manfaat buah bit
Manfaat Buah Bit

20 Manfaat Buah Bit Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Posted on

Buah bit merupakan umbi dari akar tumbuhan bit atau bisa juga disebut beta vulgaris. Buat bit berbentuk bulat dengan warna merah semu ungu. Kandungan betasianin dan betasantin lah yang membuat warna buah bit menjadi merah semu ungu, dan karna warnyanya yang sangat pekat, buah bit seringkali dijadikan sebagai pewarna makanan alami. Bagian tumbuhan dari buah bit yang paling dikenl adalah umbinya yang mengandung banyak manfaat bagi tubuh. Buah bit mengandung karbohidrat yang tinggi, akan tetapi kandungan lemak, kalori, dan protein buah bit sangat rendah. Jadi, buah bit sangat bagus untuk dijadikan bahan kanan saat diet. Selain itu, buah bit juga mengandung zat besi yang membantu darah memasok oksigen ke otak. Buah bit yang awalnya berasal Mesopotamia sekarang mulai tersebar ke seluruh benua Asia dam Eropa, dan buah ini lebih sering dijumpai di supermarket daripada di pasar tradisional, mungkin karna harganya yang cukup mahal dan jenis buahnya yang belum terlalu banyak dikenali orang.

Daging Umbi Buah Bit
Daging Umbi Buah Bit

Meskipun rasa buah bit tidak terlalu enak, namun banyak orang yang mencari buah ini karna memiliki manfaat yang cukup banyak bagi tubuh. Sebelum kita beranjak pada manfaat buah bit, sebaiknya kita bahas terlebih dahulu tentang kandungan apa saja yang terdapat dalam buah bit ini.

Buah bit mengandung:

  • Zat besi
  • Kalium
  • Fosfor
  • Magnesium
  • Triptofan
  • Protein
  • Karbohidrat
  • Serat laut
  • Antioksidan yang tinggi
  • Folat
  • Caumarin
  • Nitrat
  • Vitamin C
  • Kolin
  • Betakaroten
  • Karotenoid

Banyak kan? oleh karna itu buah bit juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh dan kecantikan, di antaranya 20 manfaat buah bit bagi kesehatan dan kecantikan berikut:

1.Menstabilkan Tekanan Darah

Buah bit mengandung nitrat yang akan akan diubah menjadi nitrit yang dapat membuat otot menjadi rileks,dengan begitu tekanan darah pun juga akan menjadi normal.

2.Menurunkan Kadar Kolesterol

Kolesterol adalah salah satu masalah kesehatan yang tidak boleh diabaikan begitu saja, karna dapat memicu munculnya penyakit-penyakit lain yang berbahaya. Dan dengan mengkonsumsi buah bit secara rutin akan dapat menurunkan kadar kolesterol.

3.Meningkatkan Imunitas Tubuh

Buah bit mengandung vitamin C yang berfungsi sebagai penagkal radikal bebas dan memperkuat daya tahan tubuh sehingga tubuh tidak mudah sakit.

4.Mencegah Penyakit Stroke

Stroke disebabkan oleh kadar kolesterol tinggi yang menumpuk pada pembuluh darah, yang mengakibatkan pembuluh darah menjadi sempit dan tentunya dapat pecah sewaktu-waktu, dan pembuluh darah yang pecah itulah yang menyebabkan penyakit stroke. Kalium yang terkandung dalam buah bit terbukti dapat melebarkan pembuluh darah dan juga menurunkan kadar kolesterol.

5.Mengurangi Sembelit

Proses pencernaan yang tidak lancar dapat menyebabkan sembelit atau susah BAB. Buah bit adalah buat yang kaya akan kandungan serat yang dapat melancarkan proses pencernaan, dengan mengkonsumsi buah bit secara rutin, buang air besar terasa lebih lancar dan mudah.

6.Menjaga Fungsi Otot dan Syaraf

Kandungan magnesium yang terdapat dalam buah bit bermanfaat untuk menjaga otot dan syaraf.

7.Membantu Memproduksi Sel Darah Merah

Seseorang yang menderita anemia akan sering merasa pusing dan bahkan tidak sadarkan diri, ini dikarenakan seseorang tersebut memiliki sel darah merah yang sedikit. Dengan mengkonsumsi buah bit secara rutin, sel darah merah akan terproduksi lebih cepat dan banyak karna buah bit mnegandung zat besi yang cukup tinggi.

8.Mengatasi Peradangan

Meski buah bit mengandung kolin dalam jumlah yang kecil, namun kandungan kolin ini dapat bermanfaat untuk mengurangi peradangan kronis dan mempertahankan struktur membran sel. Selain manfaat tersebut, kolin juga dapat membantu pergerakan otot dan menigkatkan penyimpanan memori pada otak manusia.

9.Membersihkan Ginjal dan Kantung Empedu

Fungsi dari ginjal dan kantung empedu adalah menetralisir racun yang masuk dalam tubuh dan menyaring darah agar darah tetap bersih. Dengan kandungan yang terdapat dalam buah bit, dua organ tersebut akan terbantu dalam mengeluarkan racun dalam tubuh.

10.Mengobati Penyakit Diabetes

Cara buah bit untuk dapat mengobati diabetes adalah dengan merangsang dan meningkatkan produksi insulin serta mencegah proses oksidasi sel. Buah bit mengandung antioksidan asam alpha-lipoic yang berfungsi untuk menurunkan kadar gula dalam darah.

11.Mencerdaskan Otak pada Bayi

Kandungan folat yang ada dalam buah bit telah terbukti bermanfaat untuk mendukung perkembangan otak pada bayi, sehingga bayi pun menjadi lebih pintar dan cerdas. Oleh karna itu, buah bit sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil agar janin dalam kandungan mereka memiliki otak yang cerdas.

12.Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan betakaroten buah bit dapat menangkal radikal bebas yang dihasilakan dari polusi dan racun yang terdapat dalam makanan yang menagndung bahan kimia, sehingga bisa mencegah degenerasi makula dan bisa membuat mata semakin terjaga kesehatannya.

13.Membantu Pertumbuhan Tulang dan Gigi

Fosfor dalam buah bit dapat mengoptimalkan pertumbuhan tulang dan gigi. Oleh karnanya, buah bit juga sangat bagus dikonsumsi oleh bayi yang dalam tahap merangkak, agar tulang dan gigi mereka dapt tumbuh dengan baik dan cepat.

14.Membantu Menurunkan Berat Badan

Mengkonsumsi buah bit secara rutin dapat membantu proses diet karna buah bit mengandung karbohidrat yang tinggi namun rendah lemak dan kalori.

15.Menjaga Kesehatan Jantung

Buah bit dapat menstabilkan tekanan darah yang otomatis kesehatan jantung pun juga akan meningkat. Kandungan kalium buah bit juga dapat menekan senyawa homosistein yang menganggu kinerja jantung.

16.Mengatasi Ketombe

Buah bit merupakan salah satu bahan alami yang digunakan untuk menghilangkan ketombe. Cara menggunakannya adalah potonglah buah bit, lalu rebus dalam air yang dicampur dengan sedikit cuka. Setelah dingin, ratakan air rebusan buah bit ini pada kulit kepala yang berketombe, dan bungkus kepala menggunakan anduk dan diamkan semalaman.

17.Mengatasi Jerawat

Buah bit dapat mengatasi jerawat dengan mudah, caranya adalah dengan menghaluskan buah bit dan menjadikannya sebagai masker wajah. Atau juga bisa dengan mengkonsumsi jus buah bit secara rutin

18.Mewarnai Rambut

Warna pekat yang dimiliki oleh buah bit menjadikan buah bit sebagai pewarna rambut alami. Selain lebih aman karna tidak mengandung bahan kimia, mewarnai rambut menggunakan buah bit juga dapat menjaga kesehatan rambut.

19.Merawat dan Menyuburkan Rambut

Karotenoid yang terkandung dalam buah bit mampu membuat rambut menjadi lebih tebal serta berkilau. Cara menggunakannya yaitu dengan menjadikan air rebusan buah bit sebagai masker rambut, atau dengan rutin meminum jus buah bit.

20.Memutihkan Serta Mencerahkan Kulit Wajah

Tidak sedikit wanita yang menginginkan kulit yang putih dan cerah, karna banyak orang yang menilai bahwa kulit yang putih dan cerah akan membuat penampilan menjadi semakin mempesona. Dan ternyata buah bit dapat mewujudkan hal tersebut, caranya dengan menjadikan buah bit yang telah dihaluskan sebagai masker wajah, gunakan masker buah bit ini secara rutin agar mendapatkan hasil yang optimal.

Demikian artikel saya tentang 20 manfaat buah bit bagi kesehatan dan kecantikan, semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan kalian.

 

Gravatar Image
Nama saya Fatka Safina Aulia Fanesta, biasa dipanggil Fatka. Saya lahir di tengah keluarga yang biasa-biasa saja, namun saya bercita-cita menjadi seorang filmmaker yang terkenal. Bekerja keras, terus mencari peluang, dan selalu berusaha mencintai pekerjaan adalah motto saya.

Leave a Reply