Jangan Hanya Menjadi Perempuan Muslimah Saja Tapi Juga Sholihah

Posted on

Perempuan adalah salah satu mahkluk yang diciptakan oleh Allah yang mulia. Karakter perempuan berbeda dengan karakter laki-laki dalam beberapa hukum contohnya aurat. Aurat perempuan berbeda dengan aurat laki-laki, perempuan itu memiliki kedudukan yang agung di hadapan Allah. Agama islam sangat menjaga harkat, martabat seorang perempuan. Perempuan yang mulia dalam ajaran islam adalah perempuan muslimah yang sholihah.

Perempuan muslimah itu tidak cukup hanya dengan muslimah saja, tetapi harus benar-benar perempuan muslimah karena sudah banyak perempuan muslimah yang tidak sholihah. Allah benar-benar sangat memuji pada wanita muslimah, khusyuk dan mu’minah yang sabar. Bahkan Allah juga mensifati perempuan muslimah sebagai para pemelihara yang taat. Allah pernah berfirman dalam surat An-Nisa ayat 34 yang berbunyi: “Maka perempuan sholihah adalah perempuan yang taat, lagi memelihara diri ketika suaminya tidak ada di sampinya dikarenakan Allah telah menjaganya”

perempuan-muslimah

Perempuan yang sholihah adalah idaman banyak orang. Harta yang paling berharga ini, sebaik-baiknya perhiasaan. Nabi juga pernah bersabda yang berbunyi: “Dunia seluruhnya ini adalah perhiasaan. Dan sebaik-baiknya perhiasaan dunia adalah perempuan yang sholihah”

Tentunya akan menjadi indah jika setiap muslimah menjadi perempuan yang sholihah, idaman para suami. Maka dari itu, untuk kamu seorang perempuan. Bergegaslah untuk memperbaiki diri dan akhlaq agar kamu bisa menjadi perempuan yang sholihah. Oleh karena itu kamu mengerti apa saja sifat dan ciri-ciri perempuan yang sholihah. Pengen tahu kan? Yuk, simak!

  1. Perempuan muslimah ialah perempuan yang beriman pada Allah. Ia adalah mengetahui banhwa Allah adalah Tuhannya dan Nabi Muhammad adalah Nabinya, serta islam adalah pedoman dalam hidupnya. Dampak yang seperti itu akan terlihat jelas dalam perkataan, amalan dan perbuatannya. Ia akan menjauhi apa yang akan membuat Allah murka, ia takut dengan siksa Allah yang sangat pedih dan ia juga tidak menyimpang dari aturan Allah.
  2. Perempuan yang muslimah akan menjaga sholat lima waktunya dengan wudhu, khusyu’ dalam menjalankannya, dan akan mendirikan sholat dengan tepat waktu. Sehingga tidak aka nada seseuatupun yang menyibukannya dari sholat. Tidak akan ada sesuatu pun yang dapat melalaikan dari ibadahnya kepada Allah sehingga bisa terlihat jelas padanya buah sholat itu. Sebab dengan sholat bisa mencegah perbuatan keji dan munkar serta menjadi benteng deri perbuatan maksiat.
  3. Perempuan muslimah ialah yang bisa menjaga jilbabnya dengan rasa senang hati. Sehingga ia tidak akan keluar kecuali dengan berjilbab rapi, mencari perlindungan dari Allah dan bersyukur kepada Allah dengan atas kehormatan yang telah diberikan dengan adanya hukum menggunakan jilbab.
  4. Perempuan yang muslimah akan menjaga ketaatannya kepada suami, mengajak pada kebaikan, akan menasihati, mencoba memelihara kesejahteraan, tidak akan mengeraskan suara dan perkataan kepada suaminya. Dan juga tidak akan menyakiti hatinya.
  5. Perempuan yang muslimah akan mendidik anaknya agar taat kepada Allah, mengajarkan kepada anaknya aqidah yang benar, menanamkan pada hati anaknya agar cinta pada Allah dan Rasulnya, menjauhkan segala jenis kemaksiatan dan perilaku yang tercela.
  6. Perempuan yang muslimah tidak berduaan dengan laki-laki yang bukan mahramnya. Ia tidak akan berpergian yang jauh kecuali dengan yang mahramnya. Dan ia juga tidak boleh menghadiri pasar dan tempat yang umum kecuali mendesak. Kalau mendatangi pun juga harus memakai hijab.
  7. Perempuan yang muslimah tidak menyerupai laki-laki dalam hal yang menjadi ciri-ciri mereka. Dan juga ia tidak menyerupai perempuan kafir dalam hal yang menjadi ciri khusus mereka, baik dalam hal berpakaian, maupun tingkah laku dan gerak-geriknya.
  8. Perempuan yang muslimah akan mengajak perempuan yang lain menuju ke jalan Allah dengan perkataan yang baik. Baik dengan berkunjung ke rumahnya, berhubungan lewat telfon maupun lewat sms dengan saudara-saudaranya. Selain itu, dia bisa mengamalkan apa yang sudah dikatakan serta ia berusaha untuk menyelamatkan diri dan keluarganya dari siksaan Allah.
  9. Perempuan yang muslimah bisa menjaga hatinya dari syubhat dan juga syahwatnya. Bisa memelihara matanya dari memandang yang haram. Dan ia juga bisa menjaga farjinya, memelihara telinga dari pendengaran perbuatan dosa dan nyanyian, dia bisa menjaga tubuhnya dari penyelewengan. Mengertilah, hal yang seperti itu adalah takwa.
  10. Perempuan yang muslimah juga bisa menjaga waktunya agar waktunya tidak terbuang dengan sia-sia, baik di waktu siang maupun waktu malam. Maka ia akan menjauhkan dirinya dari mengadu domba, menggunjing, mencaci dan hal yang tidak berguna baginya.
Gravatar Image
Saya memiliki imajinasi yang cukup tinggi dan saya memiliki cita-cita untuk menjadi pengusaha muda. Selain itu saya juga memiliki keinginan untuk memberikan yang terbaik untuk ayah dan ibu.

Leave a Reply