10 November di Peringati Sebagai Hari Pahlawan

Posted on

Sudah menjadi sejarah bagi Negara Indonesia semenjak 67 tahun yang lalu. Para pahlawan memperjuangkan Indonesia, mereka mempertaruhkan jiwa raga untuk Indonesia. Sejak itulah tanggal 10 November di peringati sebagai hari Pahlawan. Namun, apakah kalian hanya memperingatinya saja? Jiwa-jiwa pahlawan mereka sudah sangat sulit untuk ditemui. Sedikit membuka, bagaimana sejarah peristiwa 10 November terjadi?

Peristiwa 10 November ialah peristiwa perang antara Indonesia melawan Belanda. Pada tanggal 1 maret 1942, tentara dari Jepang mendarat di Pula Jawa, dan 7 hari kemudian, yaitu tanggal 8 maret pemerintah kolonial Belanda menyerah dengan tanpa syarat. Sejak itulah, Indonesia diduduki oleh Jepang.

war3

Tiga tahun kemudian, Jepang menyerag dengan tanpa syarat kepada sekutu setelah dijatuhkan bom atom oleh Amerika Serikat di Hiroshima dan Nagasaki. Peristiwa itu terjadi pada Agustus 1945. Mengisi kekosongan, Indonesia memproklamasikan kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945. Sebelum dilucuti oleh para sekutu, rakyat dan para pejuang Indonesia berupaya untuk melucuti senjata para tentara Jepang. Lalu timbulah pertempuran-pertempuran yang memakan banyak korban. Ketika gerakan melucuti pasukan Jepang sedang berkobar, tentara Inggris mendarat di Jakarta, kemudian ia mendarat di Surabaya. Tentara Inggris datang pada Indonesia atas keputusan dan atas nama Sekutu, dengan tugas untuk melucuti tentara Jepang, membebaskan para tawanan, dan juga memulangkan tentara Jepang. Selain itu, tentara Inggris membawa misi untuk mengembalikan Indonesia kepada pemerintah Belanda.

Di kota Surabaya, dikibarkan bendara Belanda, Merah-Putih Biru, di Hotel Yamato, yang menyulut berkobarnya bentrokan bersenjata diantaraInggris dengan badan perjuangan yang dibentuk rakyat. Selain itu, banyak organisasi perjuangan yang telah dibentuk oleh masyarakat. Termasuk untuk kalangan pemuda, pelajar dan mahasiswa. Badan perjuangan itu muncul sebagai manifestasi tekad bersama untuk replublik yang mudah, untuk melucuti para pasukan Jepang, dan untuk mentang masuknya kolonialisme Belanda.

Pada tanggal 10 November, tentara Inggris melancarkan serangan besar-besaran dan sangat dasyat sekali, dengan mengarahkan 30.000 serdadu, 50 pesawat terbang, dan kapal besar untuk perang.

Peristiwa berdarah yang ada di Surabaya ketika itu juga telah menggerakkan perlawanan rakyat seluruh Indonesia untuk mengusir para penjajahan dan mempertahankan kemerdekaan. Karna banyaknya pejuang yang gugur dan rakyat yang menjadi korban ketika itukah 10 November di kenang sebagai Hari Pahlawan

Gravatar Image
Saya memiliki imajinasi yang cukup tinggi dan saya memiliki cita-cita untuk menjadi pengusaha muda. Selain itu saya juga memiliki keinginan untuk memberikan yang terbaik untuk ayah dan ibu.

Leave a Reply