5 Tips Memberikan Motivasi kepada Teman

Posted on

Semua orang yang ada di dunia pastinya pernah memiliki teman serta ingin memiliki teman. Memiliki teman bukanlah hanya untuk bersenang senang saja tapi juga harus menjerumus pada hal yang baik. Siapa yang di sini tidak mau memiliki teman yang dapat menjadi tempat curhat saat kita sedang mempunyai masalah, menjadi pendukung saat kita sedang membutuhkan dukungan, serta menjadi seseorang yang selalu ada dimana saja.

Teman adalah bagian yang terpenting dalam kehidupan bersosialisasi. Sebagai seseorang yang membutuhkan teman, kita tidak perlu pusing untuk bagaimana cara menjadi teman yang baik. Sebaiknya, saat kita mempunyai teman yang baik, kita juga harus menjadi teman yang baik pula supaya kita dapat memberikan sebuah motivasi yang baik pada teman sesame kita.

Berikut merupakan 5 tips memberikan motivasi kepada teman, antara lain:

  1. Selalu ada untuk anda

Teman yang baik merupakan teman yang akan selalu ada untuk membantu kapanpun kita meminta. Ada maksudnya bukan hanya soal membantu saja. Setiap orang pasti membutuhkan orang lain di mana saja posisi orang tersebut berada. Sesekali anda pasti membutuhkan pemimpin, seorang pendamping, serta membutuhkan seorang yang dapat menjadi pendorong.

Teman yang baik yaitu teman yang dapat menempati ketiga posisi tersebut kapanpun dia dibutuhkan. Saat anda berkeinginan dapat menjadi teman yang baik, maka anda harus mengetahui di mana serta kapan anda harus memposisikan diri anda sebagai seorang pemimpin, pendamping serta pendorong. Caranya yaitu dengan cara memperhatikan teman anda secra baik baik.

  1. Menjadi seorang pendengar yang baik

Pasti semua orang dapat berbicara dengan mudah di depan umum. Semua orang bisa dengan mudah berbicara pada orang lain. Tetapi, sangat jarang orang yang dapat memposisikan dirinya menjadi pendengar yang baik. Teman yang baik yaitu teman yang bisa menjadi pendengar yang baik pula. Maka saat anda ingin menjadi teman yang baik untuk teman anda maka jadilah seorang pendengar yang baik.

Saat mereka bercerita maka dengarkanlah secara seksama, jika dibutuhkan maka berbicaralah pada waktu yang tepat. Ada beberapa hal saat teman anda ingin didengarkan dan tidak mau mendapat timbal balik dari anda selain perhatian untuk mendengarkannya saja. Saat anda mampu untuk menjadi pendengar yang baik, maka jadilah teman yang dapat menjadi pemerhati yang baik, hingga anda akan mengetahui dimana, kapan, serta baaimana anda memposisikan diri saat teman anda sedang membutuhkan anda.

  1. Berteman tanpa pamrih

Pertemanan itu harus dibangun tanpa ada rasa pamrih. Jangan pernah terbayang dalam pikiran anda untuk berteman dengan seseorang hanya untuk mendapatkan sesuatu darinya. Bertemanlah dengan tulus tanpa ada rasa pamrih sedikitpun. Apabila anda berteman mempunyai rasa pamrih, maka anda tidak bisa mengetahui bagaimana teman anda secara keseluruhan serta anda tidak akan menjadi teman yang baik.bertemanlah secara ikhlas dan tidak mengharap apapun darinya. Sebab hal tersebut dapat membuat anda mengetahui jika sebuah hubungan pertemanan itu sangatlah manyenangkan serta dapat emmbuat hidup lebih berwarna.

  1. Kenalilah sumber sumber motivasi teman anda

Langkah pertama sebelum anda memotivasi teman anda, anda harus lebih tahu terlebih dahulu hal yang dapat membuat teman anda termotivasi. Apa yang dapat membuat dia berjuang dan bersedia melakukan apapun itu. Yang hanya anda lakukan hanyalah meyakinkannya. Biasanya teman anda berada dalam posisi ragu ragu maka anda harus meyakinkan dia sampai dia yakin bahwa jalan yang telah diambilnya merupakan jalan yang tepat. Untuk sampai ke titik itu kenalilah terlebih dahulu sumber sumber yang dapat memotivasi teman anda.

  1. Pahamilah teman anda

Saat anda mau memotivasi teman anda tentunya anda harus memahami teman anda terlebih dahulu. Apabila anda sama sekali tidak dapat memahami teman anda, maka anda tidak akan mungkin dapat memberikannya saran yang tepat kepada teman anda tersebut. Hal tesebut dapat berakibat fatal bagi teman anda.

Oleh karena itu, proses menjadi teman yang baik harus anda lewati, hingga anda dapat mengenal dengan baik teman anda dan akhirnya anda dapat memotivasi teman anda dengan baik serta dapat membantu teman anda untuk mencari cara menenangkan hati serta pikiran saat mengalami suatu masalah.

Demikian artikel tentang 5 tips memberikan motivasi kepada teman semoga bermanfaat dan dapat menjadi wawasan tersendiri bagi anda, terima kasih.

Gravatar Image
Saya adalah orang yang pantang menyerah. Apapun tantangan yang dihadapi seberat apapun tantangan itu SAYA akan selalu siap menghadapinya. Untuk itu jangan gampang putus asa.

Leave a Reply