kulitsensitif
Kulit Sensitif

Cara Mengenali dan Menangani Kulit Sensitif Dengan Tepat

Posted on

Apakah anda pernah mengalami reaksi yang tidak wajar setelah memakai sebuah produk perawatan kulit atau mungkin gatal pada kulit yang disebabkan produk yang wewangian? Jika iya, mungkin anda memiliki kulit yang sensitif. Untuk menangani kulit yang sensitif anda harus mengenal terlebih dahulu penyebab apa yang menjadikan kulit sensitif dan untuk mencegah iritasi pada kulit tidak yang akan terulang kembali.

Nah, apa sih kulit sensitif itu? Kulit sensitif yaitu suatu kondisi kulit yang bereaksi secara berlebih pada faktor lingkunganyang ada. Biasanya yang kerap terjadi pada reaksi kulit yang berlebih ini dialami ketika memakai kosmetik, sampo, sabun, atau losion tabir surya. Kondisi kulit sensitif akan memburuk jika terkena udara yang kering dan dingin. Walaupun terkadang tanda-tanda iritasi tidak selalu terlihat atau terdeteksi, rasa perih, gatal, tersengat atau kulit kencang seperti umumnya pasti selalu ada.

kulitsensitif
Kulit Sensitif

Apa sih yang jadi perbedaan antara alergi dengan kulit sensitif?

Dari kebanyakan orang selalu berfikir bahwa kulit mereka sensitif, padahal bisa jadi itu karena kesalahan saat memilih produk yang bahannya tidak sesuai dengan jenis kulit yang dimiliki. Di sisi lain, reaksi yang terjadi pada alergi itu dikarenakan sistem kekebalan tubuh lebih aktif dalam melawan benda asing yang terdeteksi sedang menyerang tubuh. Sehingga kulit menjadi terlihat:

  • Memerah
  • Merasa gatal atau perih
  • Membengkak

Dan lebih spefikasinya, alergi terkadang bereaksi pada penggunaan suatu produk, seperti krim perwatan wajah, rambut, cat kuku. Atau mungkin bahan-bahan lain yang secara lansung terkontak pada kulit.

Nah, sedangkan pada kondisi kulit yang sensitif, ini masalahnya bukan pada bahan atau produk yang digunakan. Akan tetapi, seberapa banyak dan seberapa seringnya pemakaiannya. Contohnya, efek pemakaian suatu produk yang mungkin pada produk tersebut mengandung zat asam. Mungkin kulit anda kan baik-baik saja ketika menggunakan serum C 10% akan tetapi jika serum itu ditambah menjadi 20% maka yang terjadi pada kulit anda yaitu iritasi. Karena anda tidak sepenuhnya alergi pada bahan-bahan produk tersebut malainkan anda mengalami iritasi. Jika dengan formula yang beda, bisa jadi dampaknya akan baik-baik saja.

merawatkulitsensitif
Penyembuhan Kulit Sensitif

Lalu, apa yang menyebabkan kulit sensitif?

Setiap orang yang pernah mengalami kulit sensitif tentunya pemicu reaksinya beda-beda. Diantaranya, bisa saja diakibatkan oleh adanya polusi dan perubahan suhu. Dan ada juga yang terjadi karena terbiasanya menjalani diet dan menyebabkan penurunan berat badan yang terlalu cepat atau efek dari pengobatan tertentu. Karena pada dasarnya, kondisi-kondisi inilah yang bisa melemahkan daya tahan pada lapisan kulit luar. Dan hasilnya, kulit mulai mengalami iritasi, terasa panas dan akhirnya menglupas. Karena itulah, sangat disarankan apabila menghindari suhu yang berlebih dan juga lakukan pengelupasan kulit setidaknya satu kali dalam seminggu, dan juga sangat dianjurkan untuk yang memilki kulit yang sensitif supaya memilih produk kulit tanpa ada wewangiannya, tanpa ada bahan yang aktif dan kuat seperti retinoid atau asam glikolat dan juga bahan pengawet yang mnim sekali.

Penyebab lain yang menjadikan kulit sensitif yaitu terlalu seringnya berganti produk atau juga perawatan kulit yang berlebihan. Pada jaman sekarang ini banayak sekali produk perawatan kulit yang menawarkan dan menyediakan sebagai pendorong supaya konsumen berulang kali mengganti produk demi menghasilkan suatu perubahan yang lebih baik. Akan tetapi, jika mengganti produk terus-menerus dan terlalu sering melakukan pengelupasan kulit mati dengan menggunakan bahan aktif yang bisa merusak pertahanan kulit bukannya membangun perlindungan untuk kulit.

Langkah yang tepat untuk menangani kulit sensitif.

Pada kulit yang sensitif mudah sekali mengalami peradangan. Oeh karena itu, anda harus menanganinya secara baik dan tepat. Peradangan yang kronis dapat menyebabkan penurunan kolagen akibatnya dampak efek penuaan menjadi semakin cepat.
Untuk menanganinya, berikut langkah yang bisa dilakukan:

  • Pilihlah produk khusus untuk kulit yang sensitif. Perlu diingat bahwa semakin banyaknya bahan kimia yang terkandung pada suatu produk, maka semakin tinggi pula kemungkinan terjadi reaksi pada kulit. Pada umumnya, produk perawatan kulit organik bahannya mengandung lebih sedikit bahan kimia, akan tetapi kandungan ekstrak tumbuhan juga bisa menimblkan alergi pada kulit.
  • Jika ada ruam, maka hindarilah ruam tersebut dari pancaran sinar matahari dan lindungilah ruam tersebut dengan memakai pakaian yang tertutup (apabila terdapat di tubuh) atau menggunakan topi (apabila terdapat di wajah). Jika ada ruam, maka kulit juga akan rentan terkena infeksi, misalnya staph atau MRSA yang sangat berbahaya dan berdampak serius. Jika memungknkan anda curiga mengalami infeksi maka segeralah hubungi dokter dan beri antibioti jika memang dibutuhkan.
  • Umumnya, tidak baik menggunakan krim obat, seperti lidocaine dan cortisone. Jika anda belum berkonsultasi maka anda tidak tahu apa yang bahaya ketika krim obat yang terlalu banyak mengandung bahn kimia dapat memperparah ruam.
  • Sangat disarankan bila anda juga membangun ketahanan pada kulit yaitu dengan mengkonsumsi asam lemak omega-3. Bisa jadi seperti minyak biji rami dan minyak ikan.
  • Dan juga yang terakhir, janganlah anda terlalu membebani pada kulit anda sendiri. Jadi luangkanlah sejenak beberapa hari tanpa riasan pada wajah anda.

Kulit sensif itu berubahnya sangatlah cepat, mungkin mulai dari gangguan yang diremehkan dan dianggap ringan dan akhirnya bersifat kronis. Dan jika iritas pada kulit semakin parah maka cepat-cepatlah hubungi dokter kulit.

Gravatar Image
Saya hanyalah perempuan BIASA yang jauh dari kata SEMPURNA, tapi saya tidak akan membuat hidup saya menjadi biasa-biasa saja yang jauh dari kata sempurna. Saya akan membuat perjalanan hidup saya menjadi LUAR BIASA dan menjadikannya terlihat SEMPURNA.

Leave a Reply