Peduli, Sebuah Rasa yang Sederhana Tapi Bisa Merubah Segalanya.

Posted on

Kamu pasti pernah mendengar istilah peduli? Sebenarnya apa yang dimaksud peduli ini? Bukankah di jaman sekarang kata peduli hanyalah omong kosong belaka tanpa ada tindakan untuk membenarkannya? Hal inilah yang mestinya bisa kita rubah dari jaman yang sudah terlanjur rusak sekarang.

Peduli merupakan sebuah tindakan nyata yang didasari rasa prihatin atau simpati kepada seseorang yang mempunyai suatu persoalan atau bahkan masalah. Meskipun kata peduli disini mengarah pada seseorang, tapi bisa juga kata peduli itu mengarah kepada suatu hal. Misalnya saja terhadap kondisi bumi sekarang yang semakin kotor. Seharusnya rasa peduli kita bisa muncul dan untuk merealisasikannya akan lebih baiknya kita bisa mengadakan GPS (Gerakan Pungut Sampah).

Taukah kamu? Sepucuk rasa peduli yang kita miliki bila kita bisa segera merealisasikan itu menjadi nyata, kita akan turut membantu merubah dunia. Meskipun rasa peduli ini sekilas terlihat sepele, tapi dapat kamu bayangkan jika semua orang di dunia ini bisa peduli apalagi terhadap sesama akan membuat dunia ini berubah menjadi lebih baik. Namun untuk dapat menyatakan rasa peduli ini dengan suatu tindakan nyata akan terasa amat sulit. Selalu ada yang akan menghalangi kita untuk dapat peduli entah itu karna rasa gengsi kita, kebencian yang kita miliki, rasa selalu iri dan dengki akan suatu hal itu, atau bahkan rasa takut akan dikatakan “sok peduli”.

Langkah Agar Dapat Peduli.

Jika kamu siap akan merealisasikan rasa peduli ini, maka kamu harus mencoba mendengarkan orang lain. Karna langkah utama untuk dapat peduli disini kamu harus terlebih dahulu mengerti persoalan yang ada. Dan kamu tak akan bisa mengerti sampai kamu bisa menjadi seorang pendengar yang baik.

Yang kedua adalah dapat bersabar dan jangan sampai putus asa dalam menyelesaikan suatu perkara tersebut. Dapat kamu bayangkan jika usaha kita untuk peduli tidak dibarengi dengan kesabaran maka itu akan percuma, kita tak mungkin akan dapat membantu apapun. Justru kita malah bisa memperburuk keadaan yang ada, karna usaha kita cuma setengah-setengah saja. Jika kamu masih merasa kesulitan maka cobalah untuk menganggap sama antara cacian dan pujian yang di berikan orang lain. Bukankan itu hanyalah sebagai tantangan bagimu untuk bisa peduli.

Yang ketiga kamu harus bisa belajar menyukai adanya rasa peduli yang kamu miliki serta bisa membiasakan dan menjadikan ini sebagai hobimu. Tentu saja jika rasa peduli ini hanya sekali atau dua kali kita lakukan tidak akan bisa berdampak besar. Maka mulailah untuk belajar peka dan peduli terhadap sesuatu apapun yang ada di sekitarmu.

Bagaimana Cara Memunculkan Rasa Peduli Orang Lain?

Tentu saja semua itu bermula dari kita sendiri. Jika kita sendiri bisa mencontohkan rasa peduli yang kita miliki kepada orang lain, maka sedikit demi sedikit hati orang lain itupun akan merasa terdorong untuk dapat peduli juga.  Bagaimanapun setiap manusia itu sama, mereka juaga memiliki rasa simpati dan peduli. Tetapi hanya niat dari diri mereka yang dapat mengubah seluruh kebiasaan mereka untuk dapat peduli.

Nah, sebagai langkah lanjut kamu harus bisa terus menyemangati mereka untuk peduli. Barulah rasa pedulai ini akan bersinambung dan dapat merubah dunia menjadi lebih baik. Ingat setiap kebaikan yang kamu berikan kepada sesama itu tak akan terbuang pecuma. Tapi pernahkah kamu melihat orang yang hanya diam ketika harusnya mereka bisa merasa peduli?

Orang yang Terlihat Diam Itu Bukan Berarti Tidak Peduli.

Diam Bukan Berarti Gak Peduli
Diam Bukan Berarti Gak Peduli

Meski banyak yang beranggapan bahwa orang yang diam itu pertanda tidak peduli. Tapi semua itu merupakan suatu anggapan yang salah. Mereka hanya memilih jalan yang berbeda, yaitu untuk bisa diam dan dapat segera mencari solusi. Bukan berarti mereka yang diam akan pergi menjauh meninggalkan semua persoalan yang ada. Mereka akan jauh memandang kedepan dan selalu berhati-hati akan langkah yang akan mereka ambil, belum tentu langkah mereka akan dapat membantu atau malah akan dapat menambah persoalan baru.

Bagaimanapun mereka juga ingin membantumu untuk bisa peduli. Maka dari itu terus ajaklah mereka sampai mereka yakin untuk dapat peduli. Ingat sepucuk rasa peduli yang kamu miliki inilah yang perlahan bisa turut ikut serta dalam mengubah dunia ini menjadi lebih baik. Semoga bermanfaat.

Gravatar Image
Selalu tertarik akan sesuatu yang baru, Terobsesi untuk mengetahui perkembangan dunia, dan Selalu bercita-cita untuk sekses dengan usaha sendiri.

Leave a Reply