Manfaat Bawang Putih
Manfaat Bawang Putih

14 Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Posted on

Bawang putih atau yang dalam bahasa Inggris disebut garlic adalah tanaman keluarga genus allium. Bawang putih sudah dipakai oleh manusia sejak 7000 tahun lalu, terutama di daerah Asia Tengah. Bawang sudah juga sudah lama menjadi bahan makan di daerah sekitar Laut Tengah, Asia, Eropa, dan Afrika. Dalam catatan Mesir kuno, bawang putih biasa digunakan untuk campuran masakan maupun untuk pengobatan. Saat dirasakan, bawang putih terasa getir dan angur karna bawang putih memiliki kandungan sulfur yang cukup banyak, dan termasuk kandungan zat kimia yang bernama allin. Bawang putih juga ternasuk salah satu bumbu dapur wajib bagi masyarakat Indonesia. Dan selain digunakan sebagai bumbu dapur, bawang putih ternyata juga memiliki manfaat lain, seperti 15 manfaat bawang putih bagi kesehatan dan kecantikan berikut:

Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan Dan Kecantikan
Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

1.Mencegah Penyakit Kanker

Kanker adalah penyakit yang paling ditakiti oleh manusia karna berpotensi menyebabkan kematian. Banyak obat-obat alami yang dipercaya bisa menangkal kanker dan salah satunya adalah bawang putih. Bawang putih dipercaya bisa menangkal kanker karna mengandung bahan organosulfida yang dapat membantu organ hati dalam menghasilkan senyawa yang dapat mencegah kanker usus dan kanker perut. Jika anda ingin membuktikannya, masukkanlah potongan bawang ke dalam makanan yang akan anda konsumsi.

2.Mengurangi Kadar Gula dalam Darah

Bawang putih bemanfaat untuk menurunkan kadar trigliserida dan kadar gula dalam darah karna mengandung berbagai kandungan kompleks seperti allicin yang dapat menekan kenaikan kadar gula dalam darah.

3.Bagus untuk Penderita Anemia

Bawang putih bisa memberikan asupan nutrisis seperti vitamin B1, dan C dan tentunya zat besi yang dapat meningkatkan tekanan darah. Oleh karna itu, penderita anemia sangat disarankan untuk sering mengkonsumsi bawang putih untuk menaikkan tekanan darah mereka agar mereka yang menderita anemia tidak terus-terusan pusing, muntah, bahkan kehilangan kesadaran karna kurang darah.

4.Mengobati Maag

Beberapa penelitian membuktikan bahwa bawang putih mengandung lebih dari 200 senyawa yang dapat melawan peningkatan gas dalam lambung. Jika anda termasuk penderita maag, cobalah untuk berpuasa dan berbuka dengan segelas air putih dan air rebusan bawang putih, maka lama kelamaan maag anda akan menghilang.

5.Mencegah dan Menyembuhkan Flu

Bawang putih mengandung bahan yang berfungsi sebagai anti jamur, anti bakteri, dan anti virus. Dengan begitu, saat anda mulai terserang flu, anda dapat menyembuhkannya menggunakan bawang putih. Caranya hanya dengan mengkonsumsi bwang putih secara rutin, dengan begitu anda akan mulai segar kembali dan virus influenza yang menyerang anda akan segera pergi.

6.Mengobati Kolesterol

Kandungan allin dan allicin yang terdapat dalam bawang putih bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol, dan tentunya dapat membantu anda yang sedang mengalami masalah dengan kadar kolesterol yang tinggi.

7.Obat untuk Sakit Pernafasan

Masyarakat China dan Yunani percaya bahwa bawang putih dapat digunakan untuk mengobati sakit pernafasan khususnya asma dan bronchitis. Hal ini dikarenakan kandungan allicin yang terdapat dalam bawang putih dapat memberikan sensasi sedikit tajam terhadap penciuman dan juga dapat meredakan radang atau sakit pada paru-paru. Sehingga bagi anda yang sedang mengalami sakit pada pernafasan, anda dapat menjadikan bawang putih sebagai obat alami untuk mengobatis akit pernafasan anda.

8.Melancarkan Pencernaan

Kandungan allicin yang tinggi dalam bawang ternyata dapat meredakan perut yang menghasilkan enzim yang dapat membuat tubuh menjadi nyeri dan kembung. Selain itu, allicin juga bisa merangsang dinding perut dan juga usus sehingga bisa melancarkan pencernaan. Jika anda memiliki masalah pencernaan seperti susah BAB, anda dapat mengatasinya dengan sering mengkonsumsi bawang putih.

9.Mengobati Sakit Gigi

Jika gigi anda sedang sakit karna gigi anda berlubang, bwang putih bisa menjadi solusi untuk masalah anda. kandungan antibakteri dalam bawang putih dapat mengusir berbagai bakteri yang ada pada gigi anda yang berlubang. Cara menggunakannya yaitu anda hanya tinggal menyelipkan irisan bawang putih ke lubang yang terdapat pada gigi anda. cara lain yang bisa anda coba adalah dengan berkumur dengan air rebusan bawang putih. Cara ini juga terbilang cukup ampuh untuk membunuh ulat dan bakteri yang terdapat pada lubang dalam gigi.

10.Menghilangkan Ketombe

Bawang putih dianggap sebagai obat untuk rambut yang gatal dan berketombe karna mengandung sulfur dan antibakteri. karna ketombe bisa tumbuh dari kulit kepala yang kotor atau karna bakteri yang ada pada kulit kepala. Cara mengatasi ketombe menggunakan bawang putih adalah usapkan satu suing bawang putih pada bagian kulit kepala yang berketombe, dan lakukan cara ini dengan rutin agar ketombe pada rambut anda segera menghilang.

11.Mempercantik Kuku

Beberapa masalah yang terjadi pada kuku seperti kuku keropos atau kuku yang mengelupas tentunya dapat berpengaruh buruk terhadap penampilan kuku. Masalah-masalah tersebut dapat terjadi pada kuku karna kuku kurang nutrisi seperti kalsium, atau juga bisa disebabkan oleh jamur. Bawang putih mengandung kalsium dan anti jamur yang dapat bermanfaat untuk mengatasi beberapa masalah pada kuku. Caranya yaitu rendamlah bola kapas ke dalam rendaman air bawang, lalu tempelkan bola kapas tersebut pada kuku anda dan diamkan sebentar agar kandungan yang terdapat dalam bawang putih dapat menyerap pada kuku anda.

12.Mengurangi Uban

Bawang putih memiliki beberapa kandungan yang baik bagi rambut seperti mangan, seng, zink, dan natrium. Beberapa kandungan tersebut dapat menutrisi rambut dan juga bisa mengurangi uban atau rambut yang berwarna putih pada kepala anda. Caranya usap-usapkan bawang putih pada kulit kepala anda, lalu diamkan sebentar agar kandungan dalam bawang putih dapat meresap, setelah selesai keramasi rambut anda sampai bersih dan bebas dari bau bawang.

13.Anti Penuaan

Dengan mengkonsumsi bawang putih secara rutin, kulit anda bisa ternutrisi dengan baik, dan otomatis itu dapat mencegah anda dari penuaan. Hail ini dikarenakan bawang putih mengandung vitamin C dan B1 yang tinggi yang juga bermanfaat untuk meremajakan kulit.

14.Menurunkan Berat Badan

Diet tidak selalu menggunakan obat pelangsing, bawang putih juga bisa digunakan untuk menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan ketika kita sering mengkonsumsi bawang putih, nafsu makan kita terkontrol dengan baik. Selain itu, bawang putih juga mengandung kalori serta protein yang dapat membuat kita merasa tidak lapar.

Gravatar Image
Nama saya Fatka Safina Aulia Fanesta, biasa dipanggil Fatka. Saya lahir di tengah keluarga yang biasa-biasa saja, namun saya bercita-cita menjadi seorang filmmaker yang terkenal. Bekerja keras, terus mencari peluang, dan selalu berusaha mencintai pekerjaan adalah motto saya.

Leave a Reply