Cybercrime Si Jahat Dunia Maya
Cybercrime Si Jahat Dunia Maya

Waspada Cybercrime! Kejahatan Dunia Maya Yang Lebih Jahat Dari Dunia Nyata

Posted on

Dengan berkembangnya teknologi informatika yang semakin pesat, melahirkan sesuatu fenomenal dalam sebuah kehidupan. Sebuah teknologi canggih yang membuat sebuah perubahan baru didunia ini. Pastilah kalian sudah tidak asing dengan istilah Internet, teknologi yang sangat memudahkan pekerjaan manusia dengan kemudahan akses yang diberikan membuat setiap orang tidak hanya sekedar berkomunikasi tetapi juga bisa melakukan transaksi bisnis dimanapun dan kapanpun.Dan dengan adanya teknologi itu melahirkan teknologi WAP yang memungkinkan bisa mengakses internet lewat telepon genggam. Tidak hanya internet saja yang dapat diakses lewat WAP, membayar rekenaing bank dan memesan tiketpun dapat dilakukan dengan mudah tanpa harus repot-repot datang ke sana. Itulah kemdahan yang ditawarkan oleh teknologi saat ini.

Kejahatan Cyber Yang Menyeramkan
Kejahatan Cyber Yang Menyeramkan

Dengan berkembangya internet didunia dengan beragam manfaat yang ditawarkan, ternyata juga membawa dampat negatif, dan membuka peluang timbulnya tindakan-tindakan kejahatan anti sosial dan kejahatan yang dianggap tidak mungkin terjadi. Seperti sebuah teori yang mengungkapkan bahwa masyarakat itu sendiri yang berpeluang melahirkan sebuah kejahatan. Semakin tinggi tingkat intelektual sebuah masyarakat, maka semakin canggih pula kejahatan yang mungkin terjadi.

Lalu apa hubungannya dengan cybercrime? Dan apa itu cybercrime? Kejahatan yang lahir karena dampak negatif perkembangan aplikasi internet disebut cybercrime. Nah, sudah tau kan, apa itu cybercrime. Nah, sekarang kita cari tau lebih dalam tentang cybercrime.

Dampak Negatif Internet
Dampak Negatif Internet

Telah kita ketahui bersama bahwa cybercrime merupakan kejahatan yang ditimbulkan karena dampak negatif internet, bahwa kejahatan dibidang komputer adalah termasuk sebagai penggunaan komputer secara ilegal dan sudah termasuk kejahatan. Nah, dapat disimpulkan bahwa cybercrime merupakan bentuk perlawanan pada hukum dengan menggunakan sarana komputer yang canggih  yang dijadikan objek, demi memperoleh keuntugan pribadi dan pastilah akan merugikan pihak lain.

Pelaku Kejahatan Cyber Yang Bersembunyi Dibalik Topeng
Pelaku Kejahatan Cyber Yang Bersembunyi Dibalik Topeng

Internet yang merupakan bentuk rekayasa teknologi tidak hanya menggunakan teknologi  komputer yang super canggih, tapi juga secara tidak langsung dalam pengoperasiannya menggunakan teknologi telekomunikasi. Dan kemampuan internet semakin canggih saja saat sudah memasuki generasi kedua, sehingga peralatan yang memiliki kemampuan akses internet yang lebih canggih datang menggantikan perangkat komputer konvensional. Nah ,dengan adanya hal tersebut timbulah upaya untuk mempertluas tentang pengertian internet sehingga dapat mencangkupi segala kejahatan yang dilakukan di internet yang menggunakan peralatan apapun.

Dibawah ini merupakan beberapa bentuk Cybercrime yang merupakan kejahatan yang dilakukan berbasis utama komputer dan juga menggunakan jaringan telekomunikasi dan dalam prakteknya dikelompokkan dalam bebearapa kelompok, diantaranya:

  1. Unnauthorized Acces to Computer System And Service

Kejahatan ini dilakukan dengan menyusup kedalam system jaringan suatu komputer secara tidak sah atau dengan cara ilegal. Biasanya pelaku melakukannya dengan tujuan menyabotase atau dengan maksud mencari informasi yang dianggap penting dan rahasia. Tapi ada juga yang berniat melakukan kejahatan ini karena meras tertantang untuk mencoba keahlian yang dia miliki un tuk menembus suatu sistem yang memiliki proteksi tinggi.

  1. Illegall Contents

Yaitu kejahatan dengan cara memasukkan data dan informasi kedalam internet tentang sesuatu yang salah dan juga dapat dianggap sebagai pelanggaran hukum dan dapat mengganggu ketertiban umum.

  1. Data Forgerry

Kejahatan ini merupakan jenis kejahatan dengan cara memalsukan data pada dokumen penting yang tersimpan sebagai scriptles document mellalui internet.

  1. Cyber Espionnage

Kajahatan yang satu ini memanfatkan jaringan internet untuk melakukan mata-mata pada pihak lain, dan dilakukan dengan memasuki jaringan komputer sasaran

  1. Cyber Sabottage and Extortions

Dan kejahatan yang satu ini dengan membuat gangguan pada suatu data, program/ sistem  jaringan komputer yang terhubung dengan internet. Biasanya kejahatan yang satu ini dilakukan dengan menyusupkan virus komputer atau program tertentu, menimbulkan program tersebut tdak dapat digunakan lagi. Dan kejahatan jenis ini sering dikatakan sebagai cyber terorism.

Nah, itulah sedikit informasi tentang Cybercrime. Lebih berhati-hatilah dengan teknologi masa kini yang semakin berkembang pesat, jaga informasi pribadimu supaya kamu tidak sampai terkena kejahatan cyber.

Sedikit informasi dari kami tentang kejahatan cyber yang faktanya lebih menyeramkan dari pada kejahatan biasa. Semoga bermanfaat!

Gravatar Image
Mimpimu hari ini akan menjadi kenyataan di hari esok. Inilah prinsip yang saya pegang sampai sekarang dan memacu semangat saya supaya terus berkembang..Tetap semangat jadi yang terbaik diantara yang baik baik

Leave a Reply