keadaan alam yang indah

Belajar Filosofi Kehidupan Dari Alam Sekitar

Posted on

Begitu banyak hal yang mungkin telah di ajarkan oleh orang tua kita, oleh para guru, dan dari pengalaman yang telah kita jalani. Mungkin juga kita telah di ajari tentang kehidupan oleh lingkungan yang ada di sekitar kita. Namun pernahkah anda melihat alam yang ada di sekitar anda. sebenarnya begitu banyak hal yang bisa kita pelajari dari alam. Dan kita juga dapat menemukan filosofi hidup ini dari kehidupan alam di sekitar kita. Nah, kali ini saya akan menmbahas beberapa filosofi kehidupan dari alam sekitar.

  1. Padi
tumbuhan padi
tumbuhan padi

Kita mulai dari tanaman padi, pastinya anda sudah taka sing lagi dengan tanaman yang satu ini kan, karena tanaman ini telah menjadi makanan pokok pada sebagian besar masyarakat Indonesia. Pada saat masih muda, padi ini berwarna hijau, dan bentuknya menyerupai rumput. Namun padi ini ia akan terus tumbuh keatas dan ketika ia telah besar ia akan menghasilkan bunga. Bunga ini ketika telah dewasa setelah di buahi, maka lama- kelamaan ia akan semakin merunduk. Hal ini di karenakan ia menahan berat butiran- butiran beras yang berisikan beras. Nah, hal yang dapat kita ambil pelajaran dari tumbuhan padi ini adalah jika kita memiliki semakin banyak ilmu (seperti halnya beras pada padi) maka sudah seharusnya kita bisa lebih menghormati dan juga menghargai orang lain. Terutama pada orang yang telah mengajari beberapa hal dalam kehidupan kita.

 

  1. Bambu
pohon bambu
pohon bambu

Tanaman bambu ini merupakan tanaman yang cukup unik. Saat tanaman ini di tanam, sekitar kurang lebih 4 tahun pertama, bambu ini belum menampakkan pertumbuhan yang paling penting. Akan tetapi pada saat itulah, akar-akar pada bambu ini tumbuh dengan subur. Nah pada tahun ke-5 setelah saat pertumbuhan semua akar- akarnya selesai, barulah batang bamboo ini akan muncul. tumbuh dengan menjulang tinggi kelangit. Hal ini lah salah satu hal yang dapat kita pelajari dari pohon bambu. Ketika kamu ingin menjadi orang yang hebat, maka hal pertama yang perlu kita lakukan adalah dengan membangun pondasi terlebih dahulu.

 

Pelajaran kedua yang dapat kita pelajari dari tanaman bambu ini adalah mengenai cara hidup dan karakter dari bambu ini sendiri. Tanaman bambu merupakan satu- satunya tanaman di Asia Pasifik yang memiliki fungsi yang sangat banyak. Bambu ini juga dapat tumbuh dengan beragam cuaca. Dari cuaca tropis hingga subtropics. Di pandang dari klasifikasi nya, tumbuhan bambuuu ini tergolong dalam tanaman rumput. Namun bambu ini bukan rumput biasa melainkan jenis rumput yang spektakuler. Karena ia memiliki tinggi mulai dari 30 cm sampai 30 meter. Dan bambuu merupakan tanaman yang unik. Nah disinilah uniknya, walaupun bamboo berlatar belakangkan rumput, bambu menjadi beda dengan rumput yang lain lantaran karakternya. Kegunaan bambu mampu mengekspresikan dirinya sebagai bambu sebagai rumput yang berbeda dari jenis rumput yang lainnya. Dalam kehidupaan kita latar belakang bukan lah sebagai penentu kehidupan kita. Namun, lebih ke bagaimana kita berupaya mengekspresikan potensi diri kita. Tidak memperdulikan potensi diri kita yang ada. Itulah hal yang akhirnya dapat menjadikan kita memiliki potensi diri yang luar biasa.

 

  1. Jeruk
buah jeruk
buah jeruk

Tidak ada satu pun jeruk yang ada di dunia ini yang sama persis dengan jeruk yang lainnya. Ada yang berukuran kecil dan ada juga yang berukuran besar. Ada yang segar dan ada juga yang busuk, ada yang hijau, orange dan ada yang kuning, ada yang rasanya masam dan ada juga yang rasanya manis. Begitu besar kuasa Tuhan dalam menciptakan sesuatu hingga tidak ada satu jeruk dengan jeruk yang lain yang memiliki kesamaan yang benar- benar sama persis. Pelajaran yang dapat kita ambil dari sebuah jeruka dalah, dunia ini di ciptaan dengan beragam dan berbagai  macam bentuk. Ada yang kaya dan ada yang miskin,, ada yang putih ada yang hitam, ada yang jahat dan ada juga yang baik dan sebagaainya. Tuhan telah merencanakan semua hal  yang ada di alam semesta dengan sedemikian rupa, hal ini di ciptakan bukan melainkan tanpa tujuan namun dengan tujuan aagar semuanya dapat di manfaatkan dengan sebaik- baiknya oleh manusia.

 

  1. Pohon kelapa
pohon kelapa
pohon kelapa

Kita semua pasti tahu mengenai pohon kelapa. Pohon ini di kenal memiliki manfaat hamper di semua bagiannya. tumbuhan nya juga melambangkan dari gerakan pramuka. dan tumbuhan ini  telah di manfaatkan oleh manusia . misalnya :

  • Tulang daunnya dapat di manfaatkan sebagai bahan baku pembuatan sapu lidi
  • Bunga kelapa dapat di manfaatkan sebagai pewarna pakaian alami.
  • Daunnya dapat dimanfaatkan untuk pembuatan ketupat.
  • Batangnya juga dapat digunakan untuk bahan material bangunan dan masih banyak lagi.

5. lumut

lumut
lumut

Lumut iini di kenal sebagai tumbuhan yang luar biasa karena ia tingga di tempat yang belum pernah di tempati oleh tumbuhan lainnya. Tumbuhan lain biasanya baru bisa menempati suatu tempat yang sebelumnya tidak di tempati oleh lumut. Sama hal nya dengan kita sebagai manusia kita di anugrahi budi pekerti, akal pikiran, yang seharusnya di guankan untuk memikirkan hal hal positif dan juga memikirkan berbagai inovasi baru.

Gravatar Image
. Menurut kebanyakan orang yang belum mengenal saya, mereka menilai saya orang yang pendiam. pada kenyataanya saya adalah orang yang cukup cerewet.

Leave a Reply