Jika Anda Suka Mendaki Gunung, Sudahkan Anda Mendaki Ke4 Gunung yang Ada di Sumut ini?

Posted on

Jika anda ikutan demam mendaki gunung yang sedang ramai digandrungi oleh kaum muda di Indonesia ini, dan tak terkecuali juga di daerah Sumatera Utara (Sumut). Bahkan sekarang semakin banyak pendaki yang memilih berwisata ala mini pada saat liburan datang, seperti halnya pada liburan akhir tahun ini. Dan para pendakipun menjadikan beberapa gunung itu untuk menjadi destinasi yang mereka pilih untuk daki nantinya.

Di Sumut juga ada 4 gunung yang sangatlah hits dikalangan para pendaki loh guys. Kamu bakalan rugi jika tidak mendaki puncak ke salah satu gunung yang ada di Sumut itu. Adapun beberapa gunung yang ada di Sumatera Utara itu antara lain:

  1. Gunung Sibayak

gunung1Gunung Sibanyak ini berlokasi di dataran tinggi Karo, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Adapun ketinggian gunung ini mencapai 2.094 meter berada diatas permukaan laut. Dan gunung ini juga kerap dijadikan sebagai objek pendakian oleh para pendaki.

Gunung Sibayak ini juga merupakan gunung berapai yang masih aktif dan juga gunung yang masih memiliki uap yang panas dan juga terdapat semburan belerang yang terdapat di salah satu dinding tebing gunung Sibayak. Jarak gunung Sibayak itu tidaklah terlalu jauh dengan gunung Sinabung dan bahkan jarak ini membuat para pendaki disuguhkan dengan pemandangan yang menakjubkan karena bisa melihat dengan jelas bagaimana sih terjadinya erupsi gunung Sinabung itu.

  1. Gunung Sibuatan

gunung2Gunung yang biasa disebut dengan Deleng Sibuatan ini merupakan gunung tertinggi yang berada di Sumatera Utara, gunung ini mempunyai ketinggian mencapai 2.457 meter diatas permukaan laut. Gunung ini terletak di Desa Nagalingga, Kecamatan Merek, Kabupaten karo, dan gunung ini banyak di pilih bagi para pendaki seabagai pilihan pendaki yang memiliki adrenalin yang amat tinggi. Waktu yang ditempuh untuk sampai di atas pucuk gunung ini sekitar 8 jam. Untuk para pendaki yang ingin mendaki gunung ini anda haruslah berstamina yang baik, karena banyaknya trek lumpur ini bisa membuat pendakinya harus memiliki tenaga yang ekstra.

Gunung ini juga memiliki curah hujan yang tinggi, sehingga gunung ini dikenal sebagai hutan lumut dan suasana yang dingin. Bagi anda para pendaki jaganlah khawatir soal pemandangan yang gunung ini berikan kepada anda, karena pemandangannya sangatlah menarik loh. Bahkan anda bisa melihat Gunung Sibayak, Gunung Sinabung dan bahkan bukit-bukit lainnya yang bisa anda lihat jelas jika anda berada di atas Deleng Sibuatan ini. Dan bahkan ada salah satu tanaman penghuni gunung ini loh. Yap, tanaman itu ialah Kantung Semaryang menjadi salah satu penghuni tetap gunung ini.

  1. Gunung Sipiso-Piso

gunung3Gunung sipiso-Piso atau yang lebih dikenal dengan Bukit Gundul ini berada dikalangan komunitas pencinta alam Sumatera Utara. Gunung ini adalah gunung yang amat cantik loh guys, yang memiliki ketinggian mencapai 1.900 meter dari permukaan laut. Gunug ini terletak di Kecematan Merek, Kabupaten Karo. Bahkan gunung ini memiliki keunikan yang tersendiri loh guys jika anda bandingkan dengan gunung yang lainnya. Di gunung ini terdapat pepohonan yang hanya tumbuh di bagian puncaknya saja loh. Dan jika anda ingin mencapai puncak gunung ini anda tak harus membutuhkan waktu yang lama ko, karena jika anda ingin ke gunung ini juga bisa anda tempuh dengan menggunakan sepeda motor saja. Bahkan tempat ini akan banyak dipenuhi pengunjung pada saat libur telah tiba.

  1. Gunung Pusuk Buhit

gunung4Gunung Pusuk Buhit ihi juga merupakan gunung tinggi yang tersisa dari letusan gunung api Toba Purba. Bahkan gunung letusan ini juga tercatat sebagai letusan yang paling besar sepanjang sejarah dunia. Gunung ini juga memiliki ketinggian sekitar 1.972 metr di ats permukaan laut, letak gunung ini sendiri berada di beberapa desa tepatnya di Kecamatan Sianjur Mula-mula dan berada di Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir.

Ada yang bilang juga bahwa gunung ini keramat loh guys, bahkan suku Batak sekalipun mengakui jika gunung inilah Raja batak ataupun nenek moyang dimana suka Batak itu berasal. Dan bahkan aroma mistis dari gunung ini juga sangatlah tercium kental, karena dengan masih adanya tempat persaktian dari Si raja Batak ini.

Gravatar Image
Fitri Aulia Rahmah, itulah nama yang dikasih dari kedua orangtua saya. Hidup Adalah Pilihan! Seperti halnya memilih jurusan saat kita mau masuk sekolah, dengan pilihan yang kita pilih itu akan membawa kita ke dalam dunia yang sebenarnya atau dunia yang akan kita hadapi nantinya.

Leave a Reply