Manfaat Buah Tomat Bagi Kesehatan Tubuh
Manfaat Buah Tomat Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Tomat Bagi Kesehatan Tubuh

Posted on

Tomat adalah tumbuhan keluarga solanaceace, yang pertama tumbuh di daerah Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Tomat adalah tumbuhan yang memiliki siklus hidup yang singkat, tumbuhaannya dapat tumbuh setinggi 3 meter. Tumbuhan tomat memiliki buah dengan beragan warna seperti merah, kuning, dan hijau. Buah dari tumbuhan tomat adalah tomat itu sendiri. Tumbuhan tomat memiliki batang dan daun yang tidak dapat dikonsumsi karna mengandung alkaloid, dan hanya buahnya saja yang dapat dikonsumsi. Buah tomat biasanya digunakan sebagai pelengkap makanan, dan biasanya juga dimakan langsung. Buah tomat berbentuk bulat dan memilki daging buah dan biji, sehingga tomat digolongkan sebagai buah, namun saat ini masih banyak orang yang menganggap bahwa tomat sebagai sayuran. Buah tomat sudah lama dibudidayakan di hampir seluruh Negara di dunia ini, termasuk Indonesia. Buah tomat banyak dibudidayakan karna memiliki banyak manfaat bagi tubuh dan kecantikan, namun satu hal yang kurang disukai dari buah tomat adalah memiliki ketahan yang lemah, buah ini gampang busuk. Dan agar tahan lama, buah tomat memerlukan proses yang cukup lama, yaitu harus dipilih dahulu, dicuci, direbus, direndam, dikupas, dan yang terakhir dibekukan di dalam lemari es.

buah tomat
Buah Tomat

Buah tomat mengandung beragam kandungan yang dapat memelihara fungsi organ tubub dan memperlancar segala sistem yang bekerja. Kandungan yang paling tinggi dalam buah tomat adalah vitamin C dan air, dan apabila keduanya bergabung dalam tubuh, maka akan bermanfaat untuk mengecilkan pori-pori kulit wajah dan mencerahkan kulit. Dan karna itulah tomat sering dijadikan sebagai bahan membuat masker atau bahan produk kecantikan lainnya. Namun pad artikel kali ini saya tidak akan membahas tentang manfaat tomat untuk kecantikan, tapi saya akan membahas manfaat tomat untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Tomat Untuk Kesehatan Tubuh:

1.Melawan Sel Kanker

Tomat mengandung antioksidan yang dapat menangani penyakit-penyakit serius eperti kanker usus besar, kanker payudara, dan kanker paru-paru.

2.Menangkal Radikal Bebas

Senyawa antioksidan berupa flavonoid dan zeaxanthin yang terkandung dalam buah tomat telah dipercaya para ahli dapat mengangkal radikal bebas.

3.Menjaga Gigi dan Tulang Agar Tetap Kuat

Kalsium sangat diperlukan untuk menjaga kekuatan dan kesehatan tulang dan gigi, dan buah tomat dapat menjadi penyuplai kalsium dalam tubuh.

4.Mengurangi Kadar Lemak

Tomat mengandung tinggi protein, kalori dan karbohidrat. Ketiga nutrisi tersebut sangat berperan baik untuk menurunkan berat badan, karna dapat mengurangi kadar lemak yang ada dalam tubuh.

5.Mengontrol Kolesterol Penyebab Hipertensi

Jumlah LDL atau kolesterol jahat yang tinggi dalam tubuh dapat menyebabkan hipertensi atau tekanan darah tinggi. Cara mengobati hipertensi dapat dilakukan dengan mudah yaitu dengan rutin mengkonsumsi tomat. Kandungan mineral dalam buah tomat dapat mengontrol jumlah kolesterol yang ada dalam tubuh.

6.Menyehatkan Mata

Tahukah anda kenapa penderita minus disarankan untuk banyak-banyak mengkonsumsi buah tomat? Itu karna tomat mengandung vitamin A yang cukup tinggi, ditambah lagi dengan nutrisi lain dalam buah tomat seperti thiamine, niacin, dan asam folat yang akan membantu kinerja vitamin A untuk memperbaiki kerusakan pada fungsi organ mata.

7.Menstabilkan Kinerja Jantung

Dalam sepotong tomat sedang, terkandung 235 mg kalium. Kandungan tersebut bermanfaat untuk mengontrol denyut jantung dalam memompa darah dan membuat jantung akan bekerja secara stabil.

8.Memenuhi Kebutuhan Vitamin Harian

Mengkonsumsi buah tomat dapat memenuhi kebutuhan vitamin harian tubuh.  Sepotong buah tomat akan memberikan 20% kebuutuhan vitamin harian pada tubuh.

9.Mengobati Nyeri Pada Punggung

Masalah sederhana seperti nyeri punggung tidak boleh dianggap remeh agar tidak berkelanjutan dan menimbulkan penyakit yang lebih serius. Mengkonsumsi buah tomat secara rutin dan melakukan pengobatan yang semestinya dapat menyembuhkan nyeri punggung.

10.Mengontrol Gula Darah

Gula dalam darah yang melebihi batas akan menyebabkan penyakit diabetes. Untuk itu, anda harus mengontrol kadar gula darah anda.  Caranya adalah dengan rutin mengkonsumsi tomat.

Sekian artikel saya mengenai manfaat buah tomta bagi kesehatan tubuh, semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda!

Gravatar Image
Nama saya Fatka Safina Aulia Fanesta, biasa dipanggil Fatka. Saya lahir di tengah keluarga yang biasa-biasa saja, namun saya bercita-cita menjadi seorang filmmaker yang terkenal. Bekerja keras, terus mencari peluang, dan selalu berusaha mencintai pekerjaan adalah motto saya.

Leave a Reply