Murahan Itu Soal Sikap Bukan Penampilan, Yang Diperbaiki Itu Sikap Bukan Penampilan

Posted on

Perempuan itu boleh cantik layaknya bidadari, tapi semua itu percuma jika dia tidak punya sopan santun. Tetap saja perempuan itu akan dianggap “Cacat”. Kamu boleh cantik layaknya bidadari bahkan melebihi bidadari, tapi semua itu percuma dan akan dianggap “Cacat” oleh orang lainjika kamu tidak punya sopan santun dan tidak bisa berperilaku baik. Orang yang tidak punya sopan santun apalagi perempuan, itu akan langsung mengurangi nilai cantik dari dirinya dan nilai baik dari kelebihan yang dia punya. Orang mungkin akan langsung menilainya “Dia cantik tapi…” kata pujian yang orang lain ucapkan akan tertutup dengan kata setelah “tapi”. Seperti itulah orang akan menilai tentang dirimu.

Seanggun apapun penampilan seorang perempuan kalau dia mudah terpengaruh dan takluk dengan yang namanya uang, tatap saja dia tidak akan dipandang terhormat oleh orang lain. Padahal seharusnya perempuan itu dihormati. Percuma juga kamu anggun tapi mudah takluk dengan laki-laki yang tampan dan punya uang banyak atau berduit. Seketika kamu menjadi seorang perempuan yang murahan dan gampangan jika didekati oleh laki-laki. Jangan seperti itu! Julukan bagi seorang perempuan anggun itu hanya pantas disandangkan ada perempuan yang benar-benar pandai dalam menjaga tutur kata dan tingkah lakunya.

Semua orang yang pernah bertemu denganmu pasti telah melihat penampilanmu, tapi yang akan mempengaruhi penilaian mereka tentang dirimu adalah sikapmu. Memang, yang pertama kali dilihat oleh setiap orang utamanya pada saat pandangan pertama adalah penampilan fisikmu. Sesingkat mungkin mereka akan terkagum-kagum saat melihat penampilan luarmu. Tapi untuk melihat dari tingkah lakumu, mereka akan menilai dirimu itu termasuk perempuan yang terhormat atau murahan. Kecantikanmu, kebaikanmu yang hanya sandiwara mungkin memang bisa membuat orang lain terpukau ketika mengenalmu. Tapi jika sedikit saja keburukanmu dilihat oleh mereka, maka semua orang akan menilaim berbeda dengan yang awal. Jadi, pertahankan dirimu yang apa adanya, karena kamu akan senantiasa terlihat cantik saat jadi diri sendiri.

Saat kamu dinilai jelek oleh orang dan kamu ingin memperbaikinya, maka perbaiki dulu perilakumu kemudian perbaiki penampilanmu agar kamu tidak dicap sebagai perempuan murahan. Mengapa begitu? Karena orang akan senang denagn sikap yang baik. Perbaikilah sikap kamu dulu agar tidak dicap murahan. Lalu jagalah tingkah laku dan tutur katamu. Memang selama ini kamu bebas melakukan apapun. Tapi ingat! Tetap saja kebebasan setiap orang itu ada batasnya dan ada aturannya. Tetapilah peraturan dan norma-norma yang berlaku di lingkungan tempat kamu berada di manapun itu. Memang mungkin setiap tempat berbeda-beda aturannya.  Tetaplah jaga sikap entah saat itu kamu sedang berada di tempatmu sendiri maupun saat kamu berada di lingkungan orang lain.

Ingat dan pahamilah perkataan ini. Tidak peduli secantik apapun kamu dan sebaik apapun penampilan kamu saat ini, semua itu tidak akan membuat kamu menjadi perempuan yang berharga jika kamu ternyata tidak pandai dalam bersikap. Tidak peduli seperti apa dirimu saat ini, secantik apa kamu hari ini tidak akan menjadikanmu lebih berharga dan dipandang sebagai perempuan terhormat jika kamu tidak bisa menjaga tingkah laku dihadapan orang lain. Mungkin kamu belum mengetahui kalau orang lain menganggap bahwa kecantikanmu dan penampilanmu itu hanya sebagai kelebihan yang percuma. Maka sekarang kenali dirimu dengan baik dan jangan lupa untuk selalu introspeksi diri. Dan jangan sombong dengan apa yang kamu punya sekarang. Jagalah dan rawatlah anugerah yang Allah berikan untukmu.

Gravatar Image
Orang yang tidak pernah menyangka dirinya bisa masuk jurusan multimedia di sebuah SMK. Karena itu bukan tujuan saya selanjutnya setelah lulus SMP. SMA adalah tujuan selanjutnya, tapi SMK akan menjadi sekolah terakhir saya. Dan saya yakin kesuksesan seseorang itu didapat dari kerja keras dan do'anya. SMA atau SMK bukanlah masalah. Tiada hasil yang mengkhianati usahanya.

Leave a Reply