Tips Mengelola Keuangan Setelah Liburan

Posted on

Liburan tentunya akan menjadi momen yang sangat menyenangkan, apalagi ketika momen liburan kerja. Tentunya kamu senang kan? Karena bisa melepas kepenatan tugas dan bisa menikmati hari-hari santai bersama keluarga.

Mengelola Keuangan Setelah Liburan
Mengelola Keuangan Setelah Liburan

Namun yang menjadi permasalahan ketika waktu liburan akan berakhir, terutaman untuk kamu yang belum tau cara mengelola keuangan. Setelah liburan, eh tiba-tiba dompet sudah kosong.

Salah satu yang sering terjadi adalah masalah utang. Yuk, simak! Hal apa saja yang bisa terhindar dari hal hutang.

Catatlah pengeluaranmu

Hal yang paling utama yang harus kamu lakukan adalah mencatat semua pengeluaran ketika liburan. Coba bandingkan dengan anggaran yang sudah kamu pakai sebelum liburan. Jika sudah berlebihan, maka mau tidak mau kamu harus menggunakan anggaran dari pos lain yang artinya kamu harus bisa menghemat untuk pengeluaran yang lain. Jika sudah ada sisa dari anggaran, belanjakan saja untuk kebutuhan yang lebih produktif maksudnya untuk menabung dan berinvestasi. Dengan cara yang seperti ini kamu akan tetap bisa mengontrol keuanganmu.

Jangan lupa untuk menutup uang setelah liburan

Apakah kamu masih menggunakan utang untuk bisa pergi berlibur? Sebenarnya itu adalah hal yang nggak banget, utang kok untuk pergi berlibur.

Jika memang terpaksa liburan dengan harus menggunakan uang hutangan segeralah selesaikan. Karena apa? Hal yang seperti itu sangatlah tidak bijak dan akan menjadi makin repot. Karena ketika liburan sudah selesai, kamu masih punya tanggungan untuk membayar utang. Kalau memang kamu tidak punya banyak anggaran untuk liburan lebih baik kamu melakukan liburan yang sederhana saja. Agar kamu tidak sampai utang, apalagi kamu utang yang banyak.

Segera lunasi tagihan kartu kredit

Jika kamu memang menggunakan kartu kredit ketika selama liburan maka segelah lunasi tagihan itu.

Contohnya saja jika kamu menggunakan kartu kredit untuk bisa mendapatkan bonus airmiles atau diskon di tempat makan. Maka kamu bergegaslah untuk segera membayar tagihan yang telah kamu gunakan kemarin. Jangan karena sudah senang bisa liburan dan makan enak kamu melupakan tagihan kartu kreditmu.

Kebanyakan orang-orang akan menunda-nunda pembayaran tagihan kartu kredit untuk bulan yang akan datang maksudnya menunggu nanti setelah ada tagihan yang baru. Pada kenyataan ketika bulan depan akan ada pengeluaran yang lain, yang wajib kamu keluarkan. Khususnya untuk pengeluaran liburan, segeralah kamu membayar tagihan kartu kredit.

Tambahkan dana untuk hal yang mendadak

Tidak ada salahnya jika kamu menggunakan uang yang sebenarnya uang itu untuk hal yang mendadak. Tapi, kamu juga harus bisa menggantinya. Dana untuk hal darurat ini sangatlah wajib.

Jangan lupa, dana darurat ini untuk kamu yang sudah berkeluarga adalah 9 hinggan 12 kali pengeluaran per bulanannya. Jangan sampai dana darurat ini kosong, karena akan tahu sendiri nanti kamu akibatnya.

Kamu mendapat ide yang baru selama liburan? Coba aja lakukan

Yang terakhir dan yang paling seru, apa yang sudah didapatkan seseorang selama liburan. Tentunya bukan hanya refresing saja, bukan hanya pengalaman baru, bukan hanya mendapatkan teman baru, tetapi kamu juga bisa mendapatkan ide bisnis.

Selama liburan kamu juga tentunya mencoba beli baju bari kana tau membeli barang lalu dijual lagi. Tidak ada salahnya jika kamu bisa melakukan hal itu. Hal ini juga memberimu cara agar bisa lebih kreatif. Agar uang untuk liburan kamu bisa kembali lagi. Dalam penjualannya kamu bisa menggunakan media social atau marketplace untuk menjual barang-barangnya tersebut.

Gravatar Image
Saya memiliki imajinasi yang cukup tinggi dan saya memiliki cita-cita untuk menjadi pengusaha muda. Selain itu saya juga memiliki keinginan untuk memberikan yang terbaik untuk ayah dan ibu.

Leave a Reply