OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Makan Teratur ! Sudahkan Anda Melakukannya

Posted on

Makan teratur itu sangatlah penting bagi kesehatn tubuh kita dan itu harus dibiasakan, karena kalau tidak dibiasakan akan menimbulkan berbagai macam penyakit. Dan waktu makan yang paling sering di lewatkan adalah pada saat sarapan. Kenapa demikian, karena kebanyakan orang menganggap bahwa sarapan itu tidaklah terlalu penting, dan lebih memilih beraktivitas, seperti halnya berangkat kerja pagi buta ataupun melakukan kegiatan lainnya.

Makan Teratur!

 

Makan tepat waktu juga merujuk pada 3 kali konsep makan dalam sehari, yaitu sarapan, makan siang dan makan malam. Pda saat kalian makan, janganlah anda makan setelah anda merasa benar-benar lapar. Aturan jam makan itu seperti sarapan jam 06.00-08.00, makan siang jam 12.00-13.00 dan makan malam jam 18.00-20.00. Jika dalam kondisi tertentu anda disarankan menambah jumlah makan anda sebelum ataupun sesudah olahraga. Anda jangan khawatir dengan banyaknya frekuensi makan anda, karena jika pilihannya tepat, asupan kalori tetap bisa ditekan sambil memaksimalkan asupan gizi penting anda, seperti protein, lemak esensial vitamin dan mineral. Dan anda akan tetap sehat sepanjang waktu.

Dan berikut ini adalah hal-hal yang bisa terjadi jika anda melompati jam makan anda:

  • Perubahan hormon

Jika anda melewatkan waktu makan anda , maka keseimbagan hormone yang ada dalam diri anda juga terpengaruh. Hal ini di karenakan kortisol anda meningkat membuat tegang. Dan perubahan hormon ini juga berkontribusi terhadap peningkatan berat badan anda.

  • Masalah pencernaan

Anda disarankan makan 3 kali sehari dengan menu yang sehat. Hal ini bertujuan agar fungsi pencernaan anda menjadi sehat.

  • Fluktuasi glukosa dalam tubuh

Fluktuasi glukosa yang ada di dalam tubuh anda akan terpengaruh saat anda makan secara tidak teratur. Hal ini menimbulkan kenaikan berat badan dan beresiko tinggi untuk terkena diabetes.

  • Mempengaruhi kebiasaan makan

Jika anda melompati jam makan anda, tentunya anda akan mempengaruhi kebiasaan makan anda. Oleh karena itu jaganlah sesekali anda mencoba melompati waktu makan anda.

  • Kenaikan berat badan

Jika anda merasa ingin menurunkan berat badan anda dengan melakukan melompati jam makan anda, maka anda salah. Sebab jika kebiasaan tersebut dilakukan akan menimbulkan kekacauan sistem tubuh anda dan berakhir dengan kenaikan berat badan.

  • Mood swing

Apakah anda pernah merasakan marah saat lapar? Hal tersebut ini menjadi salah satu akibat dari kebiasaan anda sering melompati jam makan.

  • Mudah lelah

Makan tidak teratur juga akan memperlambat sistem metabolisme pada tubuh anda dan mampu membuat anda menjadi lebih mudah merasa lelah. Hal ini di karenakan mempengaruhi fungsi normal dari keseluruhan sistem kesehatan tubuh anda.

  • Penurunan kesehatan otak

Glukosa memberi bahan bakar pada otak anda. Oleh karena itu saat anda melewati jam makan, glukosa yang ada di dalam tubuh anda akan berkurang dan otak anda tidak bisa berfungsi dengan baik.

  • Komplikasi diabetes

Jika anda pasien diabetes, melewati jam makan itu kan berdampak serius pada keshatan tubuh anda. Kekurangan glukosa akan menimbulkan penyakit anda lebih parah.

  • Makan lebih banyak

Saat anda melompati jam makan anda, tak jarang anda akan ‘balas dendam’ di waktu makan berikutnya. Hal seperti ini tentu saja akan berbahaya sebab perut anda yang kosong akan langsung bekerja keras mencerna makan yang akan masuk dalam jumlah yang banyak.

Dan itulah beberapa hal berbahaya yang tersimpan saat anda melewatkan jam makan anda. Dan anda akan menjadi lebih kurus atau tidak berdampak apapun pada kesehatan anda.

Gravatar Image
Fitri Aulia Rahmah, itulah nama yang dikasih dari kedua orangtua saya. Hidup Adalah Pilihan! Seperti halnya memilih jurusan saat kita mau masuk sekolah, dengan pilihan yang kita pilih itu akan membawa kita ke dalam dunia yang sebenarnya atau dunia yang akan kita hadapi nantinya.

Leave a Reply