Jika Anda Pengguna Sosial media yang Cerdas, Sudahkan Anda Melakukan 7 Tips ini?

Posted on

Jika anda adalah salah satu pengguna social media,berarti anda sudah tidak asing lagi bukan dengan social media ini. Di Indonesai sendiri banyak orang yang menggunakan social media ini dari golongan remaja sampai orang tua sekalipun. Dan apa sih manfaat dari social media ini? Itu mah tergantung bagaimana kita mengunakannya dalam memanfaatkannya ke dalam kehidupan sehari-hari. Karena pada zaman modern ini penggunaan posel sangatlah meningkat loh guys, dan internet juga sudah menjadi suatu hal yang sulit untuk anda temukan. Karena hampir semua orang yang ada di Indonesia ini menggunakan ponsel baik itu berupa gadget dan masih banyak lagi jenisnya.

jadilah pengguna sosial media yang cerdas
jadilah pengguna sosial media yang cerdas

Oke guys, dari hal seperi ini anda haruslah mengerti bagaimana sih efek dari penggunaan social media ini? Seringkali banyakorang tua yang tidak mengetahui akan hal yang satu ini, sehingga banyaknya kasus anak diculik oleh teman facebooknya, hal seperti ini karena kurangnya mengerti orang tua akan manfaat dari social media ini. Dan juga banyak anak-anak remaja yang salah menggunakan tentang social media ini.

Dan di bawah ini ada beberapa tips untuk anda orang tua dan anak-anak remaja agar dapat menjadi seorang pengguna social media yang cerdas dan pandai, antara lain:

  1. Filter pertemanan Anda

Dalam hal ini yang dimaksudkan ialah anda jangan sembarangan menambah ataupun menerima pertemanan dari orang lain, dan kemungkinan bisa membawa efek yang negatif nantinya. Selain itu juga hal seperti ini guna melindungi anda terhadap tindakan-tindakan kejahatan yang sudah sangat banyak sekali terjadi khususnya dikalangan anak-anak remaja, seperti penculikan dan masih banyak lagi.

  1. Pasang identitas asli namun juga tidak bersifat pribadi

Dengan hal seperti ini juga selain bisa membantu anda tetap berada pada fungsi utama social media dan juga guna menjalin tali silaturahmi dengan bnayk orang, sahabat dan bahkan keluarga sekalipun. Dan dalam hal ini juga bisa mempermudah orang lain untuk menemukan anda dan mungkin saja orang itu sudah lama tidak ada komunikasi dengan anda.

  1. Pasang foto profil yang sewajarnya

Foto profil juga sangatlah penting, karena foto profil ini adalah hal yang pertama yang dilihat orang laian di social media ini. Bahkan foto profil inilah yang mengidentifikasikan anda di media social ini dan juga bisa memudahkan orang lian untuk menemukan anda tentunya. Satu lagi yang harus anda ketahui pasanglah foto profil sewajarnya saja, jangan sampai anda memasang foto profil yang negatif.

  1. Tidak perlu membagi nomor telepon dan informasi pribadi lainnya ke orang lain

Kita kembali laginke dalam kasus criminal yang biasanyaberawal dari social media, hal ini dikarenakan sering kalinya anda itu membagi nomer telepon dan bahkan mebagikan informasi pribadi anda ke orang lain. Seharusnya hal seperti ini itu tidaklah anda lakukan karena dampaknya bisa sangat berbahaya, bisa saja nanti nada di manfaatkan oleh orang yang tidak memiliki tanggunga jawab. Jadi, dari sekarang jangan mudah membagikan nomer telepon dan informasi pada orang lain yang berada di social media khususnya.

  1. Pikirkan dahulu sebelum anda membuat status

Dalam hal seperti ini sebaiknya anda tidak membuat status yang bisa memancing pihak lain merespon negatif terhadap anda, Karena banyak ko hal-hal yang beramnfaat yang dapat anda jadikan statys ataupun hanya sekedar berkomunikasi dengan keluarga, sahabat, dan teman.

  1. Jauhi perdebatan

Maksudnya jauhi perdebatan ini guna untuk anda bisa menjadi pengguna social media yang cerdas. Karena perdebatan itu akan membawa kegunaan ataupun bisa menambah wawasan kalau kita bersikap positif tapi kalau negatif apstinya sangatlah berbahaya guys. Dan jika perdebatan itu mengarah kea rah yang tidak sehat maka anda harus mengabaikannya saja yah.

  1. Pastikan akun anda memiliki proteksi yang baik

Dalam hal seperti ini pastinya nada juga pernah melihat bukan ataupun anda juga pernah mengalaminya sendiri dari akun yang mungkin diretas oleh orang lain yang pastinya tidak bertanggung jawab ini. Oke guys, dari mulai sekarang pastikan akun anda terproteksi dengan baik yah, misalkan ada orang yang mengetahui kata sandi anda sebaiknya nada segera mengganti kata sandi, karena lebih baik kata sandi itu anda yang mengetahuinya. Dan juga anda bisa saja tembahkan lapisan keamanan agar akun social media anda aman dan juga anda merasa nyaman dan aman menggunakan media social ini.

Gravatar Image
Fitri Aulia Rahmah, itulah nama yang dikasih dari kedua orangtua saya. Hidup Adalah Pilihan! Seperti halnya memilih jurusan saat kita mau masuk sekolah, dengan pilihan yang kita pilih itu akan membawa kita ke dalam dunia yang sebenarnya atau dunia yang akan kita hadapi nantinya.

Leave a Reply