Makanan Penambah Cairan Tubuh

Posted on

Cara cepat untuk mengembalikan ion tubuh merupakan cara termudah dan merupakan salah satu pertolongan pertama untuk mencegah agar tubuh tidak mengalami gangguan pada keseimbangan tubuh. Ion tubuh merupakan komposisi cairan yang  bekerja sebagai bahan bakar utama yang dapat mengaktifkan atau menjalankan semua jaringan organ tubuh termasuk otot, saraf, tulang, darah dan pembuluh darah yang ada dalam tubuh kita, yang mana seluruh anggota tubuh mampu bekerja dengan sebagaimana mestinya. Sehingga seseorang bisa melakukan aktivitasnya tanpa harus khawatir akan muncul nya kesehatan.

Ion tubuh berhubungan erat dengan kualitas fisik seseorang.

Manusia akan melakukan aktifitas sehari- harinya dengan energy dan kekuatan fisiknya. Meskipun seseorang oitu memiliki bentuk tubuh yang sangat besar, namun jika ia kehilangan banyak ion yang ada di dalam tubuh nya maka ia tidak akan mampu menyelesaikan pekerjaannnya dalam keadaan konsentrasi. Ion tubuh itu di ibaratkan sebagai mesin penggerak, yang di mana tubuh akan dapat melakukan berbagai macam kegiatan yang memerlukan lebih banyak energy. Kondisi seperti ini berhubungan dengan kualitas fisik dan berhubungan erat dengan cara berfikirnya. Jika semakin baik kondisi ion tubuh seseorang maka ia akan terhindar dari dehidrasi yang dapat memicu hilangnya imunitas seseorang.

Telah banyak orang yang telah mengetahui bahwa tubuh kita membutuhkan ion dalam jumlah yang cukup setiap harinya, agar tubuh kita selalu berada dalam kondisi terbaiknya, nmaun sedikit orang yang bisa memahami kondisi tersebut. berikut ini beberapa jenis jenis ion yang baik untuk tubuh.

  1. Natrium

Ion natrium adalah ion positif yang sepenuh nya di aktoifkan sekaligus di atur oleh mekanisme hemeostosis, yang bermanfaat untuk menstabilkan kadar asam, basa, dan air yang terdapat pada jaringan pancreas, empedu, serta pengeluaran cairan melalui pori- pori kulit. Semua itu sangat berhubungan erat dengan kelancaran penyerapan karbohidrat dalam tubuh yang di hasilkan dari makanan yang telah kita konsumsi.

 

Ion kalsium merupakan ion logam yang relative paling banyak yang berada di semua jaringan tubuh manusia termasuk oksigen, air, dan natrium. Ion kalsium bermanfaat untuk memperkuat daya tahan tubuh, dan tualng rawan. Ion kalsium ini sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita yaitu untuk memperkuat jaringan tulang, jaringan gigi dan juga jaringan otot. Dapat menstabilakna metabolism tubuh, memperlancar fungsi jantung, dan sebagainya.

 

  1. Kalium

Ion kalium merupakan ion yang banyak terdapat pada larutan garam. Ion kalium ini bermanfaat untuk memperlancar pertumbuhan dan kesehatan sel-sel pada tubuh, menstabilkan asam basa dalam tubuh, mengontrol masalah reaksi biokimia yang terdapat dalam tubuh. Dan lain lain.

 

  1. Magnesium

Ion magnesium merupakan cairan mineral alami yang sangat baik untuk menjaga stamina dan menjaga ketersediaan energi dalam tubuh sehingga tubuh tidak mudah lelah saat beraktifitas. Magnesium inni sangat berperan besar dalam hal pencegahan tubuh karena kekurangan ion tubuh dalam jumlah yang cukup banyak. Magnesium ini memiliki sifat seperti garam yang juga mengandung mineral tinggi yang mengandung cairan elektrolit yang sesuai dengan komposisi cairan yang ada dalam tubuh kita.

 

makanan penambah ion tubuh
makanan penambah ion tubuh

 

Cairan tubuh yang mudah hilang ketika kita beraktivitas. Bahkan cairan tubuh bisa hilang hanya karena kita sedang terserang diare yang terus menerus mengeluarkan buang air besar yang hal inni akan membuat cairan tubuh hilang dan kondisi tubuh akan menjadi lemah. Pada kondisi tersebut dapat di atasi dengan air putih yang di campur kan dengan garan dan juga sedikit gula. Dan berikut ini beberapa makanan yang dapat di guanakan untuk menambah cairan tubuh

 

  1. Air kelapa

Air kelapa sama baiknya jika tubuh dalam kondisi lelah dan berkeringat. Keringat yang keluar merupakan salah satu indikasi yang membuktikan bahwa tubuh kehilangan ion. Air kelapa ini bersifat menyegarkan dan mampu di gunakan sebagai pengganti ion tubuh ynag hilang, hal ini di karenakan air kelapa yang memiliki kandungan nutrisi yang sama dengan cairan yang ada dalam tubuh.

 

  1. Air lemon, apel dan daun seledri

Anda bisa membuat ramuan untuk meningkatkan ion tubuh anda dengan cara haluskan buah apel, seledri dan juga air lemon. Kemudian saringlah. Setelah itu anda dapat meminumnya 1 kali pada setiap harinya. Maka tubuh anda tidak akan mudah lelah dan mengantuk karena kekurangan cairan tubuh.

 

  1. Pisang

Buah pisang memiliki kandungan kalium yang paling tinggi di bandingkan dengan buah- buah yang lain. Kalium tersebut dapat berfungsi sebagai ion positif cairan tubuh yang hilang akibat aktivitas kita yang memerlukan energy lebih. Dengan mengkonsumsi pisang juga dapat menahan rasa lapar yang lebih lama hal ini dapat memperlambat metabolism tubuh, agar tubuh tetap dalam keadaan sehat berenergi.

 

  1. Buah kiwi

Buah ini mengandung vitamin C dan kalium yang sangat tinggi sehingga mampu berfungsi sebagai ion positif  sebagai pengganti cairan tubuh yang hilang. Ketiak kita haus tidak ada salah nya kita mengkonsumsi buah kiwi, maka rasa haus tersebut akan segera hilang serta dapat mengembalikan stamina tubuh. Dengan mengkonsumsi buah kiwi saat tubuh dalam keadaan lelah, hal ini sangat di anjurkan agar penurunan kekebalan tubuh dapat di cegahh.

 

Bayam baik bagi anak yang cenderunng membutuhkan lebih banyak aktifitas pada fisik.

Seorang yang senang makan sayur bayam, hal ini sangat baik untuk kesehatn tubuh kita. Terutama ketika tubuh kita kekurangan cairan tubuh. Selain untuk orang dewasa kalium, magnesium, zat besi, dan mineral lainnya yang ada di dalamnya sangat baik bagi kesehatan tubuh anak yang cenderung lebih banyak memiliki aktifitas fisik yang berlebih.

Gravatar Image
. Menurut kebanyakan orang yang belum mengenal saya, mereka menilai saya orang yang pendiam. pada kenyataanya saya adalah orang yang cukup cerewet.

Leave a Reply