Jika Anda Mengunjungi Kota Jogja! Sudahkan Anda Membeli Oleh-oleh Khas Jogja yang Terkenal ini?

Posted on

Jika anda sedang berada di Kota Yogyakarta, pastinya sekarang anda sedang berjalan-jalan mengunjungi tempat-tempat wisata yang pastinya sangatlah menarik di Kota Jogja ini bukan. Di Kota Jogja ini sendiri juga terdapat kuliner yang pastinya bisa memuaskan perut anda dan menggoyangkan lidah anda. Dan jika sudah saatnya pulang, tidak ada salahnya jika anda  membeli oleh-oleh yang ada di Kota Jogja ini, dan tentunya anda juga tidaklah ingin menghilangkan kenangan akan Kota Jogja ini bukan. Mungkin jika anda membeli salah satu oleh-oleh khas Kota Jogja ini nantinya anda juga bisa mengingat bukan akan kenangan Kota Jogja yang pernah anda kunjungi ini.

oleh-oleh khas Jogja yang wajib anda beli
oleh-oleh khas Jogja yang wajib anda beli

Oke guys, berikut ini saya akan memberitahu anda semua tentang apa saja sih oleh-oleh khas Kota Jogja yang wajib anda beli? Dan yang pastinya oleh-oleh yang satu ini bisa anda jadikan kenang-kenangan pada saat nanti anda sudah berada dirumah. Oleh-olehnya antara lain:

Bakpia

Makanan yang satu ini sudah sangat terkenal di Kota Jogja. Siapa sih yang tidak tahu tentang bakpia ini? Bahkan banyak yang berkata kalau bakpia ini sangatlah identik dengan Kota Pelajara. Bakpia sendiri merupakan sebuah kue yang cara memasaknya dipanggang, adapun bahan-bahan bakpia ialah terdiri dari adonan tepung terigu yang di dalamnya berisikan kacang hijau. Sedangkan pada zaman dahulu bakpia itu berisikan daging babi loh guys, namun sekarag sudahlah berbeda karena adanya pengaruh Islam di Jawa ini, dan akhirnya bakpia sekarang diganti isinya dengan kacang hijau yang jauh lebih halal dan enak jika dibandingakan dengan daging babi.

Tapi untuk saat ini bakpia sudah banyak mengalami perubahan loh guys. Bakpia kini memiliki banyak varian rasanya, sehingga banyak pembeli yang suka dengan bakpia pada saat ini. Dan anda juga bisa membeli bakpia dengan rasa durian, keju, kacang hijau, kumbu hitam dan masih banyak varian rasa lainnya. Anda juga sekarang sudah sangatlah mudah jika ingin membeli bakpia ini, karena di kawasan Jalan Malioboro, pusat oleh-oleh dan pasar Beringharjo sudah banyak orang yang menjualkan bakpia dengan berbagai varian rasa tentunya.

Geplak

Jika anda menyukai cemilan yang bercitarsa manis, anda juga wajib sekali membeli cemilan yang satu ini loh guys. Karena Geplak ini juga memilki rasa yang manis dan pastinya bagi anda  yang suka dengan makanan yang manis-manis tidak ada salahnya jika anda membeli cemilan yang satu ini yah. Geplak sendiri ini sangatlah terkenal di Kota Jogja loh guys.

Adapun geplak sendiri ini terbuat dari daging kelapa yang diiris tipis-tipis dan dimasak dengan campuran gula. Sehingga rasa geplak ini manis. Karena geplak sendiri ini identik dengan rasa yang manis.

Coklat Manggo

Jika anda menginginkan coklat yang satu ini, di Yogyakarta juga sekarang sudah ada loh guys. Coklat dengan cita rasa belgia ini bernamakan Coklat Manggo. Pemilik Coklat Manggo ini adalah pria yang berkebangsaan Belgia, dan sehingga beliau juga tahu bagaimana sih membuat coklat yang tepat dan bisa menghasilkan rasa yang khas dan nikmat dari coklat di negaranya. Coklat Manggo ini diolah dari biji coklat pilihan, yang biasanya beliau dapat dari Jawa, Sulawesi dan Sumatera.

Jika anda menginginkan coklat yang saru ini anda bisa saja datang ke Jalan Dalem KG III/97, Kotagede, Yogyakarta. Di took ini anda juga bisa membeli coklat dan juga anda bisa melihat secara langsung bagimana sih cara membuat Coklat Manggo itu.

Yangko

Cemilan yang satu ini bisa dibilang sebagai kue mocinya Kota Yogyakarta loh guys. Karena Yangko sendiri ini sangatlah mirip sekali dengan kue moci, jajanan yang terbuat dari tepung beras ketan yang memilki tekstur yang kenyal, dan bisanya di dalam keu ini berisikan kacang yang di cincang, sehingga rasanya manis dan legit persis sekali dengan kue moci. Yangko ini juga mempunyai penampilan yang sangatlah menarik loh guys, berbentuk kotak, warna-warni yang cerah serta taburan tepung dan membuat Yangko ini menjadi salah satu cemilan yang menarik bagi anak-anak pada umumnya. Adapun satu kotak yangko ini berisikan 30 buah dengan rasa yang bervariasi tentunya guys. Yangko yang sangat popular di Kota Yogyakarta ini ialah Yangko Pak Prapto, Yangko Pak Prapto berada di Jalan Paramuka No.82, Yogyakarta.

Salak Pondoh

Buah yang satu ini mungkin sudahlah tidak asing lagi bukan guys. Buah Salak Pondoh ini juga memiliki cirri khas loh guys, dagingnya yang kering berwarna putih dan rasanya yang manis dan segar. Jika anda mencicipinya sekali saja pastinya tak akan cukup satu buah salak pondoh. Salak pondoh ini juga terdapat di tempat agrowisata loh guys, letaknya di kampung Gandung, Bangunkerto, Sleman. Tempat seluas 27 hektar ini mempunyai perkebunan salak dan uniknya dilengkapi dengan taman bermain anak, kolam pancing dan kolam renang. Dan anda juga menemukan salak pondoh ini di kios-kios buah ko guys, tepatnya berada di sepanjang jalan kota.

Batik

Batik pakaian yang satu ini juga tidak bisa anda lepaskan begitu saja dari Kota Yogyakarta ini loh guys. Bahkan batik sendiri ini masuk ke dalam daftar oleh-oleh yang wajib wisatawan beli jika berkunjung ke Kota ini tentunya. Batik sendiri ini hanyalah sebah pakaian dan kain. Dan kreatifitas warga Yogyakarta akan batik sendiri ini menjadikan batik ke dalam berbagai bentuk, ada tas batik, syal batik, sandal batik dan masih banyak lagi.

Tempat yang banyak menyediakan batik ialah kawasan Jalan Malioboro dan Pasar Beringharjo. Selain tempat dua itu, anda juga bisa membeli batik di Desa Karebet yang desa itu sendiri merupakan desa wisata yang berada di Kota Yogyakarta ini.

Gerabah kasongan

Gerabah Kasongan yang satu ini ialah oleh-oleh yang tidak boleh anda lewatkan yah guys. Gerabah khas Desa kasongan ini sudah dipercaya mempunyai kualitas yang bagus. Di desa ini mempunyai berbagai macam gerah, dari mulai guci, lampu hias, asbak, vas bunga dan masih banyak lagi tentunya.

Kaos Dagadu

Oke guys, dan ini ada satu lagi oleh-oleh khas Kota Yogyakarta yang perlu anda bawa pulang ialah Kaos Dagadu. Kaos ini sangatlah identik dengan plesetan yang lucu dan pastinya kaos ini Khas banget Kota Yogyakarta dan dijamin akan membuat anda tertawa loh guys.

Adapun kalimat Dagadu berasal dari bahsa Walikan (bahasa gaul Yogyakarta), yang mengandung arti “matamu”. Dan hal seprti ini sangatlah jelas jika anda melihatnya di logo kaos yang bergambarkan sebuah mata. Kaos Dagadu sendiri bisa anda jumpai di Mall Malioboro, Ambarumo Plaza dan ada juga di daerah Pakuningratan dan disitulah tempat produksi Kaos Dagadu. Tapi bagi anda yang ingin membeli kaos ini berhati-hatilah guys, karena pada saat ini sudah banyak kaos abal-abal yang ia memakai nama Dagadu.

Gravatar Image
Fitri Aulia Rahmah, itulah nama yang dikasih dari kedua orangtua saya. Hidup Adalah Pilihan! Seperti halnya memilih jurusan saat kita mau masuk sekolah, dengan pilihan yang kita pilih itu akan membawa kita ke dalam dunia yang sebenarnya atau dunia yang akan kita hadapi nantinya.

Leave a Reply