cara mendidik anak yang baik
cara mendidik anak yang baik

7 Cara Mendidik Anak yang Baik, Agar Anak Hormat Pada Orangtua

Posted on

Cara untuk mendidik anak agar bisa menuruti semua perintah orang tuanya maupun menuruti perintah orang yang lebih tua darinya itu merupakan hal yang mudah, namun apakah mereka melakukan semua perintah tersebut dengan rasa hormat? Untuk mengajari anak anda untuk bisa menghormati orang tua, orang yang lebih tua darinya, dan hormat pada semua orang merupakan salah satu hal yang paling penting dalam hal mendidik dan membentuk karakter anak.

Pastinya, bagi setiap orang tua ingin memiliki anak yang memiliki sopan santun yang baik, anak yang berbakti, anak yang bisa menghormati orang yang lebih tua. Dan berikut ini adalah beberapa cara bagaimana cara mendidik anak agar bisa menghormati orang tuanya:

menasehati anak ketika anak melakukan kesalahan
menasehati anak ketika anak melakukan kesalahan
  1. Hormati dan perlakukanlah anak anda seperti anda menghormati orang tua

Kebanyakan para orang tua luput untuk menghormati anaknya sendiri, namun mereka para orang tua mengharuskan anak- anaknya untuk menghormati orang yang lebih tua. Perlu diingat bagi para orang tua, bahwa anak juga manusia yang memiliki perasaan dan biasanya anak akan lebih mudah untuk melakukan sesuatu yang sering ia lihat dan ia dengarkan serta apa yang telah ia rasakan. Bagi para orang tua jika menginginkan anaknya menghormati porang tuanya usahakan dari diri anda terlebih dahulu untuk bisa menghormati anak- anaknya, dengan sendirinya anak akan melakuakn hal yang sama terhadap oirang tuanya.

  1. Berikanlah contoh yang baik dan [perlakukan anak anda sebagaimana anda ingin diperlakukan

Pada umumnya anak akan meniru sebagian besar kebisaan dari perilaku orang tuanya, jika anda memperlakuakn anak anda dengan, secara tidak langsung anda telah mencontohkan cara menghormati orang tua. Dan anak akan merasa bahwa pentingnya memiliki rasa cinta rasa hormat merupakan cara yang baik untuk memeperlakukan orang lain. Selalu p[erhatikan sikap anda, jika anda sering berteriak dan marah- mrah maka anak akan melakukan hal yang sama pula.

  1. Bersikaplah tegas dengan apa saja yang anda ucapkan dan berikanlah ia alasannya

Untuk menjadi orang tua yang tegas, tidak harus membentak, tambah tambah dengan melakukan kekerasan. Bersikap tegaslah dengan apa yang anda ucapkan. Jikan anda meminta ataupun melarangnya untuk melakukan suatu hal , biasakan dengan di sertai alsan yang baik dan berilah ia ketegasan mengenai hal tersebut.

  1. Berusaha meminta maaf jika anda melakukan kesalahan terhadap anak

Jangan takut untuk meminta maaf atas kesalahan yang anda lakuakn terhadapnya, karena dengan cara demikian, anak akan menghargai sikap yang anda lakukan serta hal ini dapat di jadikan contoh, jika si anak melakukan kesalahan.

  1. Jangan ragu untuk mengungkapkan kasih sayang

Seorang anak yang tumbuh dengan mendapatkan kasih sayang penuh dari orang tuanya, maka ia akan memiliki kepribadian yang ekspresif dalam mengungkapkan apa saja yang ia rasakan dan apa saja yang ia pikirkan. Hargailah semua yang mereka omongkan, dan menghargai sikapnya dalam menghormati sesuatu hal.

  1. Hormatilah hak anak, maka anak akan menghormati hak orang lain

Seorang anak berhak untuk mendapatkan kasih sayang, atau mungkin uang jajan maka berikanlah, dan berikanlah ia kebebasan untuk berekspresi, nberbicara, dan bertingkah laku selagi hal itu tidak melewati batas. Dengan cara demikian anak tersebut akan terbiasa untuk menghormati an juga bisa untuk menghargai hak ataupun kebebasan milik orang lain.

  1. Jadilah oorang tua yang konsisten

Biasakanlah anda untuk menjadi orang tua yang konsisten baik itu konsisten dalam hal berkata maupun dalam hal bertingkah laku. Apabila orang tua telah menetapkan aturan A kepada anak, maka orang tua juga harus bisa konsisten dengan aturan tersebut. contohnya: ketika anda sebagai orang tua menasehati anaknya untuk tidak meminjam maupun mengambil barang orang lain, maka jangan lah sekali- kali anda membiarkan anak anda memakan jajanan di toko yang belum di bayar.

Gravatar Image
. Menurut kebanyakan orang yang belum mengenal saya, mereka menilai saya orang yang pendiam. pada kenyataanya saya adalah orang yang cukup cerewet.

Leave a Reply