Burj Al Arab, Dubai
Burj Al Arab, Dubai

5 Pulau Buatan Tangan Manusia Yang Paling Keren Dan Indah Di Dunia

Posted on

Sebagaimana namanya, pulau buatan merupakan pulau yang bukanlah natural, dan melainkan  pulau atau kepulauan yang khusus dibuat oleh tangan manusia dengan sengaja. Dan Mereka biasanya diperlebar lagi pulau kecil yang sudah ada, dan membangun atau memperluas batu karang atau mengkolaborasikan pulau-pulau agar lebih luas lagi dari sebelumnya.

Dan biasanya pulau buatan ini dibuat untuk memperluas wilayah suatu negara, dan khususnya bagi daerah perkotaan yang terletak di tepi danau atau samudera. Dan biasanya Pulau-pulau ini biasa digunakan sebagai tempat pelabuhan laut ataupun bandara.

Lalu, pulau mana yang populer begitu indah dan mengesankan? Berikut akan kami sajikan untuk kalian, mana saja pulau-pulau tersebut

  1. The World(World Islands), Dubai
The World (World Islands), Dubai
The World (World Islands), Dubai

Dubai merupakan kepulauan dari pulau-pulau kecil yang berada di 4 km lepas pantai. Dan Struktur pulau Dubai ini masih terdiri dari pasir yang dikeruk dari perairan yang cukup dangkal yang ada di Dubai. Dan Syeikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum adalah penguasa dari Dubai, dan awalnya yang menggawangi proyek besar ini. Luas kepulauanyannya sendir itu mencapai 14.000 – 42.000 m2. Dan sementara itu jarak antara pulaunya mencapai 100 meter. Dan memperlukan 321 juta m3 pasir dan berserta 31 juta ton batu untuk membangunnya. Adapun biayanya bisa mencapai 14 milyar dollar atau sekitar182 trilyun rupiah.

  1. Burj Al Arab, Dubai
Burj Al Arab, Dubai
Burj Al Arab, Dubai

Seperti yang kalian ketahui tentang, Burj Khalifa merupakan hotel paling  mewah yang terletak di Dubai. Hotel ini juga termasuk hotel yang paling tinggi dari keempat hotel di dunia. Dan Tingginya hotel sekitar 321 meter. Dan hotel paling megah ini ternyata berdiri di atas pulau buatan tangan manusia, dan dengan jaraknya sekitar 920 meter dari pantai Jumeirah. Dan ada sebuah jembatan yang melengkung untuk menyatukannya ke daratan. Dan bentuk desainnya seperti kapal layar.  Dan Saking mewahnya, hotel ini sempat dijuluki sebagai “hotel bintang 7”.

  1. Hongkong International Airport
Hongkong International Airport
Hongkong International Airport

Hongkong international Airport merupakan Bandara yang sangat penting bagi Hongkong. Dan yang berada di Kepulauan Chek Lap Kok. Dan dari sejak tahun 1998, bandara ini sudah mulai dioperasikan secara komersial. Dan kini ia jadi salah satu bandara yang jadi pintu gerbangnya operasi kargo dunia. Dan tempat ini juga termasuk tempat yang paling sibuk.

  1. Port Island, Jepang
Port Island, Jepang
Port Island, Jepang

Port  Island adalah pulau buatan yang berada di Chuo-ku, Kobe, Jepang. Dan pulau ini mulai dibangun pada tahun sekitar 1966 dan 1981 di Pelabuhan Kobe. Ketika telah resmi dibuka dan namanya “Port Pier ‘81”. Dan sekarang kepulauan itu sudah ditempati oleh ‘kandang’ helikopter, dan berbagai hotel, Musium Coffe UCC, convention center yang sangat luas., toko IKEA yang ketiga di Jepang dan beberapa taman

  1. Palm Jumeirah, Dubai
Palm Jumeirah, Dubai
Palm Jumeirah, Dubai

Pal Jumeirah adalah Pulau buatan tangan manusia yang dibentuk dengaan cara reklamasi lahan. Dan  Palm Jumeirah ini jadi salah satu dari tigakepulauan yang bernama Pulau Palm; Palm Jumeirah, Palm Jebel Ali dan dan Palm Deira. Dan pulau ini diperluas ke arah Teluk Persia, dan sehingga secara otomatis akan memperluas garis pantai Dubai juga. Dan jika ditotal maka luasnya sebesar 520 km. Pulau Jumeirah ini sendiri adalah pulau yang paling kecil diantara tiga pulau yang ada. Dan lokasinya ada di garis pantai Dubai, Uni Emirat Arab (UEA).

 

Sekian informasi dari kami semoga berguna bagi anda

Leave a Reply