Kesabaran

Ketika Takdir Sudah Berkata, Bersabarlah Dan Berdoalah!

Posted on

Apakah kamu pernah merasakan kegundahan dalam hati yang mendalam? Kegundahan yang membuatmu merasa tidak nyaman dengan apapun yang kamu lakukan, dan sudah pasti kamu akan menyalahkan takdir. Tetapi apalah dayanya jika takdir sudah berkata seperti itu. Karena takdir sudah ditentukan oleh Allah, Yang mana kita hanya tinggal menjalaninya saja. Karena skenario Allah adalah yang terbaik, dan Allah adalah sutradara terbaik dalam hidup ini, dan pasti ada keindahan disetiap takdir nya Allah. Yang perlu kamu lakukan saat kamu sedang dilanda perasaan gundah karena cobaan Allah, adalah dengan  cara bersabar. Karena kunci ketenangan hati adalah sabar. Sabar dengan ujian Allah yang saat ini sedang menimpamu. Karena apa? Walaupun kamu putus asa, tetap saja kalau itu memang takdirmu ya tetap akan seperti itu. Maka bersabarlah, karena bersabar adalah kunci ketenangan dan pilar kebahagiaan setiap manusia. Bayangkan saja jika kamu marah marah saat masalah menimpamu, pastilah kemarahanmu itu akan sia sia tanpa hasil. Karena kamu tidak akan mungkin mendapatkan apapun dari kemarahanmu tersebut.

Sabar Dengan Ketentuan Allah
Sabar Dengan Ketentuan Allah

Sebenarnya jika kamu mampu bersabar, kamu akan  terjaga dari kemaksiatan, dan hatimu akan mudah untuk konsisten menjalani ketaatan ibadah, dan akan tenang dalam menghadapi berbagai macam cobaan. Nah, sudah tau kan manfaat bersabar. Maka dari itu bersabarlah jika kamu sedang merasa  tersakiti, karena Allah akan menciptakan pelangi setelah hujan. Langit tidak akan terus menerus mendung dan gelap, pastilah ada cahaya matahari yang akan datang. Oleh sebab itu Allah telah menurunkan gambaran alam, supaya manusia itu mengetahui bahwa Allah itu perduli dengan hambanya. Dan supaya manusia itu berpikir bahwa dia masih punya Allah, dan Allah tidak akan meninggalkan hambanya.

Mendekatkan Diri Pada Allah
Mendekatkan Diri Pada Allah

Nah, dari tadi kita hanya membahas  sabar dan sabar. Sebenarnya apa sih hakikat sabar? Secara bahasa sabar artinya adalah menahan atau menekan. Sabar adalah saat hati meneguhkan dirinya untuk dapat mengerjakan ibadah kepada Allah dan menahan berbuat maksiat, juga menjaga hati dari perasaan dan sikap marah dalam menghadapi takdir Allah.  Apakah kamu pernah merasa memiliki masalah yang sangat berat, seakan-akan kamu ingin lari dari masalah itu, menjauh sejauh-jauhnya, karena saking beratnya masalah yang menimpamu saat itu? Jika ya, maka mulailah untuk berfikir bahwa setelah hujan pasti ada pelangi, setiap masalah pasti ada jalan keluarnya. Maka janganlah berfikir untuk lari dari masalah, tetapi hadapi dan bersabarlah karena Allah selalu menjagamu. Dan selalu mintalah pertolongan pada Allah dengan kesabaran , dan dekatkan dirimu dengan Allah lebih dekat lagi, supaya Allah juga mendekat lebih dekat lagi denganmu dan menolong semua masalahmu. Jadikan Allah tempat curhat yang pertama, karena hanya Allah yang bisa menolongmu keluar dari keterpurukan.

Ada Pelangi Dibalik Mendung
Ada Pelangi Dibalik Mendung

Banyak orang zaman sekarang tidak percaya pada takdir. Tetapi takdir adalah hal yang harus dipercaya karena itu merupakan sebuah ketentuan dari Allah. Takdir bukanlah tipuan tuhan, tetapi takdir adalah ketentuan tuhan yang mau tidak mau harus dan pasti kita jalani. Maka dari itu percayalah dan jalani takdirmu, dan jalani dengan hati yang tenang.

Karena sedikitnya dijumpai orang yang sabar tatkala musibah menimpanya, maka dari itu kesabaran haruslah ditanamkan dalam hati mulai sekarang. Kesempurnaan hati terletak dari seberapa sabarkah hati menjalani masalah tersebut. Tetapi kebanyakan orang itu tidak dapat menahan hatinya untuk berbuat kejelekan, mereka memilih meluapkan masalahnya dengan kemarahan dan kata kata kotor yang hakikatnya tidak menyelesaikan masalah dan malah menambah permasalahan itu sendiri menjadi lebih besar. Jika kamu ingin menjadi orang yang benar benar baik dimata Allah, maka mulailah untuk bersabar saat ini. Jadikan hatimu tempat persinggahan malaikat, bukan tempat persinggahan syaitan. Jadikan hatimu menjadi hati yang suci dengan kesabaran. Jadikan hatimu hati yang taat dengan ibadah. Jangan pernah ragu dengan kebaikan, karena kebaikan tidak pernah berhianat pada takdir. Maka jangan kecewakan dirimu dan masa depanmu dengan melakukan hal hal yang jelek. Dan bersabarlah mulai sekarang karena sabar adalah kunci kebahagiaan hidup.

Sekian artikel dari kami, semoga bermanfaat!

Gravatar Image
Mimpimu hari ini akan menjadi kenyataan di hari esok. Inilah prinsip yang saya pegang sampai sekarang dan memacu semangat saya supaya terus berkembang..Tetap semangat jadi yang terbaik diantara yang baik baik

Leave a Reply