Sahabat Sejati

Ciri-Ciri Sahabat Sejati

Posted on

Persahabatan itu bukanlah jalan untuk menjalin sebuah hubungan yang berlaku hanya satu hari, dua hari atau hanya satu minggu saja. Namun, persahabatan itu merupakan sebuah jalinan hubungan yang indah dan diharapkan bisa terjalin selamanya. Oleh karena itu, memilih sahabat yang baik sangatlah penting. Jangan pernah kita berpikir asal punya teman baik, lalu kita mengakui bahwa dia adalah sahabat kita. Semua tidak seperti itu. Memilih sahabat pun juga harus didasari oleh sebuah alasan, prinsip dan beberapa pertimbangan, agar pada akhirnya kita tidak merasa kecewa dalam menjalin persahabatan.

Sahabat Sejati

Dalam menjalin persahabatan kita harus tahu seperti apa sahabat kita. Kita perlu tahu bagaimana perilakunya, degan siapa dia bergaul, seperti apa sifat dia, bagaimana ibadahnya, dan masih banyak lagi yang harus kita tahu tentang sahabat kita. Kita juga perlu mempelajari soal calon sahabat kita. Mungkin hal ini lebih ribet rasanya daripada mencari jodoh. Tapi, hal ini perlu dan wajib untuk dilakukan. Akan lebih baik jika kita tahu apa saja ciri-ciri sahabat yang baik, agar nantinya kita tidak salah dalam memilih sahabat.

  1. Sahabat yang selalu memberi nasehat

Kita sebagai manusia yang baik harus saling mengingatkan dalam hal kebaikan, jika perlu kita menasehati dalam hal kebenaran. Ini bisa dijadikan contoh bagaimana seharusnya sikap kita dalam kehidupan sehari-hari termasuk dalam persahabatan. Sikap yang paling baik untuk menjadi seorang sahabat adalah selalu saling menasehati. Nasehat yang diberikan tentunya yang benar dan tidak menyinggung perasaan orang yang dinasehati.

Jika kita punya sahabat yang bisa mengajak pada kebenaran dan tidak meninggalkan kewajiban dalam agama, dan selalu bisa menasehati setiap saat, maka itu tandanya dia adalah seorang sahabat yang baik. Sehingga, jangan sampai kita melepaskannya begitu saja karena mencari sahabat sejati itu sulit.

  1. Sahabat yang tidak suka mengumbar

Bisa digambarkan seperti aurat yang tidak boleh diumbar, dan pakaian yang selalu menjaganya. Seharusnya sahabat juga seperti itu, jika suatu ketika dia mengetahui kekurangan kita, dia bisa menjaganya dengan baik. Lalu, sudahkah kita mendapatkan sahabat seperti itu yang tidak suka mengumbar? Mendapatkannya memang tidak mudah, tapi dengan keinginan hati yang tulus mendapatkan sahabat sejati akan segara terkabul.

  1. Sahabat yang saling membantu

Islam telah mengajarkan untuk saling tolong menolong terhadap sesamanya dalam hal kebaikan. Hal ini juga sudah tercantum dalam Al-Qur’an, tinggal kita yang harus berusaha bisa menjalankan perintah itu. Jika kita menginginkan sahabat yang baik, maka pilihlah sahabat yang selalu ada dikala kita suka dan ada juga dikala kita duka. Bukannya bersahabat dengan orang yang hanya mencari keuntungan kemudian setelah dapat ditinggalkan.

  1. Sahabat yang selalu membantu memperbaiki kesalahan

Tidak ada manusia yang sempurna di dunia ini. Dan memang sudah dasarnya jika manusia penuh dengan kesalahan. Melakukan kesalahan sekali itu wajar, tapi yang tidak wajar dan tidak boleh diteruskan adalah jika sudah berbuat salah dan tidak segera memperbaikinya. Dan memang terkadang ketika kita berbuat salah tidak menyadarinya, sehingga kita butuh orang lain untuk mengingatkan dan membantu untuk memperbaiki kesalahan tersebut. Dan jika memang kita punya sahabat yang baik, maka dia yang akan selalu menyadarkan kita dan memberikan kebenaran ketika kita berbuat salah menuju jalan yang benar kembali.

Di atas itulah merupakan beberapa ciri-ciri sahabat yang baik. Semoga bermanfaat, dan kita menjadi terdorong untuk berlomba-lomba dalam berbuat kebaikan. Carilah sahabat yang terbaik baik.

Gravatar Image
Orang yang tidak pernah menyangka dirinya bisa masuk jurusan multimedia di sebuah SMK. Karena itu bukan tujuan saya selanjutnya setelah lulus SMP. SMA adalah tujuan selanjutnya, tapi SMK akan menjadi sekolah terakhir saya. Dan saya yakin kesuksesan seseorang itu didapat dari kerja keras dan do'anya. SMA atau SMK bukanlah masalah. Tiada hasil yang mengkhianati usahanya.

Leave a Reply