Take A Mirror itu Lebih Baik

Cobalah Take A Mirror Sebelum Kamu Menghujat Orang Lain

Posted on

Apakah kamu orang yang suka ceplas-ceplos? Apakah kamu orang yang susah mengendalikan perkataanmu? Nah, jika kamu adalah orang yang seperti itu, mungkin kata-kata “ngaca dulu sebelum kamu ngomong kayak gitu” adalah kata yang tak asing kamu dengar dan kamu terima. Walaupun memang niat kamu tidak seperti itu, tapi orang yang kamu ingatkan merasa terusik dengan kelakuan kamu. Kan, jadi serba salah. Memang kewajiban mengingatkan sesama pastilah ada disetiap agama. Tapi bagaimana jika yang diingatkan malah mengolok-olok kita seperti itu? Caranya adalah dengan mengingatkan secara halus dan sopan, jangan suka asal nyeplos karena itu pasti akan menyakiti hati orang lain. Yang perlu kamu ingat jika kamu memang sudah greget ingin mengingatkan dia, ingatkan dengan gaya nada seakan akan kamu bercanda dengan dia tapi juga serius sehingga dia tidak akan merasa sakit hati dengan perkataanmu. Jangan malah kamu marah-marah dengan nada tinggi dan berusaha memojokkannya, justru itu akan menambah rasa sakit hatinya saja.

Akibat Suka Nyeplos Akan Dijauhi Teman
Akibat Suka Nyeplos Akan Dijauhi Teman

Kebanyakan orang jika diingatkan tentang kesalahannya, mereka akan bilang “Sok alim banget sih, kayak dia nggak pernah salah aja” Padahal niat kita tidaklah seperti itu. Tapi sebenarnya kata kata tersebut memang benar, kalau kamu belum benar, kenapa harus repot repot ngurusin orang lain. Mending mulai sekarang urus dirimu sendiri, belum tentu kamu juga sudah benar. Memang tidak ada manusia yang sempurna, setiap manusia pastilah mempunyai kesalahan. Manusia adalah tempatnya salah dan dosa.

“Kayak kamu sudah baik aja” itu adalah kalimat yang harusnya kamu ucapkan pada diri sendiri, bukan malah kamu ucapkan pada orang lain. Dan “Kamu nggak seburuk itu kok” itu kalimat yang harusnya kamu berikan pada orang lain bukan pada diri sendiri. Kebanyakan orang sering terbalik dalam mengucapkan kalimat tersebut. Bukannya mengoreksi diri sendiri malah keceplosan menghujat orang lain. Jika kamu mendalami inti dari kalimat tersebut, kamu akan tau kenapa kamu tidak perlu mengurusi orang lain.

Sebelum nama kamu dicemarkan oleh teman-teman kamu karena kamu nggak ngaca sebelum ngomong, berfikirlah untuk belajar menerima kesalahan orang lain. Jika kesalahan tersebut masih dalam kategori kesalahan kecil, jangan kamu besar-besarkan masalah itu. Ingatkan dengan nada yang halus dan yakinkan bahwa perbuatan itu tidaklah baik untuk dirinya, kebanyakan orang akan mudah menerima nasehat yang halus daripada yang ceplas ceplos, bukannya menerima yang ada dia akan sakit hati dengan kamu. Jaga perkataanmu, jaga sikapmu sebelum kamu mengingatkan orang lain. Pemikiran setiap orang itu pastilah berbeda-beda. Ya, jika orang itu menerima nasehatmu dengan positif, jika tidak kamu yang akan dia jelek-jelekkan dengan kata sindiran yang akan membuat kamu merasa sakit hati.

Jaga Perkataan Sebelum Kamu Disakiti
Jaga Perkataan Sebelum Kamu Disakiti

Intinya kalau kamu tidak ingin sakit hati, jaga perkataan dan jaga sikap. Karena dengan kedua hal itu menentukan presepsi orang tentang dirimu. Jika perkataan dan sikap kamu baik, maka orang akan mudah menerimanya, karena apa? Karena orang yang menasehati adalah orang baik, sudah pasti apa yang dia omongkan juga sesuai dengan dirinya. Tapi bandingkan dengan jika kamu nggak bisa jaga sikap dan perkataan, pastilah orang juga enggan untuk mendengarkan nasehatmu, karena orang yang menasehati aja nggak sadar kalau dia nggak sesuai dengan apa yang dikatakan bertolak belakang dengan dirinya, Bagaimana orang lain mau mendengarkan?

Maka dari itu take a mirror itu penting, itu mengenai persepsi orang lain tentang kita, bagaimana sikap dan perilaku kita akan sangat terlihat. Apa salahnya ngaca dulu, melihat kesalahan diri itu lebih penting dari melihat kesalahan orang lain. Ingatlah pribahasa ini “gajah dipelupuk mata tak tampak, dan kuman diseberang lautan tampak” kesalahan orang lain akan terlihat jelas tapi dia tidak sadar dengan kesalahannya yang telah dia perbuat. Terlena dengan mencari kesalahan orang lain itu tidak baik. Maka koreksi dirimu sendiri itu akan jauh lebih baik. Sebelum temanmu bilang take a  mirror , perbaiki dirimu sendiri. Karena itu akan jauh lebih baik untuk dirimu dan orang lain.

Sekian artikel dari kami, semoga bermanfaat!

Gravatar Image
Mimpimu hari ini akan menjadi kenyataan di hari esok. Inilah prinsip yang saya pegang sampai sekarang dan memacu semangat saya supaya terus berkembang..Tetap semangat jadi yang terbaik diantara yang baik baik

Leave a Reply