22 Cara Menenangkan Hati dan Pikiran

Posted on

Kehidupan itu seperti roda berputar, anda yang sekarang sedang bahagia bisa saja nanti anda akan merasakan kesedihan yang amat dalam ataupun sebalinya. Memang tidak mudah membuat pikiran menjadi baik lagi seperti semula, apalagi jika keadaan anda juga sedang terhimpit oleh pekerjaan. Pasti rasa cemas atau sedih akan membuat anda kehilangan konsentrasi, walaupun anda adalah orang yang sibuk tetap jangan biarkan kegelisahan anda menganggu pekerjaan anda.

Hati dan pikiran yang tenang adalah salah satu cara manusia untuk menikmati hidupnya, sebab mana bisa anda menikmati kehidupan anda jika hati anda sedang gelisah. Memang manusia adalah sosok mahluk yang diciptakan oleh Tuhan yang juga memiliki rasa gelisah, jadi wajar saja bila anda merasakan perasaan ini. Lalu bagaimanakah caranya untuk menghilangkan rasa gelisah agar pikiran anda menjadi tenang? Inilah beberapa cara untuk menenangkan pikiran anda :

22 cara menenangkan hati dan pikiran
22 cara menenangkan hati dan pikiran

Cobalah untuk menata ulang lingkungan sekitar

Lingkungan yang baru akan membawa mood yang baru juga, anda akan merasakan keindahan dan kenyamanan yang berbeda dengan ruangan ataupun lingkungan anda. pikiran anda akan lebih tenang jika melihat sebuah ruangan yang menurut anda baik, rasa kebosanan lama kelamaan akan hilang dari diri anda.

Mencurahkan isi hati

Memang tidak semua orang didunia ini yang dapat mengerti bagaimana perasaan anda, tetapi pasti ada salah satu orang yang telah anda percaya bahwa dia dapat membantu anda untuk meringankan masalah anda, mungkin itu sahabat anda, orang tua anda, ataupun pasangan anda. Dengan hadirnya seseorang yang bisa dibilang sebagai pendengar sejati anda, anda bisa mencurahkan seluruh masalah yang menganjal pada hati anda dan jika dia mampu memberi sebuah saran bijak kepada anda, pasti anda akan bisa dengan mudah memecahkan masalah anda.

Lakukanlah relaksasi

Cobalah untuk melakukan pernapasan dan pemanasan ringan pada tubuh anda, pasti otot otot tubuh anda akan merasa rileks setelah anda melakukan relaksasi ini. Pikiran anda akan berubah menjadi lebih tenang daripada sebelumnya, sebab efek dari aroma relaksasi ini yang mampu membuat anda berfikir lebih fresh.

Olahraga secara rutin

Dengan berolahraga secara rutin, tubuh anda akan mendapatkan oksigen lebih banyak daripada ketika anda berada didalam ruangan. Pikiran anda akan menjadi lebih tenang dan fresh hanya dengan berolahraga ringan setiap harinya.

Mengasingkan diri

Setiap orang pasti memiliki tempat favorit yang dapat menenangkan pikirannya, ambillah jalan ini ketika anda merasakan pikiran yang tidak tenang. Cobalah untuk melarikan diri menuju tempat yang mampu membuat anda nyaman, sebab disitulah pikiran jernih anda akan kembali, anda akan merasa lebih tenang dan nyaman. Jika pikiran anda sudah kembali fresh, anda dapat memecahkan pikiran anda dengan lancar.

Berkomunikasi

Cobalah untuk mengutarakan isi pikiran anda kepada teman anda, jika anda terus membendung isi pikiran anda, rasa gelisah pasti akan menyelimuti pikiran anda. Lakukan hal ini dengan halus dan hati hati.

Bercanda tawa

Sudah dipercaya bahwa tertawa dapat membangkitkan mood anda menjadi lebih anda, selain mudah untuk diciptakan, tertawa juga mampu membuat pikiran anda menjadi lebih tenang dan anda akan lebih awet muda.

Mendengarkan musik

Musik mampu menumbuhkan hormon berbeda kedalam tubuh anda, banyak orang yang sudah mempraktekkan ini. Cobalah jika anda sedang merasakan gelisah, dengarkanlah musik kesukaan anda, hati anda akan terasa lebih tentram.

Banyaklah beribadah

sudah terbukti bahwa orang yang gemar beribadah dan selalu mendekatkan diri kepada Alloh,  maka beban hidupnya akan terasa lebih ringan. Sebab beribadah tidak akan membuat hidup anda sia sia, selalu ada Alloh yang membantu anda.

Positive thinking

Selalu berpikir positiflah ketika sebuah masalah menghampiri anda, sebab pikiran positif yang tersalurkan kepada otak dapat membuat otak anda menjadi lebih tenang dan ringan. Percayalah bahwa semua masalah pasti dapat diselesaikan dengan baik.

Selalu ingat kepada Alloh

Jika anda adalah orang yang beragama islam, janganlah melupakan ibadah kepada Alloh, pasti semua masalah akan terangkat sendiri jika anda mendekatkan diri anda kepada Alloh.

Selalu sabar

Setiap orang pasti memiliki tingkatan rasa sabar yang berbeda, menerima semuanya dengan sabar dan ikhlas dapat menjadikan diri anda lebih baik lagi.

Cintailah dirimu sendiri

Pasti anda mencintai orang lain kan? Tetapi anda sering lupa untuk mencintai diri anda sendiri, ketika anda merasa tidak pantas untuk dicintai anda akan merasakan kegelisahan didalam pikiran anda, keadaan inilah yang menuntut anda untuk mencintai diri sendiri dulu sebelum anda mencintai yang lainnya.

Berhubungan dengan baik

Manusia diciptakan sebagia makhluk sosial yang butuh berinteraksi dengan sekitarnya, dengan melakukan interaksi anda dapat menenangkan pikiran anda, sebab keluarga ataupun teman yang sering memotivasi hidup anda akan menjadikan pikiran anda menjadi lebih baik lagi.

Berinteraksi dengan alam

Pikiran yang selalu positif akan hadir tanpa disadari jika anda sering melakukan interaksi dengan lingkungan sekitar anda, cobalah untuk menanam bunga, berkebun dan lainnya.

Cobalah dengan melakukan aktivitas diluar rumah

Jika anda semakin merasakan sedih ketika anda menyendiri, anda dapat keluar rumah dengan melakukan aktivitas yang menurut anda menyenangkan agar mood anda dapat meningkat.

Menangis

Jika anda sudah tidak dapat menahan semuanya, keluarkan air mata anda jika itu bisa membuat anda menjadi lebih rileks. Sebab air mata anda mengandung racun dari tubuh anda, jangan takut bila orang mengejek anda, sebab menangis adalah hal yang wajar dilakukan ketika sebuah masalah menimpa anda.

Menghindari suasana berisik

Jika suasana berisik dapat menurunkan mood anda, hindarilah hal ini, semakin anda mendekat semakin gelisah hati dan pikiran anda.

Menyampaikan informasi dengan baik

Biasanya sebuk cek-cok akan timbul diantara dua belah pihak, jika salah satu pihaknya merasa tersinggung atas informasi yang telah diberikan pihak lainnya. Untuk mengantisipasi terjadinya hal ini, selalu berusahalah menyampaikan informasi dengan tenang dan baik baik.

Mengubah cara pandang

Pasti sulit jika anda sedang memandang sebuah hal yang negatif menjadi positif, perasaan anda akan tertekan dan menimbulkan perasaan gelisah yang mendalam. Tetapi cobalah untuk bangkit, sebab banyak orang yang ingin menjadi seperti anda, jangan terlalu lama tertekan agar anda tidak menyesel nanti.

Meminta motivasi dari orang lain

Ya, pasti semua orang di dunia ini membutuhkan penyemangat. Apalagi jika ada sebuah masalah yang sedang anda hadapi, kehadiran seorang penyemangat akan membuat hidup anda menjadi lebih tenang dan berada. Dia akan memberikan banyak motivasi pada anda, dan hidup anda akan menjadi lebih baik lagi.

Saling share informasi kepada orang lain

Berbagi apa yang telah anda miliki dapat menenangkan pikiran anda, tidak percaya? Dengan berbagi pikiran anda akan menjadi lebih tenang, sebab anda akan tau bahwa banyak orang didunia ini yang membutuhkan anda. Kegiatan ini akan membuat anda lebih termotivasi, dan menjadikan anda lebih semangat lagi.

Gravatar Image
Paling suka berimajinasi, hobinya membaca. Nggak suka terlalu serius, lebih suka yang pasti. Selalu berusaha agar bisa memberi mahkota untuk mama & abah nanti.

Leave a Reply