8 Tips Mengubah Sifat Menjadi Dewasa

Posted on

Sifat merupakan bagian dari kepribadian seseorang yang terbentuk sejak masih kecil. Kadang, biasanya kita ingin mengubah salah satu sifat kita yang kurang baik atau mungkin kurang sesuai dengan keinginan. Pasti diantara diri kita mempunyai bayangan untuk memiliki sifat seperti orang yang kita kagumi, dan hal tersebut dapat memberi motivasi kepada kita untuk mengubah sifat untuk menjadi seperti dirinya.

Merubah sifat itu bukan hal yang mudah untuk dilakukan, sebab biasanya hal tersebut telah terbentuk dan telah menjadi  bagian dari diri kita. Jika kita menemukan seseorang untuk dijadikan panutan dan dan kita ingin meneladani salah satu atau mungkin beberapa sifat baiknya, alangkah baiknya kita perjelas dulu apa sifat yang ingin kita tiru. Apakah itu kedewasaan, kematangan dalam berpikir, cara bersikapnya, cara bergaul atau bicaranya dan lain sebagainya? Setelah kita mengetahui secara jelas  intinya dari sifat yang mau kita rubah, maka kita baru dapat melakukan langkah langkah yang diperlukan berikutnya.

Kebanyakan orang ingin mempunyai sifat yang dikagumi oleh orang lain dan ingin menonjolkan kualitas dirinya. Salah satu sifat yang biasa dikagumi oleh orang lain yaitu orang yang bisa bersikap dewasa dalam hal apapun. Sebab sifat dewasa mampu membawa diri kita untuk mengatasi berbagai masalah dengan baik. Di bawah ini adalah 8 cara mengubah sifat menjadi dewasa antara lain yaitu:

  1. Bedakan hal yang baik dan yang buruk

Dengan menjadi dewasa artinya dapat membedakan hal yang baik dan hal yang buruk secara benar dan tidak mencampur diantara keduanya. Untuk mengetahui mana hal yang salah dan benar kita harus belajar  terlebih dahulu, dengan begitu kita dapat mengetahui cara membuat keputusan yang baik atau tepat dalam berbagai hal.

  1. Dengan menentukan prioritas

Dapat menentukan prioritas artinya yaitu bisa  mendahulukan hal terpenting dalam hidup kita. Disaat ada masalah, kita dapat mengembangkan kebiasaan untuk dapat mendahulukan masalah yang lebih penting atau mendesak untuk kita atasi terlebih dahulu daripada masalah yang kurang  ataupun yang tidak penting.

  1. Mengusahakan dengan menyelesaikan masalah sendiri

Berusaha menyelesaikan masalah sendiri  merupakan cara mengubah sifat menjadi dewasa selanjutnya. Apabila kita sedang mengalami masalah berusahalah untuk mencari solusinya dulu dengan baik tanpa melibatkan orang lain.

  1. Membantu menyelesaikan masalah orang lain

Dengan mempunyai kemampuan berpikir yang dewasa, kita dapat membantu menyelesaikan masalah orang lain dengan baik. Terutama dengan membantu orang terdekat kita saat mencari cara untuk mengatasi masalah yang berat.

  1. Dapat berlaku adil kepada orang lain

Caranya menjaga perasaan orang lain yaitu dengan melakukannya secara adil terhadap mereka. Jika kita bisa menjadi orang yang dapat bersifat adil pada orang lain mungkin kita dapat menuju kedewasaan melalui cara ini, sebab sikap yang adil membutuhkan cara piker yang matang.

  1. Taat dan giat dalam beribadah

Ketaatan menjalankan ibadah merupakan salah satu bentuk kedewasaan. Jadi, apabila kita ingin menjadi orang yang memiliki sifat dewasa, kita harus giat dalam menjalankan ibadah dengan bemar dan sungguh sungguh. Dengan beribadah secara taat itu akan menjadi salah satu cara untuk menenangkan hati dan pikiran disaat kita sedang terkena musibah.

  1. Siap menerima perubahan

Dalam kehidupan pasti selalu ada berbagai macam perubahan. Apabila kita ingin merubah sifat kita menjadi lebih dewasa lagi, maka kita harus siap dalam menerima perubahan tersebut. Bersikap tenang dalam mengatasi masalah dalam segala hal yang mungkin timbul setelah kita mengalami perubahan dalam hidup merupakan cara menjadi pribadi yang lebih baik dan dewasa.

  1. Berani menerima kritikan

Cara bersikap tenang dan dewasa yaitu berani menerima kritikan yang ditujukan untuk kita. Kritik yang ditujukan untuk kita merupakan cara untuk menjadi bahan introspeksi, supaya kita dapat mengetahui sifat kita yang mungkin membutuhkan perubahan. Hal tersebut juga dapat menjadi cara untuk menghargai orang lain yang telah memberikan saran, kritik dan nasehat tentang diri kita.

Demikian artikel tentang 8 tips mengubah sifat menjadi dewasa semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan diri anda, terima kasih.

Gravatar Image
Saya adalah orang yang pantang menyerah. Apapun tantangan yang dihadapi seberat apapun tantangan itu SAYA akan selalu siap menghadapinya. Untuk itu jangan gampang putus asa.

Leave a Reply