fakta mengenai musik terhadapa kesehatan
fakta mengenai musik terhadapa kesehatan

6 Fakta Musik Terhadap Psikologi Manusia

Posted on

Music merupakan seni  yang mengungkapkan isi perasaan dan pemikiran manusia melalui keindahan suara. Dengan menggunakan komposisi suara untuk mengungkapkan perasaannya yang hal ini dapat mempengaruhi psikologi manusia. Dan music juga merupakan refleksi pada perasaan seseorang baik perasaan suatu individu atau perasaan bermasyarakat. Music itu sendiri merupakan hasil dari rasa serta cipta seseorang atas kehidupannya.

Manfaat mendengarkan music tidak hanya bisa membunuh rasa jenuh dan bad mood saja, ternyata begitu banyak fakta mendengarkan music yang pastinya memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan psikolog manusia. Dan berikut inii beberapa fakta nya :

fakta mengenai manfaat musik bagi kesehatan
fakta mengenai manfaat musik bagi kesehatan
  1. Manfaat bagi Kesehatan

Menurut dari seorang psikolog dari London, ketika kita mendengarkan music mampu mempengaruhi reaksi yang begitu luas yang ada dalam tubuh manusia dan juga berpengaruh pada psikologi manusia, dan juga pada beberapa bagian otak yang dapat di aktifkan oelh sebuah music.

Seorang melakukan sebuah penelitian di Kanada yang menunjukkan bahwa telah terjadi suatu hubungan kasual antara music dengan system reward, yaitu merupakan bagian inti dari otak yang bereaksi pada rangsangan positif bagi kesehatan tubuh kita.

  1. Mampu menghilangkan stress

Dengan mendengarkan music mampu menghilangkan rasa takut dan cemas dan bahkan hingga tingkatan stress. Terlebih lagi saat kamu akan memulai suatu pekerjaan,, dan kamu putar lagu  yang sekiranya kamu sukai sadar gak sadar kamu akan merasa bahwa pikiran dan tubuhmu akan jauh lebih rileks. Suatu penelitian menunjukkan bahwa mendengarkan music akan memicu terjadinya pelepasan hormone bahagia yang di sebut dengan dopamine.

  1. Musik dapat mempengaruhi Kesehatan Mental

Music memiliki begitu banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita dan juga dapat memberikan kekuatan mental yang sangat baik bagi seseorang yang mendengarkannya . seseorang yang sering mendengarkan music dengan sendirinya dia memiliki emosi yang stabil, mental yang cukuup kuat, hidup yang lebih aman, nyaman, damai serta menjadikan hidup lebih percaya diri dalam berbagai hal.

Music juga bermanfaat bagi psikolog manusia yang sering mendengarkan music, entah itu usia anak- anak, orang dewasa maupun orang tua, manfaat yang paling istimewa adalah music adalah music bermanfaat bagi perkembangan janin dan juga pada bayi.

  1. Dapat menghilangkan kelelahan

Satu hal lain yang tidak perlu di ragukan lagi, yaitu dengan mendengarkan music relaksasi bisa menjadi salah satu cara yang cukup efektif untuk dapat menemukan tambahan energy bagi tubuh. Hal ini lah yang dapat menghilangkan lelah yang di sebabkan karena pekerjaan yang membosankan dan klelahan yang di sebabkan karena terlalu banyak aktivitas.

  1. Mengembangkan pikiran yang kreatif

Menurut para penelitian, music mampu menginspirasi seseorang ketika akan menciptakan sebuah ide. Music yang di maksud di sini adalah music relaksasi yang dapat membantu meningkatkan kreaktifitas seseorang yang lebih baik hal ini di karenakan music memiliki kekuatan untuk mengembangkan fungsi otak yang lebih tinggi.

  1. Pengembangan diri.

Ternyata music mampu memberikan motivasi  yang dapat mempengaruhi pengembangan diri seseorang. Perlu di waspadai karena music yang sering kamu dengarkan akan menentukan kualitas kepribadianmu. Sebuah hasil penelitian menunjukkan bahwa orang yang memiliki masalah pada perasaan, biasanya ia akan mendengarkan music yag sesuai dengan perasaannya saat itu. Jika anda mengubah jenis music yang anda dengarkan menjadi music  yang memotivasi , dengan seiring berjalannya waktu masalah yang sedang anda rasakan akan hilang dengan sendirinya. Tidak hanya itu, music juga bisa merubah kepribadianmu dengan cara mendendengarkan jenis music yang pas dan tepat.

Begitu banyak manfaat dan penting nya peran musik bagi kesehatan psikologi manusia. Meskipun setiap orang pastinya memiliki musik kesukannya masing- maing , namun tak ada orang di dunia ini yang tidak menyukai musik.

 

Gravatar Image
. Menurut kebanyakan orang yang belum mengenal saya, mereka menilai saya orang yang pendiam. pada kenyataanya saya adalah orang yang cukup cerewet.

Leave a Reply