Manfaat Jeruk Nipis
Manfaat Jeruk Nipis

Ketahui Beberapa Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan, Kulit, dan Rambut Berikut!

Posted on

Manfaat jeruk nipis sudah diketahui oleh banyak orang dari seluruh dunia. Jeruk nipis atau yang dalam bahasa ilmiah disebut Citrus Aurantifolia termasuk tumbuhan suku jeruk-jerukan, yang tersebar di Asia dan Amerika Tengah. Tinggi pohon jeruk dapat mencapai 3-sampai 6 meter, pohon jeruk nipis memiliki cabang dan berduri, bentuk daunnya lonjong, dan tangkai daunnya bersayap kecil. Daging buah jeruk nipis berwarna hijau kekuningan,memiliki banyak biji dan serat-serat, dan rasanya sangat asam karna banyak vitamin C dan asam sitrat.

Tumbuhan Jeruk Nipis
Tumbuhan Jeruk Nipis

Tumbuhan jeruk nipis dapat tumbuh di dataran rendah yaitu sampai ketinggian 100 m dari permukaan laut. Jeruk nipis adalah jenis jeruk yang mengandung vitamin C yang paling tinggi dibandingkan dengan jeruk jenis lain. Selain vitamin C, jeruk nipis juga mengandung karbohidrat, serat pangan, lemak, kalsium, protein, asam folat, zat besi, vitamin B1, B2, B3, B5 dan mineral seperti fosfor, magnesium, kalium, seng, gula, dan zat besi. Dan karna kandungannya yang banyak lah yangmenjadikan jeruk nipis menjadi salah satu buah yang kaya akan manfaat, baik bagi kesehatan, kulit, dan rambut. Berikut beberapa manfaat jeruk nipis bagi kesehatan, kulit, dan rambut:

1.Meningkatkan Imun atau Daya Tahan Tubuh Saat Cuaca Ekstrim

Penyakit umum seperti batuk, flu, dan demam biasanya sering muncul ketika musim dingin. Vitamin C yang terkandung dalam jeruk nipis dapat menjadi solusi untuk membantu anda agar tubuh anda kebal terhadap penyakit musiman, kandungan antioksidan seperti flavonoid yang juga ada dalam jeruk nipis akakn menghilangkan virus yang akan masuk ke dalam tubuh, dan akan membuat tubuh menjadi lebih fit saat cuaca ekstrim

2.Memperbaiki Kesalahan Saluran Cerna

Penyakit ringan seperti diare dan sembelit yang biasanya berhubungan dengan saluran pencernaan bisa diatasi dengan cara rutin mengkonsumsi air perasan jeruk nipis yang dicampur dengan air hangat. Kebiasaan meminum air perasan jeruk nipis hangat dapat membuat usus bergerak dengan baik untuk melancarkan proses BAB dan menjaganya untuk tetap stabil.

3.Mencegah Kanker

Jeruk nipis adalah agen anti kanker yang dapat mencegah dan menurunkan resiko sebagian jenis kanker seperti kanker lambung, usus besar, dan leukemia. Kandungan liminoid dalam jeruk nipis lah yang dapat menumpas pertumbuhan sebagian jenis sel kanker, serta dapat menangkal radikal bebas dari tubuh, seperti halnya manfaat teh hijau.

4.Membunuh Cacing Dalam Usus

Cacing yang berkembang dalam usus akan menimbulkan masalah. Jika anda sedang mengalami masalah dengan cacing yang ada dalam usus, anda dapat mengobatinya menggunakan jeruk nipis. Air perasan jeruk nipis yang dicampur dengan air kelapa muda dapat berkelahi dengan cacing yang ada dalam usus, sehingga cacing-cacing yang ada dalam usus anda akan mati dan keluar melalui BAB. Konsumsilah campuran tersebut 3 kali sehari dengan jeda waktu yang sama dari pagi sampai malam.

5.Membunuh Bakteri

Selain membunuh cacing, jeruk nipis juga berfungsi untuk mebunuh bakteri yang mempengaruhi kondisi kesehatan seseorang. Penyakit yang disebabkan oleh bakteri seperti kolera, tipes, difteri, dan malaria dapat diobati menggunakan air perasan jeruk nipis.

6.Mengobati Masalah Lambung Seperti Maag

Di Negara Amerika, para dokter banyak yang menganjurkan penderita maag untuk menjalani pengobatan herbal dengan mengkonsumsi jeruk lemon setiap hari. Cara membuat ramuannya: pertama siapkan sebutir jeruk lemon atau jeruk nipis, belah dan peraslah. Setelah itu campurkan air perasan jeruk nipis dengan sedikit air putih, dan minumlah campuran ini sebelum makan.

7.Melarutkan Asam Urat

Jeruk nipis sering disebut sebagai obat asam urat herbal karna mampu melarutkan asam urat secara alami, dan asam sitratlah yang berkontribusi dalam hal ini. Jika anda sedang bermasalah dengan asam urat, minumlah air perasan jeruk nipis setiap pagi dan sore untuk memperoleh hasilnya yaitu dapat mengbobati asam urat.

8.Menyehatkan Ginjal

Anda pastinya pernah mendengar kalau memperbanyak minum akan menyehatkan ginjal. Secara umum mungkin benar, tapi tidak semua jenis minuman dapat menyehatkan jantung. Menurut para pakar, air putih lah yang paling bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung, dan selain air putih air perasan jeruk nipis juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan ginjal. Asam sitrat yang ada dalam jeruk nipis dapat mencegah kalsium yang mengikat mineral lain, dan jika hal itu dibiarkan terjadi, maka akan ada dampak buruk pada ginjal seperti terbentuknya batu ginjal.

9.Menurunkan Berat Badan

Sudah terbukti sejak lama bahwa jeruk nipis dapat digunakan untuk mebantu progam diet. Kandungan serat pangan dalam jeruk nipis dapat membantu menurunkan berat badan, sehingga para pemerhati diet sering menganjurkan para peserta diet untuk mengawali paginya dengan meminum secangkir air perasan jeruk nipis hangat.

10.Cocok Dikonsumsi Oleh Ibu Hamil dan Wanita yang Sudah Menopause

Dua masa yang pastinya akan dialami seorang wanita tersebut seringkali membuat wanita menjadi lebih fokus pada kondisi kesehatannya. Berbagai nutrisi yang diperlukan wanita saat dua masa tersebut berupa folat dan kalsium dapat terpenuhi dengan rutin meminum air perasan jeruk nipis, jeruk nipis segar dapat menyimpan folat sebanyak 5 mikrogram dan kalsium sebanyak 22 mikrogram.

11.Mengobati Batuk Secara Alami

Salah satu obat batuk alami dan mudah dibuat adalah dari jeruk nipis yang dicampurkan dengan satu sendok madu dan  sedikit garam. Dan jika terlalu repot untuk mencari madu, anda juga bisa menggunakan air perasan jeruk nipis yang dicampur dengan kecap manis. Minumlah ramuan tersebut secara rutin saat anda sedang batuk.

12.Mengobati Amandel Secara Alami

Jeruk nipis juga dapat menjadi obat alami amandel. Cara menggunakannya: sediakan 3 buah jeruk nipis, ambil kulitnya lalu potong-potong dan cuci sampai bersih. Kemudian rebus dengan 2 gelas air, diamkan sampai airnya tersisa ¾ gelas. Saring ramuan tersebut dan minum airnya secara rutin yaitu 3 sampai 4 kali sehari.

13.Mengurangi Jumlah Produksi Minyak Pada Wajah

Kulit berminyak disebabkan oleh terbukanya pori-pori kulit, dan ada banyak sekali dampak buruk yang disebabkan oleh wajah berminyak. Jika anda tidak ingin mengalaminya, gunakanlah masker jeruk nipis untuk mengatasi kulit berminyak. Cara menggunakan jeruk nipis sebagai masker adalah belah jeruk nipis lalu gosok-gosokkan pada kulit wajah anda, namun jangan oleskan pada bagian wajah anda yang ada lukanya. Setelah digosok-gosokkan, diamkan selama 10 menit lalu bilas wajah anda menggunakan air bersih.

14.Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya

Jika anda menginginkan memiliki kulit wajah yang bersih dari jerawat dan bekasnya, anda dapat menggunakan cara yang sama seperti di atas untuk dilakukan sebagi perawatan wajah.

15.Mencerahkan dan Mengencangkan Kulit Wajah

Anda hanya harus serius dan rutin untuk menjalani perawatan menggunakan jeruk nipis di atas agar mendapatkan wajah yang putih dan kencang.

16.Mengurangi Kerontokkan Rambut

Jika anda sedang mengalami masalah rambut rontok, gunakanlah air perasan jeruk nipis untuk mengatasinya. Oleskan air perasan jeruk nipis secara merata dan rutin pada rambut anda, diamkan sebentar lalu kramasi rambut anda.

17.Melebatkan Rambut

Jika rambut anda tipis dan anda ingin melebatkannya, gunakanlah ramuan berikut untuk melebatkan rambut anda. Bakar merang padi sampai menjadi abu, kemudian rendam abu merang ke dalam air semalaman, kemudian saring, campurkanlah saringan abu merang tersebut dengan air perasan jeruk nipis, gunakan untuk membasuh dan memijat kulit kepala anda, dan jangan lupa lakukan cara ini secara rutin agar anda mendapatkan hasil yang cepat.

Sekian beberapa manfaat jeruk nipis yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda!

Gravatar Image
Nama saya Fatka Safina Aulia Fanesta, biasa dipanggil Fatka. Saya lahir di tengah keluarga yang biasa-biasa saja, namun saya bercita-cita menjadi seorang filmmaker yang terkenal. Bekerja keras, terus mencari peluang, dan selalu berusaha mencintai pekerjaan adalah motto saya.

Leave a Reply