membaca
Semangatlah Membaca

Selagi Masih Muda, Gunakanlah Energimu Dengan Sebaik Mungkin

Posted on

Senjata yang ampuh untuk anak muda zaman sekarang ini adalah energi, karena Energi muda itu sangatlah identik dengan anak muda. Dan ini menurut saya juga benar adanya. Dan apalagi saat ini zamannya modern dan banyak sekali sosial media dan tak jarang anak muda yang tak mengerti dengan yang namanya internet atau sosial media. Karena tidak seperti zaman dahulu sangat sulit sekali untuk berkarya dan berkomunikasi tidak seperti sekarang yang sangatlah mudah untuk berkomunikasi karena ada alat elektronik dan ada internet yang bisa membagikan berita dan informasi kemana saja dan dari mana saja.

Dan sebentar lagi kita akan memasuki tahun 2017 dan harus lebih baik lagi untuk berkarya dan bukan saatnya lagi untuk berkoar-koar tidak jelas lagi di sosial media. Dan sebaiknya gunakanlah sosial media untuk memberikan berita dan informasi yang lebih bermanfaat untuk diri sendiri dan khalayak umum dan sebagai tempat untuk berkarya jika mampu. Seperti hal positif berikut:

1. Punya kuota internet untuk mencari dan membuat karya bukan mencari dan membuat perkara.

kuota-internet
Manfaatkan Dengan Baik Kuotamu

Untuk zaman sekarang ini snagtlah mudah untuk berkarya dan diberi kemudahan belajar dan berkarya, tidak seperti zaman orang tua kita dahulu yang mungkin sangatlah sulit untuk belajar dan berkarya dengan mudah. Dan sekarang ini internet tidaklah sulit untuk ditemukan dan dari internet jugalah anak muda zaman sekarang ini lebih muda mendapatkan peluang untuk berkarya dan banayk sekali dari mereka yang berhasil dari berkarya di internet.

Dan di internet juga tersedia berbagai media untuk berbagi, seperti halnya jika kamu suka menulis dan membaca maka tulislah sesuatu yang bagus dan bisa memberi motivasi lalu sharelah melalui wordpress atau blogspot, dan ada lagi jika kamu suka membuat video-video pendek atau tutorial-tutorial maka kamu bisa men-sharenya melalui youtube, dan masih banyak lagi hal yang memberikan peluang untuk berkarya melalui internet.

2. Stop! mengkritik tapi tak memberi solusi.

mengkritik
Jangan Mudah Mengkritik

Kita sebagai warga Indonesia yang diberi kebebasan untuk menyampaikan pendapat yang didapat dari kekuatan demokrasi. Dan karena ini jugalah banyak orang yang mudah mengkritik orang lain dengan cepat dan merasa nyaman. Bisa terlihat dari forum-forum tertentu yang diselenggarakan di Negara ini yang orang lain bisa menyampaikan pendapatnya. Namun pertanyaan dari kasus ini, apakah kamu sudah menyampaikan pendapat dan memberikan solusinya?

Koreksi diri sendiri sajalah jika kita sering mengkritik orang lain namun kita tak pernah sekalipun memberikan solusi yang baik atas kritikan tersebut. Dan sebagai anak muda buktikanlah bahwa apa yang bisa kritikan juga bisa menjadi solusi yang baik sehingga tidak meninmbulkan perseteruan. Ingat bahwa kamu sudah pernah bersekolah bertahun-tahun dan tentunya sudah mendapat banyak sekali pengetahuan. Dan ketika kamu mengkritik seseorang sebelumnya lihatlah dirimu sendiri apakah sudah pantas dan benar untuk mengkritik seseorang? Jika memang sudah maka jangan samapai memberikan kritikan yang kasar dan orang lain bisa mencap kamu sebagai orang yang tidak berpengetahuan.

3. Rajinlah membaca dan jadikan aktivitas wajibmu.

membaca
Semangatlah Membaca

Jika kamu mempunyai barang elektronik yang selalu kamu upgrade itu berarti diri kamu sendiri juga perlu diupgrade dengan cara mengupgrade melalui pengetahuan seperti haknya membaca, karena ini adalah salah satu sarna memperbaiki diri. Jika kamu memang tidak suka membaca maka sempatkanlah sedikit waktumu untuk Membiasakan diri membaca buku yang bermanfaat misalnya, koran atau juranl ilmiah yang ada di internet dan majalah harian, dan sekiranya satu buku satu hari atau setengah hari. Dan mengapa kita harus rajin untuk membaca? Karena menurut penelitian bahwa tingkat minat baca masyarakat Indonesia sangatlah sedikit yakni 0,001 persen. Dan hal ini sangatlah berbanding terbalik dengan jumlah masyarakat Indonesia yang bahkan mencapai ratusan juta jiwa.

Jadi jangan mudah menyalahkan negara lain yang teknologinya semakin maju dibandingkan di Indonesia yang sumbernya diambil dari Sumber Daya Indonesia. Mengapa begitu? Ya karena mereka tahu ilmunya dengan membaca sehingga tahu caranya.

4. Jangan memboikot yang tidak mengandung provokasi.

boikot
Jangan Mudah Boikot

Untuk tahun ini banyak sekali gerakan-gerakan boikot yang dimulai dari stasiun TV, roti, minuman botol hingga koran. Kelompok-kelompok tersebut memboikot karena salah paham dan kelakuan ini mencerminkan seperti orang yang tidak berpengetahuan. Bahkan kelakuan ini juga akan sangat merugikan pihak lain.

Kita tak perlu memboikot akun media sosial pihak yang tidak berprovokasi karena hal ini bisa merugikan pihak banyak. Dan jika kamu menemukan akun-akun di media sosial yang mengandung provokasi mak yang kamu lakukan cukup memblock akun tersebut atau hiraukan saja, karena ini juga termasuk malakukan boikot.

5. Bersikap layaknya seseorang yang berpendidikan.

berpendidikan
Orang yang Berpendidikan

Kericuhan yang terjadi akhir-akhir ini ternyata penyabab utaanya bukan dari orang yang berpendidikan rendah melainkan dari golongan yang notabene berpendidikan tinggi. Bahkan sekarang ini banyak sekali seorang pendidik yang tindakannya bersifat provokasi dan rasisme. Lalu apa yang akan terjadi dengan pelajar-pelajar di Indonesia? Apakah akan meniru? Tentunya tidak ingin bukan.

Oleh karena itulah, kita-kita yang sudah berpendidikan tinggi layakanya memberikan contoh yang baik dan mengajarkan hal yang positif untuk merka yang masih belajar. Dan selalu berikan opini yang sehat dan positif. Jangan mudah mengeluarkan kata-kata SARA, jika seperti ini maka tidak akan ada bedanya dengan mereka yang melakukan hal serupa. Dan malah orang yang berpendidikan rendah saja terkadang terilhat bahwa dirinya seperti orang yang berpendidikan tinggi. So, untuk kamu yang Berpendidikan tinggi pastinya juga bisa kan.

Gravatar Image
Saya hanyalah perempuan BIASA yang jauh dari kata SEMPURNA, tapi saya tidak akan membuat hidup saya menjadi biasa-biasa saja yang jauh dari kata sempurna. Saya akan membuat perjalanan hidup saya menjadi LUAR BIASA dan menjadikannya terlihat SEMPURNA.

Leave a Reply