Menjadilah Teman yang Baik Agar Mendapat Teman yang Baik Pula

Posted on

Teman bukanlah orang yang sering bersenang-senang dan bisa bermain dengan mu di sertiap saat. Namun teman itu lebih dari semua itu, teman ialah sosok pribadi yang secara langsung ia bisa mempengaruhi kehidupan dan kepribadianmu.

Maka dari iru, kamu mancarilah teman yang baik, dengan berteman yang baik maka akan bisa membuat kamu hidup menjadi lebih baik lagi.

Namun pada kenyataannya, untuk mencari yang baik itu bukan hal yang mudah. Karena ada seorang teman yang akan berkelakuan baik ketika kita sedang mempunyai banyak uang. Namun ketika kita sedang kesusahan, mereka dengan mudahnya meninggalkan kita. Kita harus bisa mengetahui kepribadian mereka dengan secara mendalam. Dan jika kamu belum bisa mengetahui kepribadian mereka dengan secara mendalam. Mungkin kamu bisa memperhatikannya dengan ciri-ciri seorang teman yang baik.

Belajar Menjadi Teman yang Baik
Belajar Menjadi Teman yang Baik

Ini lah beberapa ciri teman yang baik. Yuk, intip gimana sih ciri-ciri teman yang baik itu. Penasaran kan? Langsung scroll aja!

Dia yang bisa setia dalam sebuah persahabatan

Kesetiaan merupakan salah satu poin yang paling utama untuk membina suatu hubungan yang sehat, baik dalam sebuah persahabatan maupun dalam keluarga. Setiap orang tentunya pernah berbuat kesalahan pada suatu waktu, mengalami kesusahan dalam kehidupan, bahkan melakukan perilaku yang tidak dapat dibanggakan.

Ketika kita sudah mendapatkan teman atau orang terdekat yang bisa memaafkan dan medampingi kita dalam keadaan bagaimana pun, kita harus bersyukur. Jangan mecoba untuk menyia-nyiakan loyalitas yang sudah ditunjukkan oleh para sahabatmu dan hargailah setiap hal itu.

Peduli

Perlakukan orang lain dengan baik dan hormat agar kamu juga diperlakukan dengan cara baik pula, kamu akan mengetahui, bagaimana rasanya diabaikan, dimanipulasi, dihakimi, direndahkan atau bahkan diperlakukan dengan kasar dan tidak layak. Memang terkadang kita tidak satu pendapat dengan teman kita. Tetapi, untuk menujukkan rasa hormat tetaplah menjadi satu hal yang sangat mutlak.

Tanpa ada syarat

Saat kamu membantu orang lain dengan mengharapkan mendapat sesuatu yang lain sebagai imbalannya di masa depan. Akan ada seorang sahabat sejati yang akan bersedia untuk membantu dengan tulus tanpa ada imbalan dan syarat apapun.

Bisa memiliki teman yang sangat luar biasa adalah sebuah anugrah yang indah. Namun tidak seharusnya kita berteman dengan semua orang. Ada juga beberapa tipe yang benar-benar kamu butuhkan keberadaanya dalam kehidupanmu. Kamu jangan membuang waktu yang lama untuk berteman dengan orang yang salah. Cobalah kamu mengenali sifat mereka dan putuskan apakah mereka masuk dalam karakter ini atau tidak.

Teman yang setia dengan tulus

Kita memang sangat membutuhkan teman yang sepertin ini. Mempunyai teman yang setia dan tulus itu memang sebuah keharusan untuk kita. Dia adalah seorang teman yang tetap biarkan kita dalam keadaan yang apa adanya ini dan ia tidak pernah mengeluh dengan semua tindakan yang menyebalkanmu. Ia merupakan teman yang tahu dengan semua terbesar dan terburukmu. Tapi ia tetap menyayangimu dengan tulus.

Teman yang berpetualang dengan penuh keberanian

Kita hidup di dunia ini penuh dengan kesubukan dan rutinitas. Seakan-akan tugas yang banyak dan masalah yang silih berganti datang tiada henti. Sering kita menuntut diri sendiri agar semakin focus dan bekerja keras sehari-hari.

Jika kamu merupakan tipe orang yang seperti ini, kamu harus memiliki teman yang berjiwa pertualang. Ia seorang teman yang selalu mengingatkanmu agar bersenang-senang. Tanpa kamu minta, ia akan menghampiri kamu dengan sejuta ide yang segar atau rencana liburan yang begitu menyenangkan. Ia akan hadir dalam kehidupan sebagai penyeimbang.

Teman yang seperti memang biasanya tidak selalu bersama mu, tapi ia tidak lupa untuk mengajakmu mencoba hal yang baru dan mendatangi tempat yang baru.

Teman yang tegas dan jujur

Dalam kehidupan, kita akan menghadapi beberapa situasi dimana kita harus mau mendengarkan kenyataan yang pahit. Memang ada beberapa hal yang memaksaan kita untuk tetap berbuat namun sebenarnya keadaan sudah tidak memungkinkan lagi. Ada beberapa hal yang kita lakukan dengan sengaja, padahal di dalam hati yang kecil ini tau bahwa sebenarnya itu salah. Kita akan menemui beberapa hal yang terkadang membuat kita tidak jujur pada diri sendiri dan akan mengalah pada situasi.

Kita memang terkadang sudah tidak kuat lagi dengan beban pekerjaan yang tidak sesuai dengan minat kita, namun kita masi saja memaksakan dengan alasan masih ada sebuah harapan. Atau bisa juga ketika hubunganmu dengan pasangan kekasihmu sudah tidak sehat lagi, namun kamu memaksakan untuk tetap bertahan dengan alasan karena hati masih mncintainya.

Disinilah teman yang tegas dan jujur akan memainkan peran, ia hadir dengan tulus, jujur dan tanpa ada basa-basi akan mengatakan kenyataan yang sebenarnya terjadi. Ia adalah seorang teman yang akan membuat sadar dari lamunan panjang kita. Ia akan menjadi orang yang pertama yang akan berkata tidak ketika kamu masih memaksakan diri untuk berkata ya. Ia akan berada di sampingmu dan membisikkan kenyataan yang pahit di saat banyak orang yang menyanjung dengan manis.

Teman tegas dan jujur ini mungkin bukan teman yang bisa membuat kamu ceria, terkadang kehadiran dan perkataan jujur mereka membuat kamu untuk berhenti tertawa dan mulai terbuka pada realita. Teman yang tegas dan jujur adalah seorang teman yang berani menyampaikan kritik yang membangun di saat yang lain menyanjung.

Gravatar Image
Saya memiliki imajinasi yang cukup tinggi dan saya memiliki cita-cita untuk menjadi pengusaha muda. Selain itu saya juga memiliki keinginan untuk memberikan yang terbaik untuk ayah dan ibu.

Leave a Reply