Mengenal Wisata yang Membuat Penasaran Banyak Orang

Posted on

Green canyon atau Cukang Taneuh ini merupakan salah satu wisata yang ada di Jawa Barat, tepatnya di kabupaten Ciamis. Wisata Green Canyon ini banyak mengundang penasaran orang luar kota, bahkan orang luar negri sekalipun. Karena di Green Canyon ini kita bisa bermain wisata air yaitu body rafting. Green Canyon Di 31 km kearah selatan Pangandaran tepatnya berada di desa Kertayasa, kecamatan Cijulang, Jawa Barat.

Mengenal Wisata

Green Canyon ini dirintis mulai pada era pemerintahan Soeharto tepatnya sekitar tahun 19990an, dengan membangun Dermaga yang terletak di kampong Ciseureuh. Pada perkembangannya Green Canyo ini dikeloloa oleh Kelompok Penggerak Pariwisata atau di singkat KOMPEPAR dan dinas Pariwisata sebagai penggerak koordinatornya pada saat itu.

Nama Green Canyon ini di dapat dari seorang turis asing yang berasal dari Prancis yang bernama Bill Jhon, dan nama aslinya adalah Cukang Taneuh. Cukang yang berarti jembatan dan Taneuh berarti tanah, jadi  Cukang Taneuh mempunyai arti jembatan yang terbuat dari tanah dan alamlah yang memprosesnya sehingga membentuk jembatan dengan teksktur bawah jembatannya stalaknit dan stalakmit.  Dan apabila di lihat dari kejauhan berbentuk seperti mulut gua dengan di hiasi lembah yang hijau.

Apabila masuk ke dalamnya lagi anda akan berenang melewati batu yang berbentuk mirip dengan paying, maka disebut sebagai batu paying. Dari batu paying ini pengunjung dapat meloncat ataupun menaiki batu tersebut dan bahkan anda bisa melompat terjun ke sungai, dan tentunya harus dengan pengawasan dari pemandu. Karena batu paying tersebut tingginya 6 meter, lebih dalam lagi dari pemandian putri. Pemandian putri ini berbentuk seperti bak mandi yang di hiasi dengan rembesan dari dinding dan stalaknit, sehingga terbentuk seperti air hujan, dan konon katanya pemandian putri ini bisa membuat awet muda.

Dan ini ada bebrapa tips jika anda akan berwisata ke Green Canyon:

  1. Janganlah lupa anda menggunakan tas anti air, guna untuk melindungi barang-barang elektronik yang anda miliki, seperti kamera dan handphone.
  2. Jangan lupa membawa baju ganti, karena di Green Canyon nanti anda akan banyak melakukan aktivitas langsung dengan air.
  3. Gunakanlah alas kaki anti selip, seperti memakai sandal gunung agar lebih nyaman ketika anda akan berjalan-jalan diatas batu yang licin.
  4. Bawalah makanan atau bekal dan minuman sendiri, karena di Green Canyon penjual makanannya hanya berada di pintu masuk utama saja.
  5. Satu lagi dan paling penting janganlah membuang sampah sembarangan! Bawalah kantong plastik untuk membuang sampah, guna menjaga keindahan tempat wisata Green canyon tersebut. Kan sayang jika Green Canyon itu tercemar oleh tangan-tangan kita sendiri.

Gravatar Image
Fitri Aulia Rahmah, itulah nama yang dikasih dari kedua orangtua saya. Hidup Adalah Pilihan! Seperti halnya memilih jurusan saat kita mau masuk sekolah, dengan pilihan yang kita pilih itu akan membawa kita ke dalam dunia yang sebenarnya atau dunia yang akan kita hadapi nantinya.

Leave a Reply