wanita muslimah
wanita muslimah

9 Sifat Wanita Muslimah yang Perlu di Contoh

Posted on

Wanita adalah salah satu makhluk ciptaan Allah yang sangat mulia. Wanita memiliki kecantikan dan aura tersendiri. Karakteristik wanita pun juga berbeda dengan para pria, dalam beberapa hukum agama, seperti, hukum aurat wanita tentunya berbeda dengan auratnya pria.. Dalam islam sangat menjaga tentang harkat, martabat dan tentunya wanita. Wanita mulia menurut pandangan islam adalah wanita yang solihah.

Wanita muslimah bukan hanya cukup dikatakan wanita muslimah saja, namun harus menjadi wanita muslimah yang solihah, karena kini telah banyak wanita muslimah yang tidak solihah. Wanita muslimah yang solihah menjadi idaman banyakj orang. Saking wanita begitu di muliakan oleh Allah dan juga sangat di muliakan oleh Nabi Muhammad.  Sehingga nabi pernah bersabda bahwa perhiasan dunia adalah wanita solihah.

Oleh karena itu, bagi setiap wanita muslimah, segeralah kalian memperbaiki diri dan akhlaq kalian untuk bisa menjadi wanita muslimah yang solihah. Berikut ini adalah beberapa sifat wanita solihah;

  1. Wanita muslimah adalah wanita yang iman pada Allah dan menjadikan islam sebagai pedoman

Hal tersebut akan berdampak pada perbuatan, amalan dan perkataan yang mereka ucapkan. Wanita yang solihah akan menjauhi perbuatan yang menyebebkan Allah murka padanya, tidak menyimpang dari aturan agama, dan takut dengan siksaan Allah yang sangat pedih.

 

  1. Wanita yang solihah, dia akn selalu menjaga solat 5 waktunya dengan tepat waktu dan khusu’

Tidak ada ibadah lain, kecuali ia hanya ibadah pada Allah dan dengan di niati dengan niat karna Allah. karna, dengan solat dapat mencegah pada perbuatan murka dan keji serta sebagai benteng dari perbuatan maksiat.

sifat dan ciri wanita muslimah yang solehah
sifat dan ciri wanita muslimah yang solehah
  1. Wanita muslimah yang solih adalah wanita yang senantiasa untuk menjaga hijabnya dengan senang hati

Wanita muslimah tidak akan keluar rumah kecuali dalam keadaan berhijab dan seluruh auratnya tertutup dengan baik dan rapi. Dengan niatan mencari perlindugan dari Allah dan rasa syukur pada Allah atas rahmat dan kehormatan yang telah diberikan pada setiap wanita, adanya hokum untuk berhijab ini adalah Allah menginginkan kesucian bagi setiap wanita dengan mengenakan hijab tersebut.

 

  1. Wanita muslimah yang solihah akan selalu menjaga ketaatannya pada suami, dan patuh pada semua perkataan suami yang tidak mengandung perintah maksiat.

 

  1. Wanita solihah adalah wanita yang selalu senantiasa untuk mendidik anak- anaknya untuk menyembah dan taat pada Allah. mengajarkan keagamaan, menanamkan rasa cinta pada Allah, dan mengajarkan nya untuk selalu menjauhkan diri pada prilaku tercela dan jauh dari kemaksiatan.

 

  1. Wanita yang solihah adalah wanita yang tidak akan berduaduan dengan pria lain yang bukan mahramnya. Wanita juga di larang untuk berpergian jauh kecuali bersama dengan mahramnya, tidak mendataangi tempat- tempat umum kecuali karena keadaan yang mendesak.

 

  1. Wanita muslimah selalu menjaga hatinya dari syahwatnya serta bisa menjaga pandangan matanya pada yang bukan mahramnya.

Menjaga matanya, menjaga farjinya, menjaga telinganya dari hal-hal yang mendosakan. Dan menjaga seluruh naggoita tubuhnya dari semua pelanggaran dan kemaksiatan. Dan ketahuilah bahwa semua itu merupakan ketakwaan seorang muslimah.

 

  1. Wanita muslimah yang solihah akan selalu menjaga waktunya agar tidak terbuang dengan sia-sia

Ia tidak akan mengguanakan waktunya untuk hal- hal yang tidak penting, untuk hal- hal yang berbau lahan, dosa, maksiat. Misalnya menggosip, mengadu domba, mengunjing orang lain dan sebagainya.

 

  1. Hidup hemat

Menerapkan gaya hidup hemat merupakan salah satu sifat wanita musliamah. Seseorang yang bisa hidup dengna hemat berat mereka bisa mensyukuri hidup dan mensyukuri segala sesuatu yang telah Allah berikan padanya.

 

Itulah beberapa sifat wanita muslimah  yang bisa kita contoh dan kita terapkan dalam kehidupan kita. Semooga bermanfaat.

 

Gravatar Image
. Menurut kebanyakan orang yang belum mengenal saya, mereka menilai saya orang yang pendiam. pada kenyataanya saya adalah orang yang cukup cerewet.

Leave a Reply