Ketenangan
Ketenangan

Bagi Kamu Yang Ingin Hidup Tenang, Anggaplah Cacian Dan Pujian Itu Sama!

Posted on

Apa kamu pernah dicaci, sampai kamu merasa sakit hati dengan cacian tersebut? Seakan-akan kamu adalah orang yang sangat rendah? Atau sebaliknya, kamu pernah dipuji setinggi langit sampai-sampai kamu melayang karena pujian itu? Yup, pastilah semua orang pernah merasakan cacian dan juga pernah dipuji. Karena memang hidup adalah perjuanngan, dan perjuangan itu pastilah diwarnai dengan cacian dan pujian. Tapi dibalik semua itu sebenarnya ada hikmah tersendiri, yang memang tersembunyi.

Cacian Dan Pujian Itu Adalah Sama
Cacian Dan Pujian Itu Adalah Sama

Tapi kebanyakan orang pastilah akan terlena dengan pujian dan pastilah akan menciut dengan cacian. Karena memang itu adalah sifat alami manusia yang sangat sulit sekali dirubah, maka supaya kamu tidak sampai terkena sifat sombong, anggaplah cacian dan pujian itu sama. Maksudnya sama? Ya, kalau ada orang lain memujimu anggaplah pujian itu sebagai hal yang biasa. Jika kamu menganggap pujian itu berlebihan, sifat sombong akan datang padamu dan pastilah kamu akan merasakan bahwa kamulah yang paling baik, dan itulah dampak negatif  dari pujian. Dan jangan anggap cacian itu adalah sesuatu yang hina, sehingga kamu merasa terpuruk dengan cacian tersebut. Jadikan cacian itu sama dengan pujian, dengan begitu kamu akan hidup tenang dengan tanpa beban. Karena pada hakikatnya kedua hal tersebut adalah tipuan belaka. Kenapa bisa seperti itu? Iyalah, karena pujian itu secara tidak langsung akan membuat kita menurun jika kita tidak bisa menyikapi hal tersebut dengan bijak, dan cacian itu akan membuat semangat kita tambah kendur jika kita tidak memiliki mental yang kuat. Maka dari itu anggaplah cacian dan pujian itu sama, jangan anggap terlalu serius kedua hal tersebut.

Anggaplah Cacian Itu Sama Dengan Pujian
Anggaplah Cacian Itu Sama Dengan Pujian

Memang terkadang hidup kita berada diatas dan tidak menutup kemungkinan bila suatu saat nanti kita juga akan berputar bergantian berada dibawah. Ingatkah kamu saat kamu berada di bawah?  Pastilah tidak sedikit orang yang memberikan cacian dan hinaan pada kamu. Dan ingatkah kamu saat kamu berada diatas? Banyak orang yang memberikan kamu pujian. Itulah hidup, kamu harus cepat tersadar dengan kedua situasi itu, dan sikapi dengan sikap yang bijaksana. Dan selalu ingatlah bahwa pujian dan cacian hanyalah semu, tidak akan bertahan lama atau itu hanyalah sesaat. Maka dari itu jangan kamu terlarut-larut memikirkan hal tersebut, karena memang pada dasarnya kedua hal tersebut tidaklah terlalu penting untuk difikirkan serius, toh itu hanyalah sementara.

So, kalau kamu ingin hidup dengan tenang, janganlah terlalu memikirkan dengan serius kedua hal tersebut. Yang ada kamu yang akan stres dengan hal itu, dan membuat kamu menjadi drop. Apakah kamu suudah pernah dengar tentang istilah “Didalam hitam ada putih, dan didalam putih ada hitam” itulah arti sesungguhnya dari hidup, didalam kejelekan ada kebaikan, dan didalam kebaikan ada kejelekan. Didalam cacian ada sebuah kebaikan dan didalam suatu pujian pasti ada kejelekan, itulah yang perlu kita ketahui.  Jangan pernah terlena dengan pujian dan jangan pernah down karena cacian, anggaplah kedua hal tersebut adalah hal yang lumrah dialami setiap manusia.

Ada Hitam Dalam Putih Dan Ada Putih Dalam Hitam Itu!
Ada Hitam Dalam Putih Dan Ada Putih Dalam Hitam Itu!

Percayalah tuhan menurunkan sesuatu pastilah ada suatu hikmah yang tersembunyi, jadi percayalah bahwa ada sebuah kebaikan disetiap hal. Jangan pernah takut melangkah, dan jangan pernah terpaku dengan satu masalaah sehingga kamu akan lupa dengan hal lain. Jangan pernah terpaku dengan satu pujian, bisa saja pujian itu yang nantinya akan menghancurkanmu. Dan jangan pula terpaku dengan satu cacian, bisa saja cacian itu yang akan mendatangkan keberhasilanmu. So, intinya anggaplah pujian dan cacian itu sama. Karena memang pada hakikatnya kedua hal tersebut adalah sama.

Sekian artikel kami, semoga bermanfaat!

Gravatar Image
Mimpimu hari ini akan menjadi kenyataan di hari esok. Inilah prinsip yang saya pegang sampai sekarang dan memacu semangat saya supaya terus berkembang..Tetap semangat jadi yang terbaik diantara yang baik baik

Leave a Reply