Manfaat Daun Sirsak
Manfaat Daun Sirsak

10 Resep Obat Daun Sirsak Untuk Kesehatan dan Rambut

Posted on

Manfaat daun sirsak mulai popular di masyarakat Indonesia semenjak penelitian mengungkap bahwwa ternyata daun sirsak berfungsi untuk melawan penyakit yang super ganas seperti kanker. Daun sirsak memang memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh karna berbagai kandungan yang ada di dalamnya. Daun sirsak mengandung:

  • Annomuricina A, B, dan C.
  • Annopentocinas A, B, dan C.
  • Muricoreacina
  • Gigantetronemina
  • Annomutacina
  • Annohexocina
  • Murihexocina A dan C.
  • Javoricina
  • Aniniine
  • Anonaine
  • Coreximine
  • Atherospermine
  • CLA
  • Asam setat
  • Asam gentisic
  • Asam lignoceric
Manfaat Daun Sirsak Bagi Kesehatan Dan Rambut
Manfaat Daun Sirsak Bagi Kesehatan Dan Rambut

Banyak kan kandungan gizi yang terdapat dalam daun sirsak? Kandungan-kandungan gizi tersebutlah yang membuat daun sirsak menjadi salah satu daun yang kaya akan manfaat. Di antaranya 10 manfaat daun sirsak bagi kesehatan berikut:

1.Mengobati Diabetes

Batas kadar gula darah yang normal adalah berkisar antara 70mg sampai 120mg. Dan berbagai nutrisi yang terkandung dalam daun sirsak mampu menstabilkan kadar gula dalam darah. Selain itu, ekstark daun sirsak juga merupakan obat herbal alami untuk mengobati diabetes. Cara menggunakannya: ambil 2 sampai 5 helai daun sirsak, kemudian bersihkan menggunakan air bersih. Rebuslah daun sirsak yang sudah bersih dengan 3 gelas air hangat, dan biarkan sampai menjadi 1 gelas. Minumlah ramuan ini secara rutin pagi dan malam hari untuk mengobati diabetes anda.

2.Pengobatan Asam Urat

Kebanyakan obat alternatif untuk mengobati asam urat adalah menggunakan daun sirsak, caranya: rebus 6 sampai 10 helai daun sirsak yang sudah tua (yang masih berwarna hijau) dengan 2 gelas air dan biarkan sampai menjadi satu gelas, minumlah ramuan ini secara rutin pagi dan sore untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

3.Melawan Sel Kanker

Ini adalah salah satu hal yang membuat daun sirsak menjadi sangat fenomenal, yaitu dikarenakan salah satu manfaatnya yang dapat melawan sel kanker. Daun sirsak sangat baik dijadikan sebagai obat alternatif melawan kanker karna tidak mengeluarkan biaya dan tidak menimbulkan efek samping, beda dengan kemotrapi yang menghabiskan banyak uang serta banyak menimbulkan efek samping. Cara menggunakannya: (untuk pengobatan) rebuslah 10 lembar daun sirsak dalam 3 gelas air mendiih dan diamkan sampai menjadi 1 gelas, saring dan minumlah ramuan ini setiap pagi selama 3 sampai 4 minggu untuk melihat efek perbaikan tubuh anda.

4.Pengobatan Sakit Punggung

Sakit punngung sering dialami oleh semua orang terutama seseorang yang bekerja dalam keadaan duduk di waktu yang lama. Mengkonsumsi obat-obatan kimia untuk menghilangkan sakit punggung tentunya akan menimbulkan efek samping, sehingga daun sirsak merupakan solusi terbaik untuk mengobati sakit punggung. Caranya: rebuslah 20 lembar  daun sirsak dengan 5 gelas air mendidih dan biarkan sampai menjadi 3 gelas, minumlah ¾ ramuan ini secara rutin pada pagi hari untuk mengobati sakit punggung yang sedang anda derita.

5.Mengatasi Rematik

Rematik biasanya dialami oleh seseorang yang sudah lanjut usia, rematik menyebabkan rasa sakit yang luar biasa yang biasa disebut nyeri arthritis. Daun sirsak adalah obat alami untuk mengalami nyeri arthritis tersebut. Cara menggunakannya: haluskan beberapa lembar daun sirsak dan oleskan pada bagian tubuh yang terkena nyeri arthritis secara teratur dua kali sehari. Diamkan selama beberpa menit sampai kandungan dalam daun sirsak dapat meresap dengan baik.

6.Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh dan Mencegah Infeksi

Beberapa kandungan nutrisi yang terdapat dalam daun sirsak dipercaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menghindari infeksi pada tubuh manusia. Cara menggunakannya: rebus 4-5 lembar daun sirsak menggunakan 4 gelas air yang mendidih dan diamkan sampai tersisa 1 gelas, minum ramuan ini sehari sekali untuk menjaga kesehatan tubuh anda.

7.Mengobati Bisul

Daun sirsak dapat mengobati salah satu masalah kulit yaitu bisul. Cara menggunakannya: ambil beberapa helai daun sirsak yang masih muda, tumbuk dan tempelkan pada bagian tubuh yang sedang bisulan, tunggu sampai daun sirsak tadi mengering kemudian bersihkan bekasnya menggunakan air bersih

8.Mengobati Eksim

Salah satu lagi masalah pada kulit yang dapat diatasi menggunakan daun sirsak adalah eksim. Eksim adalah salah satu istilah yang digunakan untuk kelainan kulit atau penyakit kulit. Eksim menimbulkan rasa gatal yang sangat pada kulit, dan salah satu bahan alami yang mampu mengibatinya adalah daun sirsak. Caranya: haluskan beberapa lembar daun sirsak lalu tempelkan pada bagian kulit yang terkena eksim, diamkan sebentar lalu bilas menggunakan air bersih. Lakukan cara ini secara rutin 2 kali sehari agar eksim yang ada pada kulit anda cepat menghilang.

9.Mengatasi Ketombe

Daun sirsak juga dapat digunakan untuk mengusir ketombe yang ada pada kulit kepala, caranya oles-oleskan daun sirsak yang sudah ditumbuk halus pada kulit kepala yang berketombe, diamkan sejenak lalu keramasi rambut anda menggunakan shampoo.

10.Menghilangkan Kutu

Daun sirsak memiliki manfaat untuk menghilangkan parasit yang tumbuh pada kepala seperti ketombe dan kutu. Cara penggunaanya: rebus daun sirsak selama 10-20 menit, gunakan air rebusan daun sirsak tersebut untuk keramas, lakukan cara ini secara rutin agar kutu yang ada di kepala anda cepat menghilang.

Sekian beberapa cara menggunakan daun sirsak untuk kesehatan  dan rambut berikut, selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Gravatar Image
Nama saya Fatka Safina Aulia Fanesta, biasa dipanggil Fatka. Saya lahir di tengah keluarga yang biasa-biasa saja, namun saya bercita-cita menjadi seorang filmmaker yang terkenal. Bekerja keras, terus mencari peluang, dan selalu berusaha mencintai pekerjaan adalah motto saya.

Leave a Reply