6 Penyebab Tidur Dengan Mulut Terbuka

Posted on

Apakah anda pernah tidur dengan keadaan mulut terbuka? Biasanya ini terjadi pada bayi, tetapi juga tidak menutup kemungkinan pada orang dewasa. Tetapi, kejadian seperti ini bisa terjadi tanpa anda sadari, sehingga anda tidak tau seperti apakah anda ketika tidur? Banyak orang yang berpendapat bahwa tidur dengan mulut terbuka adalah kebiasaan saja, namun ternyata tidur dengan mulut terbuka itu ada penyebab lho, ini nih 6 penyebab tidur dengan mulut terbuka :

6 Penyebab mulut terbuka ketika tidur
6 Penyebab mulut terbuka ketika tidur
  1. Otot yang rileks

Tidur adalah waktu untuk tubuh beristirahat dan menyegarkan kembali otot otot yang telah bekerja seharian. Beberapa ahli mengatakan, ketika anda sedang tidur semua otot akan rileks dan itu juga terjadi pada otot mulut yang bertugas untuk menutup mulut ketika tidur, jadi wajar saja bila kejadian seperti itu akan terjadi ketika anda tidur. Nanti setelah anda sadar kembali, anda bisa kembali mengatur kembali otot otot anda.

  1. Sulitnya bernapas

Proses pernapasan itu ada 2, pernapasan dengan mulut dan pernapasan hidung. Semua proses pernapasan pasti akan melewati tenggorokan, pasti anda lebih sering bernapas melalui hidung bukan? Memang, dalam keadaan sadar semua orang akan bernapas dengan mulut. Tetapi, biasanya ketika anda sedang tidur mungkin saja anda akan bernapas melalui mulut, hal inilah yang bisa menyebabkan mulut anda terbuka waktu anda tidur. Sebab, bisa saja saluran hidung anda sedang tersumbat, jadi tubuh akan dengan sendirinya memindahkan pernapasan anda ke mulut, agar oksigen dapat tetap mengalir kedalam tubuh anda.

  1. Dislokasi

Dislokasi atau yang disebut dengan trauma pada sendi rahang bawah, biasanya terjadi setelah anda membuka rahang atau mulut dengan lebar, bisa saja setelah anda tertawa lebar, menguap ataupun setelah anda terkena pukulan dan memar. Biasanya mereka yang merasakan ini akan terasa sulit untuk menggerakkan mulut mereka dan mereka akan merasakan nyeri pada bagian rahang.

  1. Otot untuk mengunyah yang kelelahan

Tidak sedikit orang yang memiliki kebiasaan mengunyah makanan secara lama, hal tersebut menyebabkan otot yang berfungsi untuk mengunyah akan kelelahan, kaku bahkan nyeri. Seperti halnya otot yang lainnya, ketika anda sedang tidur otot ini akan ikut istirahat dengan sendirinya dan menyebabkan mulut anda jadi terbuka.

  1. Kebiasaan

Pasti ada sebagian orang yang memiliki kebiasaan tidur dengan mulut terbuka, hal ini biasanya sudah mereka lakukan sejak mereka masih kecil dan terbawa hingga mereka sudah dewasa. Ketika mereka masih kecil, otak akan dengan mudah merekam apapun yang mereka lakukan seharian itu. Inilah yang menjadikan penyebabnya, dengan sendirinya mereka akan melakukan hal tersebut tanpa kesadaran mereka, sebab mereka telah nyaman dengan posisi tidur seperti itu dan makin lama makin banyak pula kejadian seperti itu yang telah direkam oleh otak mereka, hal tersebut membuat mereka sulit untuk merubahnya.

  1. Gusi bengkak

Baik sakit pada gigi ataupun infeksi pada gigi akan membuat sel sel pada gusi anda membengkak dan bisa juga terjadi radang dan nyeri pada gigi. Ketika gusi anda bengkak dan anda juga merasakan nyeri, biasanya mulut akan membuka dengan sendirinya untuk mengurangi rasa sakit dengan merilekskan mulut. Hal inilah yang menyebabkan mulut anda terbuka.

Walaupun seperti apapun penyebabnya, tidur dengan mulut terbuka juga membawa efek baik pada wajah anda. Wajah anda terasa lebih rileks dan segar, sebab disaat itulah otot otot pada wajah anda beristirahat.

Gravatar Image
Paling suka berimajinasi, hobinya membaca. Nggak suka terlalu serius, lebih suka yang pasti. Selalu berusaha agar bisa memberi mahkota untuk mama & abah nanti.

Leave a Reply