Cara Memesan Hotel
Cara Memesan Hotel

Cara Memesan Hotel Untuk Pemula

Posted on

Apakah anda suka bepergian? Tentu suatu ketika anda membutuhkan hotel untuk menginap ketika pergi ke luar kota. Bagi yang belum pernah memesan kamar hotel, pastinya kebingungan bagimana cara booking kamar hotel. Sebenarnya sih tidak sulit, berikut ini tips yang dapat anda gunakan untuk memilih hotel.

Bila anda belum pernah memesan kamar hotel sama sekali bisa melihat dulu beberapa hotel yang ditawarkan melalui situs online. Hari ini hampir sebagian besar hotel telah memiliki situs online. Bahkan, pemesanan pun isa dilakukan secara online. Dari situs online itu anda dapat melihat mana hotel berharga murah dan mana hotel berharga mahal. Pilih saja beberapa hotel sesuai bajet anda.

Setelah mengumpulkan informasi hotel menurut bajet, silahkan pilih hotel yang dekat dengan tempat yang dituju. Bila khawatir kehabisan kamar saat datang langsung, bisa menghubungi pihak hotel via telepon. Semua hotel pasti punya nomor telepon. Tinggal pesan saja dan berikan DP. Untuk beberapa hotel mewajibkan pemberian DP dan beberapa yang lain tidak. Bila anda dari jauh bisa membayar DP dari kartu kredit atau kartu debet. Jangan lupa bawa kwitansi pembayaran ketika chek in hotel.

Sebenarnya pemesanan kamar hotel bisa dilakukan secara langsung dengan mendatanginya dan langsung chek in. Sayangnya, cara ini beresiko kehabisan kamar, apalagi bila waktu berlibur anda saat hari tertentu seperti tahun baru atau hari raya. Pasti kamar hotel habis dibooking orang. Daripada kehabisan kamar dan bingung mau tidur dimana, lebih baik pesan kamar dulu sebelumnya.

Booking hotel juga bisa dilakukan via online, tapi tidak semua menyediakan layanan tersebut. Biasanya hotel berkelas saja yang menerima pemesanan online. Caranya buka situs web hotel tersebut, bila menyediakan pemesanan via online pasti sudah ada link pemesanan. Tinggal mengisi biodata dan jenis kamar yang diinginkan. Saat mengisi biodata harus asli seperti yang tertera pada KTP, kartu pelajar atau SIM karena pihak hotel akan melakukan verivikasi pada saat tatap muka nanti. Daripada terjadi ribet kecil, lebih baik isi dengan biodata asli anda. Pemesanan juga bisa dilakukan melalui travel pariwisata yang sudah banyak koneksi.

Bila anda menggunakan jasa travel untuk jalan-jalan sekalian saja minta dipesankan kamar dengan fasilitas yang diinginkan. Biasanya pihak travel yang mencarikan. Tapi jangan langsung percaya, minta formulir atau selebaran tentang kualitas dan pelayanannya. Juga lihat di internet tentang beberapa hotel dengan fasilitas beserta harganya agar anda tidak ditipu pihak travel yang memberikan harga mahal.

Jangan lupa membawa kartu bodata untuk keperluan chek in. Biasanya pihak hotel akan meminta fotocopy ktp untuk idektitas. Selain KTP bisa menggunakan kartu pelajar atau SIM. Bila tidak punya ktp bisa jadi sulit untuk melakukan chek in, kecuali beberapa hotel illegal. Serahkan juga bukti pembayaran DP bila anda sudah memesan sebelumnya.

Pada saat membayar sebaiknya tanyakan mengenai fasilitas dan pelayanan, juga peraturan hotel, misalnya tidak boleh membawa orang di hotel lebih dari 3 atau harus memesan bed ekstra untuk orang tambahan, waktu chek out, cara menggunakan fasilitas umum, apakah mendapatkan makan atau tidak, apa saja fasilitas hotel yang bisa digunakan secara gratis dan berbayar, dan sebagainya. Hal ini untuk menghindari kesalah pahaman antara pengunjung dan pihak hotel.

Mudah bukan cara memesan hotel? Tidak perlu takut karena pelayan hotel kebanyakan ramah-ramah dan akan membantu anda dengan senang hati asalkan anda membayar. Bila ada pelayan yang kurang ramah bisa diadukan ke pihak hotel agar diberi peringatan.

Gravatar Image
Pemuda desa yang ingin berkarya untuk diri sendiri, keluarga, agama dan negara. Memulai dari yang kecil dan selalu bermimpi untuk bisa sukses dunia dan akhirat. Salam dari Anak Desa Rejeki kota

Leave a Reply