Ini Alasan Kenapa Kamu Tidak boleh Menyerah, walaupun Hidup ini Tidak Ramah

Posted on

Kalian memang tidak pernah mengetahui orang yang sedang duduk di hadapan kalian ataupun orang yang berdiri di sebelah pintu kereta itu baik atau tidak. Mungkin kalian hanya tahu mereka yang berada di dalam kereta adalah orang asing yang ada di hidup kalian. Kalian pun tidak pernah mengenalnya, atau barangkali kalian pernah bertemu baru sekali ataupun dua kali. Tetapi kalian harus tau, hidup ini memang sama asingnya seperti mereka semua. Keasingan ini selalu menawarkan dua buah hal yaitu keramahan dan ketidakramahan.

Selagi orang orang yang disekitar kalian bahkan orang yang sudah kalian kenal saja tetap dapat memberikan ketidakramahannya kepada kalian. Sementara itu kalian menarik napas dan membuangnya dengan mata terpejam sambil berfikir “ternyata hidup ini tidak seramah seperti bayangan”.

Suatu kegagalan bukanlah lagi mimpi buruk, tapi seperti seseorang yang asing di luar sana yang tega menyakiti seseorang. Lama kelamaan itu dapat membuatmu putus asa serta kehilangan rasa percaya diri. Tetapi bukankah putus asa itu hanya solusi sementara yang dapat membuat diri sendiri menjadi mengalami kerugian yang lebih banyak lagi? Setidaknya disaat kalian merasa berada di klimaks kesuliatan, kalian pikirkanlah kembali alasan untuk terus bertahan dan melangkah ke depan. Janganlah kalian membuat diri kalian menjadi sia sia karena dengan putus asa begitu saja.

Ini alasan kenapa kamu tidak boleh menyerah, walaupun hidup ini tidak ramah diantaranya yaitu:

  1. Kalian merasa menderita, kenapa kalian tidak membuka mata dan melihat orang orang yang jauh lebih susah dari kalian?

Kalian jangan langsung berpikiran disaat ada perempuan muda yang sedang tertawa dengan temannya di gerbong sana lebih beruntung dari kalian. Kadang kalian merasa kalau hiduo yang kalian jalani ini lebih sulit dan lebih menyebalkan daripada kehidupan orang lain. Walaupun kalian sendiri tidak pernah mengetahui bagaimana kehidupan di balik tawanya perempuan tersebut. Bisa jadi dibalik tawanya perempuan itu merupakan pil pahit yang membuatnya menjaga permasalahannya. Atau mungkin hanya topeng agar seseorang tidak mengasihani dirinya.

Sangat berbeda dengan kalian yang baru saja tertimpa masalah sedikit saja, tapi kalian sudah sering kali mengasihani diri kalian sendiri. Bukankah seharusnya kalian membuka mata dan mulai melihat disekitar kalian. Di luar sana mungkin masih banyak orang yang lebih menderita daripada kalian, tetapi mereka bisa jauh lebih tegar daripada kalian.

  1. Masalah dan pelajaran sebagaimana kaki yang selalu sepasang agar pengalaman hidup tidak pincang

Biasanya masalah itu datang sepaket dengan pelajaran setelahnya. Karena masalah dan pelajaran itu sebagaimana kaki. Kalian tidak akan bisa berjalan secara baik kalau hanya menggunakan satu kaki saja. Cara jalan kalian juga akan pincang, bahkan akan membuat kalian jatuh tersungkur setiap kali mencoba untuk bangkit. Jadi, kalian memang sangat memerlukan keduanya agar dapat terus melangkah ke depan.

  1. Putus asa tidak akan menyelesaikan masalah, yang ada hanyalah rasa bersalah

Dengan menyerah sampai kapanpun tidak akan bisa menyelesaikan masalah atau tidak bisa menjadi solusi terbaik. Bahkan disaat kalian jatuh sakit, menyerah hanya dapat membuat kalian merasa bersalah kepada orang terdekat kalian, dan juga sebaliknya. Karena hidup ini merupakan soal perjuangan. Walaupun itu hasilnya entah seperti apa, setidaknya dengan berjuang akan membuat kalian tidak harus kecil hati bahkan merasa bersalah. Mungkin barang kali dengan perjuangan akan membuat kalian akan menemukan kepuasan yang tersendiri, yaitu tidak selalu tergantung dengan hasilnya. Sukses tidaknya, menyenangkan atau tidak semuanya akan teta memuaskan.

  1. Jika perjalanan hidup kalian masih panjang, kenapa harus rela dipangkas dengan kata menyerah tanpa berjuang terlebih dahulu

Ibarat terbing terjal atau semak belukar yang menghadang kalian saat di perjalanan. Kalian harus berusaha untuk menyingkirkannya ataupun melewatinya, agar kalian bisa menemukan jalan keluar, yang dapat membuat kalian bernapas dengan tenang.

Tidakkah jalan yang berada di depan kalian itu masih menyediakan banyak sekali kesempatan yang dapat kalian pilih. Kalian juga masih dapat melanjutkan karir, traveling ke tempat indah yang ada di bumi atau kalian bisa membangun sebuah keluarga kecil yang dapat menjadi mesin sederhana yang dapat membuat kalian bahagia. Selagi memangkas perjalanan menggunakan kata menyerah, sama halnya seperti menghilangkan kesempatan yang baik itu.

  1. Hidup serta diri kalian terlalu berharga, jangan sampai hanya cuma jatuh sekali dapat membuat kalian berpikir bahagia sudah tidak ada

Bahagia itu kalian yang tentukan. Kalimat ini memang klise, tetapi bermakna khusus untuk kalian yang pikirannya sudah diambang kepasrahan. Karena kebahagiaan kalian ibarat satu bunga yang gugur, pasti nanti akan ada bunga lain yang tumbuh bermekaran. Hanya dengan satu syarat, kalian harus tetap bernapas walaupun itu masalah berat sedang menggandulimu.

Kalian juga harus faham, hidup serta diri kalian masih sangat berharga jika diserahkan dengan keputusasaan. Masih banyak di luar sana yang peduli serta tetap ingin melihat kalian ranum meskipun kalian berada di tengah panjangnya kemarau.

Demikian artikel tentang ini alasan kenapa kamu tidak boleh menyerah, walaupun hidup ini tidak ramah. Semoga artikel ini dapat bermanfaat serta dapat menjadi inspirasi untuk kalian, terima kasih.

Gravatar Image
Saya adalah orang yang pantang menyerah. Apapun tantangan yang dihadapi seberat apapun tantangan itu SAYA akan selalu siap menghadapinya. Untuk itu jangan gampang putus asa.

Leave a Reply