Intip Yuk, Manfaat Minum Air Dingin?

Posted on

Minum air dingin sangatlah menyegarkan, apalagi jika anda tinggal di daerah tropis. Hawa panas yang selalu membuat anda haus akan terobati dengan air dingin, air dingan yang dimaksud disini adalah air yang bersuhu 15 derajat celcius, atau air yang ditambah 2-3 cetakan es batu. Inilah beberapa manfaat meminum air dingin :

air-dingin1

  • Minum segelas air dingin saat bangun tidur

Meminum air dingin saat bangun tidur akan menyegarkan tubuh anda untuk beraktifitas seharian. selain itu air juga dapat memperbarui metabolisme organ tubuh karena air digunakan untuk menjalankan metabolisme dan untuk melancarkan peredaran darah.

  • Menormalkan suhu tubuh

Setelah olahraga dan setelah tidur, air dingin dapat menetralkan suhu tubuh yang meningkat karena tubuh yang berkeringat, air dingin dapat menutup pori pori, akibatnya pengeluaran panas dalam tubuh berkurang.

  • Sehabis olahraga

Air dingin dapat mengganti cairan tubuh yang hilang saat berolahraga, air dingin juga dapat mengalir lebih cepat menuju perut dan akan diserap lebih cepat oleh perut, akibatnya proses pencernaan akan terbantu.

  • Mengatur metabolisme tubuh

Mengkonsumsi air dingin setelah bekerja atau setelah olahraga dapat menormalkan denyut jantung dan tubuh akan terasa lebih bugar.

  • Mencegah pusing

Pusing akan terjadi jika anda kekurangan minum air, karena kurang mengkonsumsi air akan menyebabkan aliran darah berhenti.

  • Menurunkan berat badan

Setelah bekerja biasanya lapar yang akan anda rasakan, lalu jika anda banyak makan makanan yang berkalori, kalori akan menumpuk pada tubuh anda. Sebaiknya anda meminum air dingin karena air dingin dapat mengenyangkan dan kalori dalam tubuh juga dapat berkurang.

  • Mencegah dehidrasi

Kadar air yang hilang akan meningkat setelah minur air dingin, selain itu juga dapat menyeimbangkan limpa, memaksimalkan cairan, memperkuat sistem imun dan mencegah infeksi.

  • Meningkatkan kinerja

Air adalah komponen penting untuk mengalirkan oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh. Air dingin akan menyegarkan tubuh yang letih dan lesu.

  • Membersihkan usus

Meminum air putih dalam keadaan perut kosong dapat memurnikan usus, detoksifikasi dan lebih mudah menyerap nutrisi makanan yang masuk.

Tetapi anda juga harus berhati-hati jangan minum air dingin yang terlalu dingin karena itu akan berdampak negatif pada tubuh.

Gravatar Image

Paling suka berimajinasi, hobinya membaca. Nggak suka terlalu serius, lebih suka yang pasti. Selalu berusaha agar bisa memberi mahkota untuk mama & abah nanti.

Leave a Reply