaitu otak sebelah kanan dan otak sebelah kiri. Otak bagian kanan yang memegang syaraf organ tubuh sebelah kiri begitu juga sebaliknya. Organ tubuh bagian kanan biasanya lebih sering menguasai semua aktivitas tubuh seperti memegang, makan dan lain-lain. Dengan posisi tidur miring ke kanan, aktivitas syaraf yang membahayakan akibat sirkulasi yang lambat saat tidur akan terlepas dari tubuh bagian kanan. Apakah bahayanya? Bahayanya antara lain adalah menjadikan pengendapan lemak, bekuan darah, penyumbatan pembuluh darah dan lainnya. Sehingga, resiko orang terkena stroke akan berpengaruh juga pada otak bagian kanannya. Akibatnya adalah kelumpuhan bada tubuh bagian kiri.

  1. Mengurangi Beban Pada Jantung

Posisi tidur dengan miring yang rata ke kanan, memungkinkan darah menjadi terdistribusi dan terkonsentrasi pada bagian tubuh samping kanan atau di posisi bawah saat tidur. Sehingga hal ini menjadikan lebih rendahnya beban aliran darah yang keluar masuk pada jantung. Akibatnya, denyut jantung jadi lebih lembat dan desakan pada jantung jadi menurun. Kualitas tidur akan dibantu dengan kondisi seperti ini. Posisi tidur yang seperti ini tepat karena jantung tidak tertimpa dengan organ tubuh yang lain. Posisi jantung cenderung lebih ada di sebelah kiri. Berbeda dengan posisi tidur sebaliknya yaitu miring ke kiri, akibatnya darah yang masuk ke atrium jadi banyak akhirnya curah jantung yang berlebihan. Hal ini juga diakibatkan karena paru-paru kana nada di atas, sedangkan paru-paru kiri memberikan semakin banyak pasokan darah pada paru-paru kanan.

  1. Mengistirahatkan Lambung

Bentuk lambung manusia seperti tabung koma dengan ujung katup menuju usus yang enghadap ke kanan bawah. Jika posisi tidur miring ke kiri mengakibatkan sistem pengeluaran pencernaan sedikit terganggu. Sistem pengosongan lambung juga akan diperlambat akibat hal ini. Kendala selanjutnya adalah meningkatnya akumulasi asam hingga mengakibatkan erosi pada dinding lambung. Posisi seperti ini mengakibatkan cairan usus masuk kembali menuju lambung dan menyebabkan erosi.

  1. Pengosongan Kandung Empedu Dan Pankreas Meningkat

Aliran makanan yang sudah diolah dan tercampur dengan asam lambung yang lancar akan mengakibatkan bertambahnya cairan empedu yang keluar. Sehingga pembentukan batu kandung empedu akan tercegah. Dngan posisi miring ke kanan akan menambah keluaran getah pancreas.

  1. Penyerapan Zat Gizi Meningkat

Pergerakan usus saat tidur itu meningkat. Dengan posisi miring ke kanan, perjalanan makanan yang sudah dicerna dan siap diserap manjadi lambat. Hal ini karena posisi usus halus dan usus besar berada di bagian bawah.

  1. Merangsang Buang Air Besar

Dengan posisi tidur miring ke kanan, pengisisan sigmoid atau usus besar sebelum anus akan lebih cepat penuh. Jika sudah penuh, rangsangan gerakan usus besar dan relaksasi otot akan terasa hingga mudah untuk buang air besar.

  1. Mengistirahatkan Kaki Kiri

Kaki kiri biasanya bertugas hanya sebagai usat pembebanan atau membantu menyeimbangkan aktivitas gerakan kanan saja. Sehingga kaki kiri lebih sering merasa pegal. Akibatnya aliran darah cenderung jadi lebih lambat. Tapi, jika posisi tidur miring ke kanan, maka vena kaki kiri akan lebih cepat dikosongkan sehingga rasa pegal jadi hilang.

  1. Menjaga Kesehatan Paru-Paru

Paru-paru kanan lebih besar dari pada paru-paru kiri. Jika posisi tidur miring ke kanan, maka posisi jantung juga cendrung ada di samping kanan. Hal ini tidak menjadian masalah.

  1. Menjaga Saluran Pernapasan

Posisi tidur miring ke kanan, bisa mencegah jatuhnya lidah ke pangkal. Sehingga tidak mengganggu saluran pernapasan yang terhambat oleh lidah yang bisa mengakibatkan tidur mendengkur. Orang yang mendengkur pertanda dia kekurangan oksigen. Hal ini bisa mengurangi kualitas tidur dan menjadikan pusing saat bangun tidur.

Sekian adalah beberapa manfaat yang tidak terduka dengan kebiasaan tidur miring ke kanan. Semoga bermanfaat.

Gravatar Image
Orang yang tidak pernah menyangka dirinya bisa masuk jurusan multimedia di sebuah SMK. Karena itu bukan tujuan saya selanjutnya setelah lulus SMP. SMA adalah tujuan selanjutnya, tapi SMK akan menjadi sekolah terakhir saya. Dan saya yakin kesuksesan seseorang itu didapat dari kerja keras dan do'anya. SMA atau SMK bukanlah masalah. Tiada hasil yang mengkhianati usahanya.

Leave a Reply