Cara Menghilangkan Cemburu Berlebih

Cara Menghilangkan Cemburu yang Berlebihan

Posted on

Setiap orang hampir bisa dipastikan pernah mengalami cemburu. Karena cemburu itu merupakan emosi yang masih normal. Tapi, sama seperti saat keadaan marah, emosi ini sering kali juga sulit dikendalikan dan menyakitkan. Bahkan, emosi jenis ini (cemburu) bisa jadi masalah di dalam kehidupan kita. Biasanya, cemburu melibatkan sebuah hubungan. Bukan hanya hubungan romantis, hubungan persahabatan dan kekeluargaan kemungkinan juga bisaterlibat rasa cemburu didalamnya.

Perlu kita tahu ada beberapa ciri yang biasanya muncul saat seseorang sedang cemburu. Orang yang sedang cemburu biasanya merasa bahwa dirinya terancam tersaingi oleh orang lain. Bahkan dirinya merasa seakan-akan tersingkirkan oleh orang yang dekat dengannya karena ada hal lain yang menggantikannya, dan lain-lain. Terutama didalam sebuah hubungan perasaan cemburu sering kali muncul. Berikut adalah beberapa ciri-cirinya:

  • Marah-marah
  • Cemas hingga melarang-larang
  • Perasaannya terancam
  • Sedih bahkan menangis
  • Menjadi sensitif
  • Senang mengalihkan perhatian
  • Tindakannya menjadi ekstrim
  • Merasa tidak dianggap, dan lain-lain.

Jika rasa cemburumu menimbuakan masalah dalam hidupmu, maka kamu harus menyatakan tiga hal dalam dirimu bahwa:

  • Cemburuku tidak mengganggu hidupku
  • Cemburuku masih bisa terkendali
  • Cemburu tidak sampai menyakiti orang lain

Setelah menyatakan ketiga hal itu, maka cemburu yang kamu miliki tidak akan mengganggu kehidupan normalmu dan tidak akan menjadikan masalah dalam hidupmu. Para ahli pun menyarankan untuk mencoba terapi untuk menangani masalah kita jika kita tidak mampu mengatasinya sendiri. Karena jika hal itu dibiarkan, maka bisa mengganggu kehidupan sehari-hari hingga mengakibatkan masalah kesehatan. Kamu pasti juga tidak ingin selalu hidup dengan rasa cemburu.

Dan tidak hanya itu, ternyata cemburu yang berlebih juga dapat menimbulakan beberapa bahaya. Cemburu bisa menyebabkan emosi kita menjadi kehilangan kendali sehingga dapat menyebabkan beberapa masalah dalam kesehatan, diantaranya:

  • Menyebabkan insomnia
  • Menyebabkan tidak nafsu makan
  • Menyebabkan denyut jantung meningkat
  • Menyebabkan cepat merasa lelah
  • Menyebabkan depresi bahkan stress, dan lain-lain.

Menangani cemburu yang berlebih dapat dilakukan dengan hal-hal yang positif tentunya denagn cara-cara yang simple, praktis dan mudah. Beberapa hal yang dapat kita pelajari di bawah ini mungkin dapat membantu untuk mengatasi cemburu yang memburu berlebihan.

  1. Belajar terbuka dan bicara

Dalam sebuah hubungan entah itu sahabat atau keluarga, kunci sukses yang membuat sebuah hubungan itu langgeng adalah keterbukaan. Agar hubungan tetap baik-baik saja, terbuka dan mau berbicara dengan mengatakan perasaan sebenarnya yang sedang dirasakan itu baik tanpa harus menyalahkan orang lain. Inilah salah satu cara terbaik untuk menghilangkan cemburu.

Jangan lupa pilih waktu yang tepat untuk mgatakannya, karena seringkali perasaan cemburu menyebabkan kita emosi dan akhirnya kehilangan kendali. Bicara pada waktu dan di tempat yang tenang juga banyak orang akan membantu kita untuk mengendalikan emosi. Misalnya di kafe atau restoran.

  1. Sikap lebih objektif

Terkadang, orang yang sedang cemburu cnderung lebih sering berpikir dan memandang sesuatu dengan cara objektif. Cara untuk mengatasinya adalahdengan mencoba berpikir dari sudut pandang yang beda. Misalnya dengan melihat situasi yang lebih objektif.

  1. Tanyakan dirimu, mengapa kamu cemburu?

Pelajari dirimu sendiri dahulu, tanyakan mengapa kamu cemburu? Biasanya, setelah kita menanyakan hal itu pada diri sendiri, maka diri kita cenderung akan lebih tenang. Sehingga lebih bisa mengambil langkah yang positif serta, lebih mudah untuk mengendalikan emosi yang berlebih seperti cemburu.

  1. Belajar percaya pada orang lain

Biasanya, munculnya rasa cmburu berawal dari tidak percaya dengan orang lain. Percaya pada orang lain adalah cara terbaik untuk mengurangi perasaan cemburu. Sebisa mungkin, jangan mencari-cari alasn dan bukti yang membaut orang lain merasa tersudut.

Kamu berhak cemburu pada siapapun, tapi jika berlebihan dan memaksakan kehendakmu itu bukan hakmu.

Gravatar Image
Orang yang tidak pernah menyangka dirinya bisa masuk jurusan multimedia di sebuah SMK. Karena itu bukan tujuan saya selanjutnya setelah lulus SMP. SMA adalah tujuan selanjutnya, tapi SMK akan menjadi sekolah terakhir saya. Dan saya yakin kesuksesan seseorang itu didapat dari kerja keras dan do'anya. SMA atau SMK bukanlah masalah. Tiada hasil yang mengkhianati usahanya.

Leave a Reply