Seberapa Pentingkah Sayuran Itu?
Seberapa Pentingkah Sayuran Itu?

Seberapa pentingkah sayuran itu?

Posted on

Budaya penting makan sayuran memang telah ada sejak jaman dahulu, bahkan jauh sebelum ada orang yang menemukan ilmu gizi yang menyatakan dengan jelas akan pentingnya kesehatan. Menurut banyak literatur, manusia purba dulu sudah makan produk dari tanaman lebih banyak dari pada daging disebabkan karena makanan itulah yang banyak tersedia disekitar mereka. Seiring dengan berkembangnya peradaban, budaya bercocok-tanam pun akhirnya berkembang.

Tahukah kalian ada banyak sekali penelitian yang sudah tak terhitung yang ada di seluruh dunia, sangat menyarankan untuk memenuhi asupan sayuran hijau secara teratur, daripada membeli asupan sayuran dalam bentuk tablet tambahan (kecuali dalam kondisi tertentu) untuk mendapatkan nutrisi yang sehat. Dan apa kalian tahu, bahwa memasukkan sayuran dalam cara diet merupakan cara yang paling sehat untuk tetap hidup sehat, langsing, dan terpelihara. Karena sayuran itu rendah kalori namun merupakan makanan yang kaya gizi. Sayuran akan membantu kalian agar bisa berada pada kesehatan yang optimal dalam jangka panjang dan tetap menjaga berat badan.

Beberapa diantara kita ada yang memiliki kebiasaan buruk yaitu malas mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan. Bahkan, banyak dari kita yang gemar mengkonsumsi makanan cepat saji seperti mie instan. Kedua hal itu memperburuk kinerja yang ada di tubuh kita dengan berbagai masalah yang ditimbulkan di kemudian hari apabila kita tidak segera merubahnya.

default

Mengonsumsi sayuran bisa memberikan manfaat yang signifikan bagi kesehatan tubuh. Hasil penelitian Health Surveys for England menunjukkan, pola makan kaya sayuran serta buah-buahan bisa melindungi tubuh dari risiko kanker, penyakit jantung dan gangguan pada usus dan yang lainnya. Lebih dari itu, masih banyak manfaat yang masih tersembunyi dari memkonsumsi sayur yang sedikitnya 7-8 porsi setiap hari, yang belum tentu kebanyakan orang mengetahui seperti yang dikutip dari CNN.

Berikut ini merupakan salah satu manfaat yang berhasil saya rangkum :

  1. Mencegah dari perut kembung

Sebagian besar sayuran bisa memberikan efek yang dapat memperlancar pencernaan. Sayuran kaya akan serat yang bisa menyingkirkan sampah-sampah sisa dari pencernaan serta bakteri jahat yang ada di sistem pencernaan seperti usus dan lambung, sehingga bisa mencegah sembelit.

Sayur juga akan bisa membantu kalian terlihat lebih ramping dengan mencegah kembung dan pembengkakan yang disebabkan memkonsumsi garam yang berlebihan, seperti makan biskuit, junk food atau makanan instan. Sayuran yang mengandung banyak potassium dan air yang bisa membantu menyingkirkan kelebihan garamtersebut, sekaligus menyeimbangkan cairan dan elektrolit yang ada di dalam tubuh.

  1. Membuat wajah jadi cerah dan muda

Ingin tampak llebih awet muda? Maka perbanyaklah makan sayuran. Sayuran dapat mencegah timbulnya tanda-tanda penuaan dan bisa membuat kulit kalian akan tampak muda serta kenyal. Di dalam sayuran yang segar memiliki phytonutrient, vitamin C dan tinggi kandungan airnya. Sebagian besar sayuran itu memiliki 85% hingga 95% air, yang bisa membantu melembabkan kulit serta mengurangi kerutan yang ada. Sementara itu phytonutrient berfungsi untuk mencegah penuaan dini dengan melindungi sel-sel kulit dari kerusakan yang diakibatkan stres, paparan sinar matahari, polusi, dan radikal bebas. Sementara vitamin C berfungsi untuk pembentukan kolagen alami pada tubuh kita.

  1. Dapat mengurangi stress

Stres dapat membuat kalian terasa lebih cepat lelah dan mood menjadi labil. Stres juga sangat memengaruhi otak untuk lebih memilih junk food daripada makanan yang sehat. Salah satu cara untuk mengatasi stres yaitu dengan memperbanyak memkomsumsi magnesium dan vitamin C. 2 nutrisi tersebut banyak terkandung dalam sayuran. Selain itu sayuran juga memiliki nutrisi yang berguna untuk pereda stres contohnya seperti asam lemak omega-3, vitamin B dan potassium yang mampu melawan kelelahan dan depresi.

Potassium dan magnesium yang dimiliki sayuran juga mampu membuat kalian lebih bisa relaks dengan menjaga tekanan darah kalian tetap stabil. Untuk meredakan stres, kalian bisa makan sebagian besar jenis sayuran yang ada. Mulai dari sayuran yang berdaun hijau, kentang, paprika, bayam, jamur, tomat, dan masih banyak yang lain.

  1. Dapat melindungi tulang

Selama ini susu dan produk susu olahan yang telah disimpulkan paling baik untuk menjaga kekuatan tulang. Semua itu tidak salah, karena susu yang tinggi akan kalsium dan vitamin D. Tapi tidak hanya susu saja, beberapa jenis sayuran juga memiliki nutrisi yang hamper menyamai yang akan bisa membentuk tulang seperti vitamin K, magnesium, potassium serta serat prebiotik.

Tomat juga telah lama diketahui maapu membantu untuk memperkuat tulang. Sebuah studi menemukan bahwa wanita yang jarang memakan tomat memiliki risiko yang lebih tinggi untuk mengalami osteoporosis dii saat menua. Selain tomat, sayuran lainnya yang berdaun hijau pekat, bayam (disarankan untuk memasak sebentar agar kandungan kalsiumnya bertambah), brokoli, kacang polong, jamur, bawang putih dan daun bawang.

  1. Dapat membantu untuk meningkatkan rambut

Kalian pasti terkejut jika mengetahui bahwa diet yang sehat dengan banyak sayuran akan memberikan dampak kesehatan pada rambu lebih besar dari biasanya, dari sampo paling mahal di pasar. Hanya diet tepat yang dapat memberikan pertumbuhan rambut yang baik yang dipengaruhi dari dalam. Pasokan gizi yang tepat akan mampu membuat rambut kalian kuat, sehat dan berkilau. Sayuran memang tidak diragukan lagi dalam hal gizi. Seperti telah yang dibahas sebelumnya, jika sayuran memang telah dikategorikan dalam kesehatan yang menjadi makannan pokok, setidaknya satu bagian masing-masing dalam diet kalian, kalian akan mendapatkan berbagai manfaat yang didapat dari sayuran untuk kalian.

Demikian dulu dari artikel saya semoga dapat  bermanfaat bagi kalian. Sampai jumpa di astikel selanjutnya…

Gravatar Image
Saya adalah orang yang penuh akan keingintahuan dan ingin mencobanya. walaupun aku belum bisa melakukannya, maka aku tidak akan pernah menyerah untuk selalu mencobanya sampai berhasil. jika kalian tertarik ingin berbagi pengalaman/ilmu denganku silahkan berhubungan dengan saya... :)

Leave a Reply