Ringin Contong Jombang
Ringin Contong Jombang

Apa Sih Sejarahnya Ringin Contong Jombang

Posted on

Ringin Contong adalah Sebuah markah tanah yang menjadi ikon di kota jombang. Kebanggaan ini menjadi pemicu dan pemacu masyarakat jombang, baik yang asli warga jombang, maupun warga jombang yang berdomisili d ikota lain.

Ringin Contong Jombang
Ringin Contong Jombang

Sejarah :

Pra adab 20

Mengapa ringin contong dipandang oleh sebagian masyarakat jombang begitu penting sebagai ikon kota santri ini?apa artinya ringin contong dari berbagai sudut pandang masyarakat.Pertama dari kajian etnografi atau yang bersumber dari cerita rakyat sebagai kekayaan tradisi kolektif kota jombang.Yaitu ceritanya kebonkicak karang kejabon.Kisahnya ketika pengejaran kebonkicak dengan surantanu dan banteng tracak kencana yang akan digunakan sebagai tumbal terkait dengan munculnya wabah penyakit yang sulit disembuhkan di daerah padepokan pancuran cukir.Dan kebonkicak itu berteduh di pohon yang besar atau raksasa itu .Setelah melihat pohon tersebut akhirnya dijadikan tempat persinggahan dan disebut Ringin Contong.

Pembangunan ringin contong

Kedua tanaman pohon ringin ditanam oleh bupati jombang pertama Raden Adipati Arya Soeroadiningrat V atau lebih dikenalnya disebut Kanjeng Sepuh pada tanggal 22 februari 1910, bertepatan dengan peletakan batu bata pertama pendopo kabupaten jombang.Pada tanggal itu kanjeng sepu menanam dua pohon ringin sebagai simbol pengayoman.Satu kecil yang ditanam di depan pendopo jombang dan satu yang besar di tanam di ringin contong tersebut.

Ketiga dengan di tetapkannya ringin contong sebagai acuan titik nol jarak antar wilayah kabupaten jombang maupun antar kota dengan pusat santri ini.Pemerintah hindia belanda yang pada saat itu kedudukan sebagai ibukota Afdeeling jombang yang bertempat di surabaya.

Keempat dibangunya menara air oleh pemerintahan hindia belanda pada tahun 1929.Posisi ringin contong berada di titik nol memang memiliki sebuah arti yang sangat berharga bagi masyarakat jombang sebagai episentrum.Maksud dari titik nol itu adalah sumber kekuatan sebagaiman roda dengan jeruji-jerujinya yang titik tumpunya pada titik sumbu yang ada ditengah roda.Ringin contong analogikanya sebagai sumbu sebuah roda wilayah jombang.

Jombang Friendly and Religious
Jombang Friendly and Religious

Perbandingan acuan titik nol dikota lainnya, sebagai bahan percobaan tugu khatulistiwa di pontianak, yang mana sebagai penanda garis equator di permukaan bumi ini.

Tugu khatulistiwa sama-sama berada di titik nol, cuma yang membedakan hanya kedudukannya dan fungsi masing-masing.Ringin contong dalam skala mikro sebagai titik awal yang menghubungkan dengan antar jarak wilayah.Sedangkan Tugu Khatulistiwa dalam titik nol sebuah makrosmos bernama bumi yang kita pijak.Alangkah indahnya jika masyarakat khususnya di kota santri ini turut melestarikan ikon kota jombang ini.Maka jombang bangga dengan Ringin Contongnya.

Incoming search terms:

  • sejarah ringin contong jombang
  • asal usul ringin contong jombang
  • ringin contong
  • ringin contong jombang
  • arti monumen ringin contong jombang
  • sejarah ringin contong
  • ringin
  • logo ringin contong
  • ikon jombang
  • gambar ikon Jombang
Gravatar Image
Saya orangnya enggak suka terlalu cerewet. Suka menulis, ,membaca paling suka membaca tentang motivasi. Saya sering diajak curhat. Salah satu dari cita-cita saya ingin menjadi pengusaha muda yang sukses, dan tentunya ingin membahagiakan kedua orang tua. ingin lebih tau tentang saya.. ajak ngobrol atau temui saya.

Leave a Reply