8 Bahaya Makan Sambil Berdiri Bagi Kesehatan

Posted on

Pernahkah anda melihat orang yang makan dengan berdiri? Pasti pernah bukan, awalnya hal ini hanya terjadi ketika ada acara pertemuan saja, tetapi dengan semakin majunya zaman kebiasaan seperti ini menjadi lebih sering dijumpai lagi. Banyak orang yang menjadikan hal ini menjadi kebiasaan, apalagi jika sedang berkumpul dengan teman teman. Banyak alasan yang menjadikan makan sambil berdiri menjadi kebiasaan, seperti :

  • Suasana menjadi lebih hangat

Banyak dijumpai ketika seseorang sedang berkumpul dengan teman temannya, atau ketika ada acara pertemuan, seseorang yang makan dengan berdiri akan lebih terasa dekat, rasa persahabatan akan juga lebih terasa.

  • Lebih efisien

Kebiasaan seperti ini sering terjadi pada acara pertemuan banyak orang, situasi seperti ini membuat mereka lebih ingin sering berinteraksi satu sama lain dan mereka juga membutuhkan posisi yang lebih efisien daripada biasanya.

8 bahaya makan sambil berdiri bagi kesehatan
8 bahaya makan sambil berdiri bagi kesehatan

Tetapi, juga banyak cara agar kesehatan anda tidak bermasalah jika anda makan dengan berdiri, inilah beberapa cara agar kesehatan anda tetap terjaga :

  • Makan dengan porsi sedikit

Biasanya seseorang memilih makan sambil berdiri juga karena mereka menghargai tuan rumah mereka, jadi lebih baik anda mengambil makanan dengan porsi yang lebih sedikit daripada biasanya dan hindarilah makanan pedas agar lambung anda tidak goyah.

  • Makanlah dahulu

Sebaiknya anda makan lebih dulu sebelum anda pergi ke undangan dan melakukan adat mereka, yaitu makan dengan berdiri.

  • Mengkonsumsi makanan yang mengenyangkan

Sebelum anda pergi ke tempat pesta, sebaiknya 20 menit sebelumnya anda makan makanan bernutrisi lebih dulu agar ketika anda menghadiri acara pesta anda tidak kelaparan. Sebab jika anda kelaparan anda akan melakukan kebiasaan mereka, yaitu makan dengan berdiri.

Makan sambil berdiri adalah sebuah kebiasaan seseorang, jika mereka hanya melakukan beberapa kali saja maka keluhan yang muncul tidaklah berat, inilah beberapa keluhan jika anda makan dengan berdiri :

  1. Asam lambung yang naik

Jika anda makan dengan berdiri, dan makanan yang anda makan adalah makanan yang mengandung cabai, asam dan merica akan membuat asam lambung anda naik ke esofagus. Lalu, perut anda akan terasa panas dan bisa saja lambung anda akan terkena iritasi dan luka.

  1. Menurunya sistem kerja pencernaan

Selain menyebabkan asam lambung naik, makan sambil berdiri juga dapat menyebabkan makanan yang anda makan anda lebih cepat turun pada lambung, hal ini dapat menyebabkan lambung anda terkena iritasi dan luka. Lambung yang terluka bisa membuat penderitanya merasakan nyeri, mual, muntah dan pencernaan yang tidak lancar.

  1. Kanker esofagus

Percaya atau tidak, makan sambil berdiri juga bisa menyebabkan seseorang terkena kanker lho. Tepatnya adalah kanker esofagus, sebab makan sambil berdiri dapat mempercepat pertumbuhan sel kanker pada daerah esofagus. Kanker ini bersarang pada kerongkongan dan juga bisa menyebabkan kerongkongan anda terkena iritasi dan infeksi.

  1. Gangguan saraf

Makan sambil berdiri juga dapat menyebabkan makanan dari dalam kerongkongan akan masuk secara kasar pada pencernaan. Sehingga dapat menyebabkan tidak fungsinya beberapa saraf dan membuat denyut jantung penderita kacau.

  1. Kerja ginjal terganggu

Makan dengan berdiri dapat menyebabkan makanan tidak dicerna secara normal, akibatnya penyerapan nutrisi berjalan terhambat dan hal ini juga membuat ginjal bekerja lebih keras daripada biasanya untuk mengolah air dari makanan tersebut. Hal ini akan menyebabkan ginjal lelah lebih awal dan iritasi.

  1. Nyeri pada ulu hati

Makan sambil berdiri juga membuat oto dan aliran darah disekitar ulu hati menjadi tegang. Hal ini menyebabkan timbulnya rasa nyeri pada bagian ulu hati.

  1. Sakit maag

Jika anda memiliki penyakit maag, sebaiknya anda menghindari makan dengan berdiri pada waktu yang cukup lama atau lebih baiknya jangan dilakukan sama sekali. Sebab, makanan yang turun ke lambung tidak akan melalui proses penggilingan dengan benar, hal ini menyebabkan penyakit maag anda kambuh dan membuat lambung anda lebih iritasi.

  1. Muntah dan mual

Jika anda termasuk orang yang memiliki lambung sensitif, sebaiknya anda menghindari makanan berlemak, asam dan pedas. Sebab, selain asam lambung anda akan meningkat, bisa saja anda akan merasakan lambung yang tidak nyaman dan itu akan membuat anda muntah dan mual.

Gravatar Image
Paling suka berimajinasi, hobinya membaca. Nggak suka terlalu serius, lebih suka yang pasti. Selalu berusaha agar bisa memberi mahkota untuk mama & abah nanti.

Leave a Reply