Bahan Alami Untuk Mengobati Amandel
Bahan Alami Untuk Mengobati Amandel

10 Bahan Alami yang Dapat Mengobati Amandel

Posted on

Amandel adalah bentuk pertahanan sistem pencernaan yang berfungsi untuk mengatur jumlah makanan yang masuk ke dalam tubuh. Amandel juga berfungdi untuk mnecegah kuman masuk ke dalam tubuh. Oleh karna fungsinya yang sangat penting, amandel rentan terkena penyakit, dan amandel anda akan terkena penyakit jika anda sering mengkonsumsi makanan anorganik. Selain karna makanan anorganik, penyakit yang menyerang amandel jug dapat disebabkan karna kerusakan di permukaan selaput lendir. Dan anda dapat mendeteksi kerusakan yang terjadi pada selaput lendir dengan gejala-gejala berikut:

  • Tenggookan terasa sakit
  • Demam tinggo hingga suhu tubuh mencapai 40 derajat celcius
  • Mudah pusing
  • Kesulitan untuk menelan makanan dan minuman
  • Kelenjar gondok sering terasa berdenyut-denyut
  • Badan lemah dan lesu

Saat orang-orang mengalami sakit amandel, cara yang mereka ketahui hanyalah dengan mengoprasi amandel. Padahal amandel memiliki fungsi yang cukup penting seperti yang telah dijelaskan di atas, dan jika amandel dihilangkan, maka tidak akan ada lagi organ yang dapat mencegah kuman masuk ke dalam tubuh. Selain dengan cara mengoprasi amandel, ada cara lain yang dapat dilakukan untuk mengobati penyakit pada amandel, seperti meminum obat-obatan dari dokter, atau dengan menggunakan bahan-bahan alami. Beberapa bahan alami di bawah ini dapat mengatasi pembengkakan kelenjar di sekitar amandel yang disebabkan penyakit pada amandel, dan juga dapat mengurasi rasa sakit dan nyeri yang disebabkan oleh penyakit pada amandel.

Berikut beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk mengobati penyakit pada amandel:

1.Pepaya

pepaya
Pepaya

Pepaya adalah buah yang mengandung zat yang dapat menghilangkan bekteri dan virus penyebab penyakit amandel. Anda dapat menggunakan pepaya lokal maupun import untu mencoba cara berikut, pertama siapkan pepaya, madu, air, dan blender. Kemudian haluskan pepaya menggunakan blender, dan tambahkan madu dan sedikit air ke dalam blender, lalu haluskan lagi sampai benar-benar halus atau sampai menjadi jus. Konsumsilah jus pepaya tersebut secara rutin minimal satu kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

2.Sirsak

sirsak
Sirsak

Sirsak adalah buah yang mengandung cukup banyak nutrisi yang dapat mengobati infeksi pada amandel. Infeksi yang terdapat pada amandel adalah penyebab terjadinya pembengkakan amandel dan rasa nyeri pada tenggorokan. Oleh sebab itu, buah sirsak sangat disarankan untuk anda konsumsi sebagai obat menghilangkan penyakit amandel yang sedang anda derita. Dan jika anda sudah mulai merasa bosan mengkonsumsi buah sirsak secara langsung, anda dapat membuat jus sirsak untuk anda minum setiap hari agar infeksi pada amandel anda segera hilang.

3.Nanas

nanas
Nanas

Slain sirsak, nanas juga termasuk buah yang memiliki kandungan nutrisi tinggi yang dapat mengobati infeksi pada amandel. Dan penggunaan buah nanas harus diolah menjadi jus nanas agar pengobatan anda menggunakan buah nanas ini menjadi lebih maksimal. Masukkan buah nanas yang sudah dikupas dengan bersih ke dalam blender, campurkan madu atau gula pasir dan air secukupnya ke dalam blender, lalu blenderlah semua bahan-bahan tersebut sampai menjadi jus. Dan untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya anda mengkonsumsi jus nanas ini sehari sekali.

4.Bawang Merah

bawang merah
Bawang Merah

Bawang merah ternyata juga bisa digunakan untuk menghilangkan infeksi dalam tubuh dan salah satunya adalah infeksi mulut yang menyebabkan penyakit pada amandel. Cara menggunakannya hanya dengan mengunyah bawang marah yang sudah dicuci bersih, konsumsilah bawang merah secara rutin untuk mendapatkan hasli yang maksimal.

5.Madu

madu
Madu

Kandungan yang terdapat dalam madu sangat berfungsi untuk menyembuhkan pembengkakan akibat penyakit pada amandel. Cara mengkonsumsinya adalah campurkan madu dengan air menggunakan perbandingan 2:1, aduk hingga rata dan konsumsi secara rutin

6.Jahe Hangat

Jahe Hangat
Jahe Hangat

Jahe merupakan tanaman rimpang yang memiliki kandungan senyawa alami yang bermanfaat untuk mengatasi infeksi yang mengakibatkan pembengkakan pada penyakit amandel. Cara menggunakannya yaitu rebuslah jahe dalam air panas hingga mendidih, dan jika sudah saringlah air rebusan jahe tersebut, ambil airnya saja dan buang ampasnya. Masukkan gula batu atau masu ke dalam air jahe tersebut,  minumlah air jahe selagi masih hangat dan jangan lupa konsumsi air jahe secara rutin

7.Mengkudu

mengkudu
Mengkudu

Mengkudu adalah buah yang memilki banyak manfaat dan salah satunya adalah megobati sakit pada amandel. Kandungan nutrisi yang terdapat dalam buah mengkudu dapat mengobati penyakit amandel tanpa memberikan efek samping. Untuk mengambil manfaat dari buah mengkudu, anda dapat meminim air rebusannya atau membuat jus buah mengkudu.

8.Kulit Manggis

Kulit Manggis
Kulit Manggis

Kulit manggis adalah salah satu bahan alami yang manfaatnya sudah diketahui banyak orang. Kandungan nutrisi dalam kulit manggis bermanfaat untuk mengurangi rasa nyeri yang disebabkan oleh pembengkakan amandel. Cara menggunakan kulit manggis sebagai obat amandel dalah, pertama jemurlah kulit manggis selama sehari penuh. Jika benar-benar sudah kering, rebuslah kulit manggis tersebut. Dan jika air rebusannya sudah mendidih, saringlah dan minum airnya saja.

9.Jeruk Nipis

Jeruk Nipis
Jeruk Nipis

Gunakan air perasan jeruk nipis yang dicampur dengan madu untuk mengatasi masalah pada amandel anda.

10.Tumbuhan Benalu

 

Tumbuhan Benalu
Tumbuhan Benalu

Walaupun tumbuhan benalu ini terkadang dikonotasikan negatif karra mengambil nutrisi dari inangnya, namun ternyata tumbuhan ini dapat digunakan untuk mengobati amandel. Cara menggunakanny adalah pertama tumbuklah daun benalu sampai halus, kemudian campurkan madu ke dalam tumbukkannya. Anda juga dapat mencampurkan sedikit air hangat untuk memudahkan sangat mengkonsumsinya, kemudian minumlah campuran tersebut dan jangan lupa untuk sering mengkonsumsinya agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Gravatar Image
Nama saya Fatka Safina Aulia Fanesta, biasa dipanggil Fatka. Saya lahir di tengah keluarga yang biasa-biasa saja, namun saya bercita-cita menjadi seorang filmmaker yang terkenal. Bekerja keras, terus mencari peluang, dan selalu berusaha mencintai pekerjaan adalah motto saya.

Leave a Reply