kompres
Kompres Hidungmu Menggunakan Handuk yang Lembab Air Hangat

Hidungmu Tersumbat? Ini nih 7 Tips Untuk Mengatasinya

Posted on

Gejala yang sering muncul ketika hujan datang yaitu penyakit flu atau pilek. Dan kondisi inlah yang kerap kali mengganggu pernafasan apalagi jika sedang beraktivitas. Dan ketika sedang melakukan aktivitaspun rasanya sangat mengganggu apabila hidung tersumbat. Mungkin sangat sepele tapi sangatlah mengganggu aktivitas bukan.

Dan untuk mengatasinyapun setiap orang berbeda-beda ada yang menggunakan obat, ada yang menggunakan cara tradisional, dan ada pula yang tidak diobati tapi tiba-tiba sembuh. Dan disini saya memberikan tips sederhana agar hidungmu tidak tersumbat lagi tanpa harus menggunakan obat-obatan.

1. Mandi Menggunakan Air Hangat

mandi-air-panas
Mandilah Menggunakan Air Panas

Cara yang sederhana agar hidung tidak tersumbat yang pertama mandilah dengan air yang hangat. Karena mandi dengan air hangat mampu mengatasi masalsah hidung yang tersumbat. Jika menggunakan air yang hangat uap airnya bisa masuk ke hidung dan melegakan. Jadi ketika kamu pilek jangan ada alasan untuk tidak mandi karena airnya dingin nah, harusnya kamu mandi menggunakan air yang hangat agar hidungmu tidak mampet karena flu yang mengganggumu.

2. Gunakanlah Uap Air Panas, Jika Kamu Masih Malas Mandi

uapairpanas
Uap Air Panas Juga Baik

Air panas dipercaya mampu mengatasi hidung tersumbatmu  secara cepat. Caranya simple banget kamu cuman menyiapkan baskom dan isilah dengan air panas yang suadah kamu rebus, lalu hiruplah uap air panas tersebut dan supaya hidungmu lebih cepat segar untuk menghirup udara kamu bisa menambahkan  sedikit minyak kayu putih atau jahe ke dalam airmu itu.

3. Kompreslah Hidungmu Menggunakan Kompres yang Hangat, Supaya Pernafasanmu Lebih Lancar Kembali

kompres
Kompres Hidungmu Menggunakan Handuk yang Lembab Air Hangat

Cara ini tidaklah sulit melainkan mudah sekali, karena kamu hanya mengompres hidungmu mengunakan kainyang hangat. Kamu bisa merendam kain atau handuk pada air yang hangat atau panas. Caranya kamu cukup merendam handuk ke dalam air panas tersebut lalu peras sampai handukmu terasa lembab tapi jangan terlalu basah. Lakukan hal ini dengan posisi duduk atau berbaring letakkanlah handukmu di atas hidungmu. Dan hidungmu yang tersumbat dijamin lancar kembali.

4. Makanlah Makanan yang Pedas

makan-pedas
Makanan Pedas Juga Bisa

Jika kamu malas melakukan hal-hal yang seperti di atas akan tetapi kamu malah lebih suka ngemil, nah usahakan ngemil makanan yang pedas karena makanan yang pedas juga bisa melegakan hidung yang tersumbat. Rasa pedas yang ada di makanan membuat lendir di hidungmu mengalir dengan sendirinya. Konsumsilah makanan seperti, paprika, wasabi, makanan pedas, dan jahe karena itu semua bisa meredakan dan melegakan hidung yang sedang tersumbat dan pernafasanmu kembali lancar.

5. Perbanyak Minum Air Teh

minum-teh
Perbanyak Minum Teh

Ketika hidung tersumbat pasti tenggorokan juga ikut nyeri. Nah, agar kamu tetap terhidrasi cobalah untuk minum teh hangat dan campurlah dengan lemon atau madu agar lebih menyegarkan hidungmu. Caranya sangatlah mudah kamu hanya perlu membuat teh hangat atau teh panas lalu campurlah dengan lemon dan madu untuk membantu melegakan hidung yang tersumbat dan menghilangkan rasa nyeri di tenggorokan.

6. Kamu Bisa Menggunakan Minyak Angin

pilek
Pilek

Jika kamu malas sekali untuk melakukan tips yang di atas, tenang saja karena saya masih memiliki tips lain yaitu gunakanlah minyak angin dan jika ingin lebih cepat sembuh gunakanlah minyak angin yang mengandung menthol karena memiliki uap yang mampu melegakan pernafasan dan sekaligus membuatmu tidak tersumbat lagi. Kamu hanya perlu mengoleskan minyak kayu putih, freshcare, atau balsam di dekat hidungmu.

7. Istirahatlah yang Cukup dan Atur Pola Tidurmu

tersumbat
Istirahat yang Cukup

Cara yang lebih simple yaitu kamu hanya perlu melakukan istirahat yang cukup karena istirahat cukup mampu mengatasi hidung yang tersumbat. Akan tetapi, ketika hidung tersumbat atau mampet ini malah justru semakin mengganggu saat tidur. Oleh karena itu, ubahlah pola tidurmu untuk menjaga kekebalan tubuh agar menjadi kuat. Jika semakin baik sistem imunmu maka penyakit-penyakit yang rentan muncul termasuk flu akan sulit untuk masuk ke dalam tubuhnmu.

Gravatar Image
Saya hanyalah perempuan BIASA yang jauh dari kata SEMPURNA, tapi saya tidak akan membuat hidup saya menjadi biasa-biasa saja yang jauh dari kata sempurna. Saya akan membuat perjalanan hidup saya menjadi LUAR BIASA dan menjadikannya terlihat SEMPURNA.

Leave a Reply