kotatua
Gedung Tua PT. Persero Garam

Liburanmu Gak Asik. Yuk Coba Jalan-Jalan Ke Madura

Posted on

Sudah banyak sekali tempat liburan favorite yang sangat sering kali di kunjungi anak muda ketika liburan akhir tahun seperti ini misalnya saja seperti Bali, Kota Apel, D.I Yogyakarta, dll. Nah disini menyarankan tempat liburan yang gak kalah seru dari tempat liburan yang favorite di Indonesia. Tempat yang saya maksud ini tidaklah sulit ditemukan, karena Kotanya cukup dikenal oleh kalayak umum namun kota ini berada di Pulau kecil akan tetapi masih dalam lingkup Provinsi Jawa Timur. Dan saya harap tips yang akan saya beri ini cukup bermanfaat untuk kamu yang ingin Menghabiskan waktu liburan supaya asik.

1. Kamu punya hobi snorkeling? Ini nih ada di Pulau Gili Labak.

gililabak
Pemandang Dari Atas Pulau Gili Labak

Gili Labak Madura, tempat yang sempurna untuk kamu yang mempunyai hobi snorkeling. Mengapa? Karena di sini adalah tempat yang sangatlah indah dan konon katanya di Pulanya hampir menandingi tempat wisata yang ada di Lombok, yaitu Pantai Gili Trawngan. Karena di sini pantainya yang tetap terjaga kebersihannya, airnya pun jernih, dan pasirnya yang putih sehingga akan membuatmu enggan untuk meninggalkan pantai ini.

Jika mungkin kamu ingin mengunjungi tempat ini kamu harus menyeberang terlebih dahulu melalui Pelabuhan Kalianget menuju Kecamatan Telango yang tidak memakan banyak waktu hanya berkisar 15 menit dan biayanya sangatlah terjangkau hanyalah Rp 2000 saja, murah bukan?. Meskipun pantai ini tidak terbilang luas seperti pantai-pantai yang lainnya karena pantai ini ukurannya kira-kira hanya seluas lapangan sepak bola. Namun perjalananmu tidak berhenti hanya di sini saja kamu harus mengeluarkan biaya sekitar 500-800 ribu untuk menyewa satu kapal yang bisa memuat 15-20 orang memang biaya kali ini yang dikeluarkan cukuplah mahal karena biaya ini sudah termasuk biaya sewa peralatan untuk snorkeling.

Waktu dan biaya yang dikeluarkan mungkin terbilang memakan sekali namun semua itu akan terbayarkan ketika kamu sampai ke Pulau Gili Labak ini. Dan saya sarankan jika kamu berasal dari kota yang jauh dari madura lebih baik untuk beristirahat dahulu sebelum menyebarang karena di Sumenep sendiri juga banyak sekali tempat peristirahatan dan biayanya tidaklah mahal hanya Rp 85.000,- per hari dan itupun sudah mendapatkan kamar dengan dua tempat tidur, kamar mand di dalam, pendingin ruangan, dan TV. So, cekidot tempatnya ya gengs.

2. Kota Tua Kalianget.

kotatua
Gedung Tua PT. Persero Garam

Ternyata kota tua tidak hanya di Jakarta loh gengs, di Madura pun juga ada dan tempat ini ternilai historis sekali. Karena pada zaman dahulu kota ini menjadi modern yang didirikan pada zaman VOC Belanda. Banyak sekali peninggalan sejarah di sana yakni seperti kolam renang peninggalan zaman Belanda, gedung pembangkit listrik yang pertama, benteng VOC, dan juga terdapat PT. Persero Garam.

Dan tempat dari kota ini berada di bagian timur Kota Sumenep. Kamu tidak hanya bisa melihat tempat bersejarah itu akan tetapi kamu ynag mempunyai hobi fotograph atau selfi juga bisa mengambil gambar di sana karena di sana memiliki arsitektur yang unik. Dan di sini tidaklah memakan banyak biaya alias GRATIS.

3. Taman Bunga Kota Sumenep.

tamanbunga
Taman Bunga Di malam Hari

Taman Bunga yang satu ini juga patut masuk dalam daftar liburanmu. Jika kamu yang suka nongkrong dengan teman-temanmu atau kerabatmu maka akan sangatlah cocok untuk kamu yang sedang ingin berlibur di Madura tepatnya berada di pusat Kota Sumenep dan mencari tempat nongkrong. Dan tempat ini seperti di Taman Bungkul yang berada di Surabaya karena juga banyak sekali pedagang kaki lima, anak muda yang asyik nongkrong, dan masih banyak sekali kegiatan yang dilakukan di sana. Akan tetapi saat ini pedagang kaki lima ditiadakan terlebih dahulu karena alasan ketertiban dan renovasi tata ruang.

4. Air Terjun Kokop.

air-terjunkokop
Air Terjun Kokop

Satu lagi tempat yang sangat indah yaitu Air Terjun Kokop dan terletak di Desa Durjan, Kecamatan Kokop, Kabupaten Bangkalan. Jarak yang di tempuh mungkin sangatlah jauh dari pusat kota yaitu sekitar 60 km. Bukan hanya jauh jarak tempunya dari pusat kota ternyata untuk menuju air terjunnya juga membutuhkan perjuangan yang lumayan, karena untuk sampai harus melewati jalan yang berbatu. Akan tetapi hal ini tidak akan menjadi masalah dong untuk kamu pecinta alam sejati. Karena saat kamu sudah sampai dijamin deh ulutmu akan ternganga dan kagum menyaksikan keindahnnya.

5. Wisata kuliner pinggir jalan, Nasi serpang.

nasi-serpang
Nasi Serpang Madura

Yang terakhir adalah Kuliner pinggir jalan yang mungkin bisa menggoda dan membuatmu menelan ludah yaitu nasi serpang. Dan kuliner ini biasanya berada di pingir-pingir jalan atau di depan pertokoan yang masih tutup pada saat pagi hari. Nah, jika mungkin saat kamu liburan di Madura dan tinggal di hotel dan ingin mencicipi makanan pinggir jalan sambil menikmati udar segar maka nasi serpang ini bisa kamu coba.

Selain kulinernya yang berada di pinggir jalan yang membuat unik cara penyajiannya pun juga unik. Harganya pun juga tidak terlalu mahal karena hanya 15 ribu saja dan itu pun sudah mendapatkan beragam lauk dalam satu piring, seperti tumis kerang, empal, telur asin, dan tidak tertinggal yakni rempeyek udang yang akan membuat makanmu semakin renyah.

Gravatar Image
Saya hanyalah perempuan BIASA yang jauh dari kata SEMPURNA, tapi saya tidak akan membuat hidup saya menjadi biasa-biasa saja yang jauh dari kata sempurna. Saya akan membuat perjalanan hidup saya menjadi LUAR BIASA dan menjadikannya terlihat SEMPURNA.

Leave a Reply