8 Cara Menghadapi Masalah Hidup yang Berat

Posted on

Berat atau ringan, besar ataupun kecil semua orang pasti pernah yang namanya mengalami masalah dalam kehidupannya. Sebagian dari masalah itu dapat dihindari ataupun diselesaikan secara baik sementara itu bagian yang lain tidak tahu cara mengatasi masalahnya sendiri. Mengalami suatu masalah merupakan cobaan hidup. Jika kita berhasil untuk melewatinya, maka kualitas diri kita akan meningkat serta akan menambah pengalaman hidup.

Bukanlah langkah yang bijak jika kita berdiam diri dan menunggu masalah menghilang sendiri. Jika kita tidak mau mengambil langkah untuk mencoba mengatasi masalah yang kita hadapi pasti kita tidak akan menemukan jalan untuk keluar. Dengan menunda untuk menyelesaikan masalah dapat mengakibatkan  situasi menjadi lebih buruk dan semakin rumit.

Berikut ini adalah 8 cara menghadapi masalah hidup yang berat antara lain yaitu:

  1. Dengan berdoa

Berdoa adalah cara mengatasi masalah yang palin ampuh. Sebagai manusia yang mempercayai adanya Allah, kita harus selalu berdoa agar diberikan jalan keluar dalam mengatasi masalah yang sedang kita alami. Saat kita sedang mengalami cobaan agar kita tidak terpuruk jalan keluarnya adalah dengan berdoa. Berdoa juga dapat mempertahankan keimanan yang berfungsi untuk memperkuat mental dalam menjalani kehidupan. Menurut islam dengan berdoa bisa menjadi cara menghadapi masalah dalam keluarga.

  1. Berpikir secara positif

Mempertahankan pikiran yang positif memang sangat sulit saat kita sedang memikirkan sesuatu yang kemungkinan buruk dapat menimpa kita. Tapi mempertahankan pikiran positif sangatlah berguna untuk kelangsungan pikiran yang sehat. Jjika itu tidak terjadi, sangat mudah kita mengalami strees bahkan menjadi depresi. Usahakan menggunakan cara untuk menenangkan  hati serta pikiran dan bersikap tenang supaya kita dapat melihat sisi baik dari masalah yang datang tersebut.

  1. Mengeluarkan isi hati

Tidak semua masalah dapat kita pendam sendiri. Kadang kita butuh teman untuk mendengarkan unek unek kita. Lebih baiknya teman yang menjadi tempat curhat kita dapat memberikan solusi dalam menyelesaikan masalah kita.

  1. Mencari hobi

Meskipun kita sedang mempunyai beban pikiran, bukan berarti kita harus memikirkannya setiap saat. Cobalah mencari hobi untuk menyibukkan diri supaya pikiran kita tidak selalu terpusat pada masalah yang sedang kita punya. Jika pikiran kita diseimbangkan untuk memikirkan hal hal lain, maka pikiran yang keruh tadi sedikit demi sedikit akan berkurang dan kita dapat berpikir secara jernih lagi.

  1. Dengan refreshing

Dengan refreshing kita dapat menjernihkan pikiran. Salah satu bentuknya yaitu berjalan jalan pada udara yang terbuka. Jika masalah di kantor yang sangat berat sedang melanda anda, cobalah untuk berjalan keluar ruangan. Biasanya udara yang segar dapat membantu untuk  menguraikan pikiran yang sedang kusut. Atau anda juga dapat mengambil cuti berlibur untuk menjernihkan pikiran selama beberapa hari.

  1. Dengarkanlah music

Music juga dapat mengubah suasana hati kita dengan cepat. Biasanya dalam irama music yang kita sukai  dapat membuat kita menemukan cara untuk menenangkan diri saat kita sedang mengalami masalah yang buruk. Cobalah untuk mendengarkan music favorit kamu demi menghilangkan beban pikiranmu untuk sementara. Music juga dapat menjadi sarana untuk membuat pikiran menjadi jernih.

  1. Berusaha untuk objektif

Terkadang ketakutan dapat menyebabkan nasib buruk serta dapat menghalangi pikiran yang objektif. Kita akan dapat melihat masalah dari berbagai sudut pandang dengan jelas hanya dengan mempertahankan pola pikir yang objektif. Kesulitan bersikap objektif dapat disebabkan karena emosi.

  1. Jangan memperbesar masalah

Sebenarnya masalah yang sedang kita alami merupakan hal yang sederhana, tapi kelihatan besar sebab kita membesarkanya karena tidak mempunyai solusi atau jalan keluar. Usahakanlah dulu untuk  menghilangkan rasa kesal supaya kita dapat menghadapi masalah sesuai dengan porsinya. Kita tidak salah untuk memperlakukan masalah yang kecil menjadi yang masalah yang besar dan sebaliknya membuat masalah yang berat menjadi ringan dengan cara meremehkannya.

Demikian artikel tentang 8 cara menghadapi masalah hidup yang berat semoga dapat bermanfaat untuk, anda terima kasih.

Gravatar Image
Saya adalah orang yang pantang menyerah. Apapun tantangan yang dihadapi seberat apapun tantangan itu SAYA akan selalu siap menghadapinya. Untuk itu jangan gampang putus asa.

Leave a Reply