7 Bahaya Makan Terlalu Kenyang Bagi Kesehatan

Posted on

Makan adalah kebutuhan manusia yang paling penting dan paling utama, manusia tidak bisa bertahan hidup jika tanpa makan, walaupun masih banyak kebutuhan pokok lainnya, tetapi makanlah yang paling utama. Anda juga harus memiliki batasan batasan ketika makan, jangan sampai karena makan adalah kebutuhan pokok anda melebih-lebihkannya. Sebaiknya ketika anda makan hindarilah makanan yang anda inginkan, sebab nantinya makanan itu justru tidak mengenyangkan anda tetapi hanya menuruti hawa nafsu semata. Inilah beberapa dampak jika anda makan terlalu kenyang :

7 Bahaya makan terlalu kenyang
7 Bahaya makan terlalu kenyang
  1. Naiknya berat badan

Naiknya berat bandan akan menjadi masalah tersendiri bagi orang orang, dengan banyaknya porsi makan anda maka berat badan anda akan semakin meningkat. Oleh karena itu, konsumsilah makanan yang bernutrisi dan imbangilah dengan berolahraga. Hindarilah makanan yang berlemak tinggi sebab itu akan membuat berat badan anda naik drastis.

  1. Fisik anda akan terancam bahaya

Ternyata bukan hanya naiknya berat badan yang menjadi penyebab makan terlalu kenyang, kerusakan pada fisik juga dipermasalahkan. Jika anda mengkonsumsi makanan yang tidak bernutrisi dan lebih banyak mengandung lemak ataupun pemanis buatan, maka makanan tersebut bisa disebut makanan yang tidak sehat untuk tubuh anda. energi yang anda miliki akan cepat terkuras akibat kandungan tersebut dan tubuh anda akan terasa lebih lelah tidak seperti biasanya. Mengkonsumsi makanan yang tidak sehat juga dapat berdampak buruk pada sistem pencernaan anda, perut anda menjadi kembung dan bisa juga tulang sendi anda akan lebih sering sakit sebab kekurangan nutrisi dan berat badan yang berlebihan.

  1. Kurang percaya diri

Karena terlalu banyak makan, tubuh anda akan menjadi semakin gemuk dan berkembang kesamping, lalu kepercayaan diri anda pasti akan turun jika hal seperti itu terjadi pada anda. bukan hanya masalah percaya diri atau tidak, tetapi juga banyak masalah lain yang menghantui hidup anda, seperti masalah baju yang harus lebih longgar. Tentu bagi kaum wanita, postur tubuh sangatlah menjadi perhatian baik dirinya maupun orang lain. Sebaiknya jika anda memakan kalori yang banyak, maka imbangilah dengan membakar kalori yang banyak juga. Cobalah untuk olahraga secara rutin agar kalori anda terbakar.

  1. Gangguan mental

Tubuh yang semakin gemuk, seringkali menjadi pikiran seseorang dan berpengaruh pada pikirannya. Sebab ketidakpercaya diri yang berkurang, pikiran anda akan menjadi lebih mudah goncang dan anda akan sering melamun.

  1. Penyakit lain lainnya

Makan terlalu kenyang juga dapat menimbulkan gejala obesitas pada diri anda dan jika anda terkena obesitas maka sudah bisa ditebak bahwa anda juga akan terkena penyakit lainnya, seperti penyakit jantung, sleep apnea, kolesterol tinggi dan beberapa penyakit kanker. Selain itu, sebab berat badan anda yang semakin meningkat maka tekanan darah pun akan semakin meningkat dan menjadikan anda terkena stroke. Apalagi mereka yang sering makan sampai terlalu kenyang, itu dapat membuat asam lambung anda naik dan sistem pencernaan yang tidak lancar.

  1. Diet ekstrim

Inilah pilihan yang sering kali dipilih para penderita obesitas, apalagi jika mereka sudah putus asa. Mereka akan melakukan cara apapun agar berat badan mereka dapat turun secara cepat, tanpa memikirkan efek sampingnya. Mulai dengan sedot lemak, mengurangi porsi makan secara drastis dan meminum obat yang berdosis tinggi. Perlu diingat, jika anda salah memilih cara diet, bukan kurus yang anda hasilkan nanti, tetapi sarang penyakit yang menjalin pada tubuh anda.

  1. Bau mulut

Walaupun tidak semua orang didunia ini mengalami bau mulut setelah makan sampai terlalu kenyang, namun sudah menjadi kenyataan banyak orang yang mengalami bau mulut tidak enak setelah mereka makan, selain itu mereka akan kurang percaya diri jika berkomunikasi.

Gravatar Image
Paling suka berimajinasi, hobinya membaca. Nggak suka terlalu serius, lebih suka yang pasti. Selalu berusaha agar bisa memberi mahkota untuk mama & abah nanti.

Leave a Reply