Kota Yogyakarta, Kota Istimewa yang Memiliki Banyak Wisata Unik dan Indah

Posted on

Yogyakarta/ Jogja ini merupakan salah satu kota yang banyak menyimpan keindahan alam dan kebudayaan lokal yang tinggi pastinya, kota Jogja ini juga memiliki berbagai macam julukan, adapun julukan itu berdiri berdasarkan berkembangnya julukan itu sendiri. Ada yang mengatakan bahwa Jogja itu Kota Budaya, Kota Seniman, Kota Pelajar, Kota Gudeg dan yang satu lagi ialah Kota Museum.

Jalan ini sangatlah terkenal sekali di Kota Yogyakarta
Jalan ini sangatlah terkenal sekali di Kota Yogyakarta

Adapun nama Ngayogyakarta ataupun Yogyakarta sendiri itu diambil dari kata Ayoda, yang berarti nama kerajaan Prabu Sri Rama dalam abad Ramayana. Dan selanjutnya pada tanggal 7 Oktober 1756 ditetapkannya Hari jadi Kota Yogyakarta dan hal itu melalui Peraturan Daerah Kota Yogyakarta No.6 tahun 2004 ini. Dan jika anda berkunjung ke Kota Jogja ini tak ada salahya jika anda berwisata di Kota Jogja ini, karena Jogja juga memilki banyak tempat wisata yang harus anda kunjungi loh guys. Mungkin jika anda tidak mendatangi tempat ini ketika anda berada di Kota Jogja ini anda akan menyesal nantinya. Wisata apa saja sih yang ada di Kota Jogja ini? Oke guys langsung saja ini adalah beberapa tempat wisata yang ada di Jogja yang harus anda kunjungi yah, antara lain:

Candi Prambanan

Candi Prambanan ini juga merupakan salah satu tempat wisat yang berada di Jogjakarta, candi yang satu ini wajib anda kunjungi yah guys. Karena Candi Prambanan ini adalah Candi Hindu terbesar yang ada di Indonesia ini. Dan selain itu juga Candi ini mempunyai relief yang diukir mengelilingi candid an relief itu menceritakan kisah Ramayana dan Krishnayana. Candi Prambanan sendiri itu berlokasi di sekitar 17 KM darinpusat Kota Yogyakarta. Cukup dekat bukan guys tempat Candi Prambanan ini.

Candi Borobudur

Jika anda perna ke Yogyakarta pastinya tak heran lagi dengan Candi yang satu ini kan? Yah Candi Borobudur, Candi ini berlokasi di Magelang, bahkan candi ini menjadi salah satu primadona wisata loh guys yang berada di sekitar Kota Yogyakarta. Candi Borobudur ini juga terkenal sampai ke belahan dunia loh. Candi ini merupakan salah satu candi peninggalan Buddha yang paling besar yang ada di dunia. Berlokasi di sekitar 40 KM dari Kota Yogyakarta, Candi Borobudur ini masih sering dikunjungi para biksu yang ingin berziarah ke candi ini, konon katanya Candi Borobudur ini adalah subuah monument model dari alam semesta (tempat suci). Dan ada yang unik jika anda inginmasuk ke candi ini loh guys, anda diharuskan emnggunakan sarung yang nantinya anda akan dipinjamkan di pintu masuk Candi Borobudur ini.

Keraton Yogyakarta

Keraton Ygyakarta juga menjadi salah satu tempat wisata yang harus anda kunjungi nantinya. Keraton ini adalah salah satu tempat wisata yang sangat ramai dikunjungi, Keraton ini juga merupakan sebuah bangunan yang bersejarah dari Kesultanan Yogyakarta yang ditinggali oleh Sultan dan keluarganya. Jika anda main ke Keraton ini anda akan menikmati arsitektur Kesultanan yang kuno, dan anda juga bisa berkunjung ke museum kuno, yang di dalmnya terdapat barang-barang Kesultanan Yogyakarta dan sebagian barang-barang itu merupakan hadiah dari Raja Eropa. Jika anda ingin berkunjung ke tempat ini hendaklah datang agak pagi yah guys, karena Keraton ini buka dari jam 8 pagi hingga jam 2 siang saja.

Jalan Malioboro

Malioboro sendiri ini merupakan sebuah nama jalan yang ada di Yogyakarta. Jalan Malioboro ini sangatlah terkenal sekali dan sudah menjadi salah satu tempat wisata yang ada di Yogyakarta dan pastinya harus anda kunjungi yah. Bahkan banyak orang juga yang sering menggunakan Jalan Malioboro hanya untuk berfoto, sampai-sampai jika kita ingin berfoto di jalan ini kita harus mengantri dahulu sebelum berfoto. Dan adapun nama Jalan Maloboro ini berasal dari bahasa Sansekerta dan memiliki arti karangan bunga.

Adapun hal yang paling orang sukai di Jalan Malioboro ini adalah adanya sekelompok orang ataupun beberapa orang yang ia berpakaian unik, misalkan berpakaian seperti pocong, prajurit, zombie, suster ngesot dan masih banyak lagi. Dan bahkan kita juga bisa berfoto dengan mereka dengan biaya sukarela. Pastinya hal seperti ini sangatlah seru bukan guys.

Kebun Binatang Gembira Loka

Kebun Binatang Gembira Loka ini merupakan sebuah tempat wisata keluarga yang berada di Yogyakarta. Di dalam kebun binatang ini memiliki banyak koleksi hewan dari bergai tempat yang ada di Indonesia ini loh guys. Anda juga dapat berinteraksi dengan binatang yang ada di kebun binatang ini loh, seperti halnya kebun binatang pada umumnya. Di kebun binatang ini juga anda dapat bermain beberapa wahana permainan antara lain: sepeda air, kolam tangkap ikan, ATV, menunggang gajah, menunggang onta, perahukayuh dan pastinya masih banyak lagi. Harga tiketmasuk Kebun Binatang Gembira Loka ini juga sangatlah muriah meriah loh guys, cukup dengan mengeluarkan 25.000 rupiah per orang anda sudah dapat menikmati wisata ini.

Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis ini merupakan salah satu pantai yang paling terkenal yang ada di Kota Yogyakarta ini, dan pantai ini sangatlah wajib anda kunjungi loh guys. Pantai ini berlokasi sekitar 25 KM di selatan pusat Kota Yogyakarta. Pantai ini juga memiliki ombak dan arus yang cukup besar dan sangat kuat, hal ini dikarenakan Pantai Parangtritis adalah salah satu pantai yang berada di tepi Samudra Hindia dan sehingga hal ini mengakibatkan pantai ini memilki ombak yang besar. Dan jika anda menginginkan satu pengalaman yang tak terlupakan, anda bisa saja mencoba bermain paralayang di Bukit Parangndong, tepatnya di Pantai Parangtritis ini tentunya.

Arung Jeram Citra Elo

Jika anda adalah satu orang yang menyukai olahraga yang ekstrim anda bisa mencoba wisata yang satu ini loh guys. Yah Arung Jeram Citra Elo! Arung jeram ini merupakan salah satu tempat wisata yang ada di Kota Yogyakarta. Arung jeram ini sangat cocok untuk anda dan keluarga anda tentunya dan untuk pemula juga, karena arung jeram ini arusnya tidaklah terlalu berbahaya jika dibandingkan dengan arung jeram yang lainnya. Dan kebanyakan orang bermain wisata ini pada saat musim hujan saja.

Goa Jomblang

Goa jomblang merupakan sebuah goa wisata yang berlokasi di Gunung Kidul, Yogyakarta. Goa Jomblang adalah sebuah goa vertical yang di dalamnya memilki hutan purba. Dan jika anda datang ke goa ini pada jam 10-12 siang, anda akan melihat cahaya yang menembus ke goa ini, dan banyak orang yang menyebutkan kejadian ini sebagai “Cahaya Surga”. Mungkin karena keindahannya dan keunikannya, dan samoai saat ini Goa Jomblang menjadi salah satu wisata Yogyakarta yang wajib sekali anda kunjungi guys.

Gravatar Image
Fitri Aulia Rahmah, itulah nama yang dikasih dari kedua orangtua saya. Hidup Adalah Pilihan! Seperti halnya memilih jurusan saat kita mau masuk sekolah, dengan pilihan yang kita pilih itu akan membawa kita ke dalam dunia yang sebenarnya atau dunia yang akan kita hadapi nantinya.

Leave a Reply