menyembulpermenkaret
Menyembul Permen Karet

Beberapa Manfaat Permen Karet

Posted on

Banyak sekali jaman sekarang ini anak-anak muda menyukai permen karet bahkan bukan hanya anak muda saja orang tua pun juga ada. Mungkin karena tekstur permennya yang kenyal dan jika dikunyah-kunyah terus lalu juga bisa disebul dan menjadi balon yang keluar dari mulut dan bisa menjadi hiburan tersendiri. Selain itu ternyata permen karet memiliki manfaat yang positif untuk kesehatan lho. Antara lain memori menjadi meningkat, bau nafas menjadi lebih segar, sebagai cara megurangi kebiasaan merokok, dan juga yang mungkin sangat diinginkan oleh wanita yaitu bisa mengurangi berat badan.

Jika anda ingin mendapatkan kemanfaatan positif seperti di atas maka anda disarankan bila anda mengkonsumsinya dengan kualitas permen karet jenis yang tidak mengandung gula. Biasanya pada permen karet yang tidak mengandung gula itu mengandung pemanis buatan misalnya, sorbitol, aspartam, dan xylitol. Dan pemanis buatan justru tidak menyebabkan lubang-lubang kecil pada gigi atau biasa disebut kavitas. Dan permen karet yang bebas gula ini mengandung kurang dari 5 kalori, dan permen karet yang mengandung gula biasanya memiliki 10 kalori.

Dan berikut di bawah ini beberapa manfat positif dari permen karet yang akan saya bagikan kepada anda semua yang khususnya menyukai permen karet. Karena bukan kesukaan saja yang anda dapat melainkan untuk kesehatan anda juga.

1. Kesehatan gigi dan mulut akan terbantu terjaga.

merawatgigi
Gigi dan Mulut Lebih Terjaga

Yang harus ana ingat disini bahwa permen karet bukanlah fungsi pengganti menyikat gigi. Akan tetapi mengunyah permen karet yang bebas gula sekitar 20 menit setiap setelah makan itu dapat membantu memproduksi saliva atau air liur, bukan hanya itu permen karet bebas gula juga efektif dalam menyingkirkan bakteri yang ada pada gigi. Karena dengan meningkatnya produksi saliva yang secara optimal maka zat asam yang biasanya dihasilkan dari bakteri yang mengurai makanan akan menjadi berkurang. Dan jika zat asam tersebut tidak dihilangkan maka lama-kelamaan bisa merusak lapisan gigi.

Jika anda mengunyah permen karet bebas gula ternyata juga membantu mengurangi kerusakan pada gigi anda. Dan terutama permen karet yang mengandung xylitol karena bisa mengurangi terwujudnya lubang-lubang kecil pada gigi. Dan bila selama anda mengkonsumsi permen karet merasakan nyeri pada rahang maka hentikanlah mengkonsumsi hingga kondisi anda menjadi lebih baik.

2. Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan.

menurunkn-berat-badan
Membantu Turun Berat Badan

Sebuah penelitian telah menemukan bahwa seseorang yang sering mengunyah permen karet lebih cenderung makan dengan kalori yang lebih sedikit ketika makan siang jika dibandingkan dengan seseorang yang tidak mengkonsumsi permen karet. Dengan artian, karena mengunyah permen karet maka nafsu makan menjadi lebih terkontrol. Bukan hanya itu keinginan anda untuk ngemil atau makan makanan ringan menjadi sedikit terkurangi. Akan tetapi jika anda ingn menurunkan berat badan itu berarti anda harus mengatur pola makan yang sehat dan seimbang dan juga diiringi dengan olahraga yang teratur.

3. Membantu kinerja otak.

membantukinerjaotak
Membantu Kinerja Otak

Masih perlu penelitian lebih luas lagi untk mengkonfirmasi bukti bahwa mengunyah permen karet bisa memperbaiki area kognitif, misalnya seperti memori episodik, memori kerja, danjuga mengolah presepsi. Oleh karena itulah penelitian ini masih harus dilakukan lebih luas lagi karena belum terpenuhinya bukti-bukti atau alasan-alasan yang terkait.

Perlu anda ketahui bahwa mengunyah permen karet bukan hanya mendatangkan manfaat yang positif pada kesehatan akan tetapi juga mendatangkan masalah untuk kesehatan, terutama pada kandungan sorbitolnya. Beberapa penelitian menjelaskan jika mengkonsumsi permen karet sekitar 16 butir permen karet yang mengandung sorbitol bisa menyebabkan diare yang berlebih pada kondisi yang normal. Dosis yang tinggi yang ada pada sorbitol diketahui memilki efek yang sama dengan obat pencahar atau laksatif.

Karena itulah, mulai sekarang perhatikan kandungan yang ada pada permen karet. Dan terlalu banyak mengkonsumsi permen karet tetap membuka peluang penyebab erosi pada gigi. Sehingga selalu pelihara dan perhatikanlah kesehatan gigi dan mulut anda dengan rutin membersihkannya tiap hari.

Gravatar Image
Saya hanyalah perempuan BIASA yang jauh dari kata SEMPURNA, tapi saya tidak akan membuat hidup saya menjadi biasa-biasa saja yang jauh dari kata sempurna. Saya akan membuat perjalanan hidup saya menjadi LUAR BIASA dan menjadikannya terlihat SEMPURNA.

Leave a Reply