halygsenang
Hal yang Membuatmu Senang

Ketika Rasa Capek Muncul Saat Kamu Bangun Tidur, Mungkin Kamu Butuh Tips Berikut!

Posted on

Bangun tidur mungkin bagi kebanyakan orang sangatlah sulit rasanya karena harus berpisah dengan kasur yang empuk dan ditemani dengan mimpi yang indah karena seharusnya melanjutkan kegiatan. Dan terkadang ketika kamu merasa malas bangun, bisa jadi itu bukan karena kamu kurang tidur atau tidak ingin berpisah dari kasur mungkin saja saat kamu bangun kamu merasakan kelelahan atau capek atau pegal-pegal ditubuhmu. Lalu apa yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkannya?

Banyak hal yang bisa menyebabkan membuat bangun tidurmu terasa melelahkan, misalnya saja seperti kamu mengkonsumsi makanan yang salah atau pola hidup yang tidak baik bagi kesehatan. Karena sebenarnya ketika tidur dimalam hari dan ketika kamu bangun dipagi hari itu sangatlah penting supaya kamu lebih produktif untuk mengawali hari.

1. Sebelum Kamu Tidur Hindari Mengkonsumsi  Kopi, Cokelat, dan Red Wine. Supaya harimu lebih bersemangat lagi.

minumkopi
Hindari Minum Kopi Di Malam Hari

Ketika kamu merasa lelah ketika bangun tidur bisa jadi penyebab utamnya adalah pada dirimu sendiri dan membuat kualitas tidurmu menjadi berkurang. Dan asal kamu tahu beberapa makanan yang kamu makan dimalam hari bisa mengurangi kualitas tidurmu seperti cokelat, kopi, dan red wine. Karena makanan ini terbukti bisa memngaruhi sistem pencernaanmu dan mengganggu kualitas tidurmu yang sebelumnya nyenyak menjadi sama sekali tidak nyenyak. So, jika bisa hindarilah makanan-makanan di atas supaya tidurmu menjadi nyenyak. Paling tidak hindarilah mengkonsumsi makanan ini stelah pukul 6 sore.

2. Supaya Lebih Nyenyak Pergilah Ke Toilet Dahulu Sebelum Tidur.

buangairkecil
Mampir Ke Toilet Dulu Sebelum Tidur

Mungkin banyak orang ketika sebelum tidur yang dilakukannya menonton tv, film, main games, membaca buku, dll. Dan juga sangat banyak pula orang yang lupa atau bahkan tidak ingin untuk pergi ke toilet terlebih dahulu sebelum tidur. Sebenarnya, disaat waktu-waktu tidur kandung kemih yang ada ditubuh kita tetap bekerja dan ginjal tidak berhenti disepanjang malam.

Seperti inilah yang sering terjadi pada kebanyakn orang yaitu pergi ke toilet di dini hari dan mengganggu waktu tidur. Jadi dari pada kamu harus terbangun dan pergi ke tolilet di tenga-tengan mimpi indahmu hanya karena kamu harus buang air kecil, lebih baik kamu ke toilet sebelum kamu tidur, toh juga nggak akan lama kok. Karena dengan begitu tidurmu menjadi lebih nyenyak dan tidak merasakan lelah di pagi harinya.

3. Ingat-Ingatlah Hal yang Menyenangkan yang Akan Kamu Lakukan Di Pagi Hari.

halygsenang
Hal yang Membuatmu Senang

Stress itu bisa muncul kapan saja, dan tidak menutup kemungkinan stress bisa muncul ketika kamu bangun tidur. Karena hal ini biasanya muncul oleh naiknya kortisol dalam tubuh dan gabungan kombinasi dari pikiran alam bawah sadar selama tidur. Dan inilah yang membuat tidur menjadi tidak nyenyak dan tubuh menjadi sering kelelahan dan lesu meski semalam kamu merasa tidur nyenyak.

Dan hal yang mungkin kamu harus lakukan adalah fokuskan dirimu kepada hal-hal yang positif untuk dilakukan di pagi harinya. Dan untuk melakukannya kamu bisa membuat rencana harian yang pasti untuk dilakukan setiap paginya. Seperti dengan menuliskan hal-hal yang membuatmu senang untuk dilakukan.

Kamu juga boleh menandai tanggalanmu pada tanggal-tanggal yang penting, seperti ulang tahunmu, keluargamu, atau temanmu, dan mungkin tanggal dimana kamu mersa itu sangatlah penting atau spesial. So, buatlah pagimu fokus dengan hal yang positif, dan mulailah harimu dengan sesuatu yang akan selalu membuatmu berenergi untuk meringankan kelelahanmu.

4. Berolah RagaLah Untuk Setiap Paginya.

olahraga
Usahakan Berolahraga Di Pagi Hari

Jika saja kamu sering bangun di pagi hari dan bingun harus melakukan aktifitas apa lebih baik sempatkanlah untuk berolahraga. Karena berolahraga di pagi hari dipercaya meningkatkan mood dan juga bisa membantumu meningkatkan konsentrasimu. Jadi paling tidak buatlah jadwal untuk olahraga di pagi hari setidaknya 30 menit.

Kamu tidak perlu olahraga yang muluk hanya olahraga jogging saja bisa melepaskan hormon endhorpine yang bisa membantumu menghilangkan stress, letih, dan juga beberapa rasa sakit. Dan kamu juga mendapatkan energi disepanjang harimu.

5. Berikanlah Mineral Di Setiap Pagimu Untuk Menstimulan Tubuh.

minumairputih
1 Gelas Sebelum dan Sesudah Tidur

Beberapa studi pernah mengatakan bila kita memberi mineral pada diri kita secara rutin di pagi hari dapat meningkatkan mental kita. Dan kamu bisa meminum segelas air putih sebelum sarapan pagi. Dan hal ini bisa meningkatkan metabolisme tubuhmu menjadikanmu bangun lebih cepat dan kamu menjadi lebih waspada.

Dan usahakan hindarilah kopi di pagi hari, meski minuman yang satu ini memberikan efek untuk membuatmu lebih terjaga da membuat kamu tidak mengantuk. Akan tetapi, jika kamu tahu bahwa sebenarnya bila kamu terlalu sering mengkonsumsinya secara rutin bisa membuatmu tergantung pada kafein. Meminum kopi itu tidak apa-apa akan tetapi kamu boleh meminumnya di waktu-waktu tertentu saja. Daripada minum kopi lebih baik sering-seringlah makan buah-buahan ataupun minum teh yang hangat, dan hal ini juga akan menjaga tubuhmu lebih sehat lagi.

Gravatar Image
Saya hanyalah perempuan BIASA yang jauh dari kata SEMPURNA, tapi saya tidak akan membuat hidup saya menjadi biasa-biasa saja yang jauh dari kata sempurna. Saya akan membuat perjalanan hidup saya menjadi LUAR BIASA dan menjadikannya terlihat SEMPURNA.

Leave a Reply